Jelaskan Vaksin Covid-19 dengan Simpel dan Jelas, Warganet: Harusnya Ariel Jadi Duta Vaksin

Ariel Noah jelaskan vaksin covid-19

Di tengan pro dan kontra vaksin Covid-19, masyarakat Indonesia terbelah menjadi dua. Sebagian orang enggan mempercayai vaksin karena dianggap berbahaya. Banyak rumor tentang vaksin yang beredar sampai pemerintah harus membendung informasi keliru tersebut. Salah satunya dengan menggandeng figur publik sebagai duta vaksin.

Advertisement

Baru-baru ini nama Ariel Noah ramai disebut oleh warganet di jagat Twitter. Musisi itu dinilai lebih pantas menjadi duta vaksin dibandingkan artis lain. Lantaran penjelasannya soal vaksin Covid-19 yang mencuat di media sosial beberapa waktu lalu, warganet berpikir kalau Ariel lebih cocok menyandang predikat tersebut.

Bermula dari penjelasan Ariel Noah soal vaksin Covid-19  yang  sederhana dan mudah dipahami

Kehadiran Ariel Noah dalam podcast Sule menarik perhatian banyak orang. Pasalnya ia membagikan pengalamannya menjadi salah satu artis yang divaksin pertama kali. Menyinggung soal vaksin Covid-19, Ariel menjelaskan cara kerjanya dengan sederhana dan mudah dipahami. Alih-alih menggunakan penjelasan ilmiah yang rumit, ia justru memakai bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam.

Bukan tanpa dasar, pun Ariel menerangkan vaksin Covid-19 dengan berlandaskan penjelasan dokter lo. Seperti diketahui, sebelum menjalani vaksin ia telah berkonsultasi dengan tenaga medis biar nggak termakan informasi yang simpang-siur. Jadi menurutnya tubuh yang telah divaksin akan membentuk antibodi yang lebih kuat. Bila tubuh telah divaksin, kemungkinan besar virus nggak bakal berkembang biak. Selain itu, orang yang divaksin tak akan menulari orang lain.

Advertisement

“Ketika anti bodi belum mengenal virus (corona) maka akan ditipu sama virus corona sehingga virus mematikan itu bisa berkembang biak di tubuh kita. Jadi misalnya udah divaksin, kan udah kenal (oleh antibodi). Kalau ada virus corona beneran masuk udah siap, ya bisa tetap sakit, tapi enggak parah jadi mungkin kayak flu aja,” terang Ariel.

Ariel mengingatkan, kalau vaksin Covid-19 bukan cuma melindungi diri sendiri tapi juga orang lain. Sebenarnya vaksin melindungi orang-orang tertentu yang tidak bisa divaksin karena alasan medis. Misalnya penderita TBC tidak diperbolehkan menerima vaksin karena memiliki masalah imunitas. Jika orang-orang yang tidak bisa divaksin terkena virus Covid-19, maka langsung mengalami sakit yang parah. Makanya vaksin Covid-19 diperlukan untuk melindungi diri dan orang lain.

Karena penjelasan Ariel tersebut, warganet berpikir seharusnya Ariel menjadi duta vaksin ketimbang artis lain

Advertisement

Cuplikan penjelasan Ariel Noah itu tersebar luas di media sosial. Bermula dari unggahan akun Twitter @lantip, banyak warganet yang terkesima dengan penjelasan Ariel. Bagi mereka, penjelasannya lebih mudah dipahami ketimbang penjelasan dari beberapa tokoh selama ini. Dengan menggunakan bahasa santai, Ariel dinilai lebih komunukatif. Sehingga pesan yang disampaikan pun dapat ditangkap orang lain dengan gampang.

Mempunyai kemampuan komunikasi yang bagus, Ariel dianggap lebih pantas menjadi duta vaksin. Apalagi sejak awal Ariel sering menyakinkan banyak orang soal vaksin Covid-19 yang aman. Berikut ini adalah beberapa tanggapan warganet:

“Harusnya Ariel jadi duta vaksin covid. Jelasinnya enak banget, mudah dimengerti, gak ribet.” Komentar akun @winnithepoohhh.

“Kenapa influencer yg dipilih bukan Ariel? saya gak paham bahasa sunda tapi sepintas penjelasannya masuk akal dan santai, gak bikin emosi kayak influencer lain,” tulis akun @navavond.

“Pas ngejelasin hal-hal yg ilmiah kayak gini, pemilihan kosakatanya pas sekali, sangat mudah untuk dimengerti, orang lain pun bisa teredukasi. Giliran nulis lagu, puitis nya ga ada obat.” Komentar akun @arief_atmajaya.

“Ariel tuh kalo mau lakuin sesuatu perencanaannya lama jadi mateng, mungkin ini berdampak juga dari cara dia ngejelasin makannya semua orang bisa paham apa yang diomongin. Plus dia banyak banget penggemarnya jadi apa yang dia sampaikan mudah disebarluaskan,” tulis akun @unicornbalabala.

“Duta Vaksin kenapa bukan Ariel Peterpan aja ya, penjelasan dan efek komunikasinya lebih efektif ke masyarakat daripada si Kiper Selebritis FC itu.. Posisi kiper dalam Selebritis FC selalu dipercayakan kepada suami Nagita Slavina, Raffi Ahmad. Raffi Ahmad juga menjadi salah satu tokoh yang disuntik vaksin ronde pertama,” tulis akun @mafiawasit.

Menurut warganet, kemampuan komunikasi efektif seperti yang dimiliki Ariel Noah adalah kemampuan yang dibutuhkan duta vaksin. Ketimbang penjelasan yang berbelit-belit, masyarakat lebih membutuhkan penjelasan yang ringan, sederhana, tapi gampang dimengerti. Alhasil masyarakat pun mendapatkan edukasi yang tepat soal vaksin Covid-19.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE