Tak Tahan Dicerca karena Perankan Bu Tejo dalam Film Tilik, Siti Fauziah Pernah Nangis Berhari-hari

Bu Tejo dicerca

›Kalau sering membuka media sosial, pasti kamu tahu kalau Tilik sedang ramai diperbincangkan. Film pendek garapan Wahyu Agung Prasetyo ini sudah dirilis sejak 2018. Tetapi, baru diunggah ke kanal YouTube Ravacana Films pada Senin (17/8). Ceritanya berfokus pada sejumlah ibu-ibu yang hendak mengunjungi Bu Lurah. Sepanjang perjalanan naik truk, mereka mengobrol tiada henti.

Advertisement

Obrolan itulah yang menjadi daya tarik film Tilik. Apalagi ada tokoh Bu Tejo, wanita yang sangat cerewet dan gemar bergosip. Tokoh yang diperankan Siti Fauziah Saekhoni ini menuai banyak pujian. Tetapi, ternyata banyak juga kritik yang dilayangkan.

Setelah viral, film Tilik mendapat berbagai kritik dari warganet. Siti Fauziah sebagai pemeran Bu Tejo mengaku sakit hati sampai nangis berhari-hari

Ozie sebagai Bu Tejo via www.youtube.com

Kritik tentang Tilik di media sosial seolah nggak ada habisnya. Sejumlah orang berpendapat, film ini nggak mendidik dan memperparah stereotip kalau perempuan suka nyinyir. Bahkan ada yang memprotes Tilik dari segi feminisme. Bagaimanakah tanggapan pemainnya?

Dilansir dari Kompas, Siti Fauziah alias Ozie mengaku sakit hati saat mengetahui kritik pedas tersebut. Apalagi perannya sebagai Bu Tejo menjadi sasaran utama warganet. Saking nggak tahannya, Ozie bercerita kalau dia sampai menangis berhari-hari. Lalu wanita berusia 31 tahun ini menjadi lebih lega.

Advertisement

Terlepas dari kritik warganet, Ozie dan timnya bersyukur karena Tilik sudah ditonton banyak orang. Tembus 10 juta tayangan dalam 7 hari!

View this post on Instagram

Tidak pernah menyangka bahwa apresiasi yang datang bertubi-tubi ternyata tak berhenti hingga detik ini. Ulasan, kritik, saran, dan respon teman-teman terhadap Tilik (2018) menyalurkan energi yang luar biasa bagi kami. Membaca perspektif beribu kepala tentang Tilik (2018) dan menjadikannya dialektika yang sehat merupakan pencapaian terbesar kami; dan untuk itu kami berterima kasih. Tepat di tujuh hari penayangannya, Tilik (2018) telah disaksikan lebih dari sepuluh juta kali. Angka-angka ini adalah kekuatan dan kepercayaan teman-teman semua untuk kami. Angka-angka ini adalah pembuka bagi ruang diskusi yang tak mati. Angka-angka ini adalah semangat untuk tak berhenti di sini. Dari lubuk hati kami yang terdalam, kami sampaikan salam hormat bagi teman-teman yang sudah menyaksikan, membagikan, menelaah, mengulas, mengkritik, dan merayakan karya ini. Tilik (2018) hanya satu dari sekian ribu –bahkan juta– film pendek Indonesia yang beruntung untuk sampai pada penikmatnya. Mari dukung ekosistem sinema kita dengan menonton secara legal, mengulas secara dalam, dan mengkritik secara konstruktif. Karena percayalah, apresiasi teman-teman semua menguatkan kami untuk terus berjalan. Mari melangkah maju bersama, teguh dan merdeka dalam berkarya. Salam hangat dari Yogyakarta! 🚚✨ #ravacanafilms #nontontilik #filmpendekindonesia

A post shared by Ravacana Films (@ravacanafilms) on

Pada Senin (24/8), Ravacana Films sebagai rumah produksi Tilik mengunggah kabar gembira di Instagram. Ternyata film ini telah tembus 10 juta tayangan dalam seminggu! Mereka nggak menyangka kalau apresiasi dari orang-orang bakal sebesar ini. Apalagi Tilik telah dianugerahi sejumlah penghargaan seperti Film Pendek Terpilih Piala Maya 2018.

Advertisement

Melalui sebuah video singkat, para pemain dan kru Tilik menyampaikan terima kasih pada penonton. Ozie juga nggak ketinggalan. Dengan gaya yang khas, dia berpesan agar orang-orang mendukung film buatan Indonesia dengan menontonnya secara legal. Jadi bukan lewat situs streaming film abal-abal~

Keberhasilan Tilik membuat Joko Anwar mengucapkan selamat. Lalu dengan terang-terangan, Ozie meminta sutradara terkenal itu mengajaknya main film bareng

Joko Anwar ikut senang atas keberhasilan Tilik. Dia berpendapat, baru kali ada film pendek yang mengundang begitu besar perhatian dan diskusi di Indonesia. Keren deh! Menanggapi pujian Joko Anwar, Ozie meminta agar sutradara terkenal itu mengajaknya main film bareng. Wah, kira-kira bakal terjadi nggak ya?

Yang penting, kita perlu mendukung terus industri film Indonesia. Mulai dengan menonton dan membagikan infonya ke orang-orang terdekat. Film pendek yang bagus nggak hanya Tilik lo, masih banyak film lain yang nggak kalah menarik. Yuk tonton sebagian di sini!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE