Tak Lekang oleh Waktu, Begini Perjalanan Berliku Super Junior yang Baru Rayakan Anniversary ke-16

Anniversary Super Junior ke-16

Bagi generasi 90-an, nama Super Junior pasti sudah tak asing lagi. Idol legendaris asal Korea Selatan ini pernah menjadi idola sejuta umat pada masanya. Sejak dulu sampai sekarang, Super Junior masih aktif melakukan comeback di usia grupnya yang mencapai 16 tahun pada 6 November kemarin. Meski sempat vakum beberapa kali karena aktivitas member grup yang menjalani wajib militer, tetapi mereka kemudian hadir kembali dan mengobati rindu para penggemarnya, ELF.

Advertisement

Dengan jumlah anggota grup yang sangat banyak, tidak mudah bagi Super Junior untuk bertahan hingga sejauh ini. Banyak grup idola lainnya yang bubar tak lebih dari 10 tahun perjalanan. Bagaimana perjalanan karier Super Junior sampai bisa bertahan hingga lebih dari satu dekade ini?

Pertama kali debut pada tahun 2005 dengan 12 member, kemudian member terakhir bergabung pada tahun 2006

Super Junior pertama kali dibentuk oleh produser Lee Soo Man dari SM Entertainment. Mereka pertama kali debut dengan 12 member pada tahun 2005 , kemudian dilengkapi oleh kehadiran member terakhir, Kyuhyun, pada 2006. Ketiga belas anggota itu adalah Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Siwon, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Mereka memiliki banyak penggemar yang dipanggil dengan sebutan Ever Lasting Friends (ELF).

Advertisement

Memiliki beberapa subunit, di antaranya Super Junior KRY, D&E, hingga Super Junior-M

Dalam dunia hiburan Korea Selatan, memiliki subunit dalam sebuah grup idola sekarang mungkin hal yang biasa. Akan tetapi, Super Junior lah yang memulai tren pembentukan subunit ini. Di awal-awal debutnya, mereka membagi anggotanya menjadi beberapa subunit. Subunit pertama, Super Junior KRY terdiri dari Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung khusus membawakan lagu-lagu aliran ballad.

Advertisement

Subunit lainnya, Super Junior T, beranggotakan Leeteuk, Heechul, Kangin, Sungmin, Shindong, dan Eunhyuk membawakan lagu beraliran trot. Selanjutnya, untuk promosi di China, mereka membentuk Super Junior M (Mandarin). Terakhir, subunit yang masih eksis sampai sekarang adalah Super Junior D & E yang beranggotakan Donghae dan Eunhyuk.

Menerima banyak penghargaan dan memiliki rangkaian konser keliling dunia sendiri bernama Super Show

Sejak debutnya, Super Junior sudah meraih banyak penghargaan nasional sampai internasional. Beberapa penghargaan bergengsi yang diterima mereka adalah Golden Disk Award, penghargaan bergengsi musik Korea Selatan, MTV Asia Award, hingga World Musik Award. Dengan penggemarnya yang tersebar di berbagai belahan dunia, mereka rutin melakukan konser keliling yang diberi nama Super Show.

Setelah 4 anggotanya keluar karena berbagai alasan, Super Junior bertahan dengan 9 member

Di usianya yang mencapai dua windu, perjalanan Super Junior tentu penuh lika-liku. Pada tahun 2009, Han Geng menggugat agensi SM Entertainment yang berujung keluarnya dia dari Super Junior. Ki Bum pada tahun 2009 juga meninggalkan member lainnya dengan alasan yang baru diketahui lama setelah dia memutuskan untuk keluar. Kangin, sempat beberapa kali tersandung kasus hukum hingga akhirnya memutuskan untuk keluar dari grup.

Terakhir, setelah Super Junior vakum selama beberapa tahun, Sungmin akhirnya keluar dari grup karena berkaitan dengan pengumuman pernikahannya. Saat ini, mereka bertahan dengan sembilan anggota. Dalam perayaan debut mereka yang ke-16, mereka pada Jumat (5/11) lalu berkumpul bersama dan menyapa para penggemarnya. Mereka menyampaikan harapan masing-masing anggota, salah satunya keinginan untuk mengadakan Super Show luring kembali.

Dengan segala pencapaiannya, Super Junior memang layak disebut sebagai King of Hallyu Wave ya, SoHip? Semoga Super Junior bisa terus menemani ELF dan  mengabulkan keinginannya untuk mengadakan Super Show kembali.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE