Fakta Menarik tentang Frances McDormand, Aktris Terbaik Oscar 2021. Udah Sabet 3 Piala

Fakta Frances McDormand

Pada Minggu 25 April 2021 perhelatan Oscar tahun 2021 digelar. Sama seperti tahun kemarin Oscar tahun sekarang kembali mencetak sejarah baru. Dalam perhelatan tersebut, sutradara film Nomadland, Chloe Zhao dinobatkan sebagai sutradara terbaik. Prestasi tersebut menjadikan ia menjadi sutradara perempuan Asia pertama yang mendapatkan piala Oscar.

Advertisement

Selain Chloe Zhao, perempuan lain yang menyorot perhatian publik adalah aktris senior Frances McDormand. Setelah bekerja sama dengan sang sutradara dalam film “Nomadland”, Frances McDormand kemudian dinobatkan sebagai aktris terbaik tahun ini. Kemenangannya ini menjadi fenomenal mengingat sang aktris merupakan pemain lama di dunia film dan telah mencetak banyak prestasi.

Frances McDormand dibesarkan oleh orang tua asuh yang mengadopsinya dan nggak pernah bertemu orang tua kandungnya sama sekali

Frances McDormand dalam film Nomadland/Credit: Variety via variety.com

Frances McDormand adalah perempuan kelahiran Amerika Serikat tepatnya di Chicago. Frances adalah seorang yang nggak mengenal orang tua kandungnya sendiri. Ia kemudian diadopsi oleh pasangan kelahiran Kanada dan dibesarkan bersama saudaranya yang sama-sama diadopsi oleh pasangan suami istri tersebut.

Frances sendiri dilahirkan dengan nama Cyntia Ann Smith. Ia mengganti namanya karena mengikuti nama orang tua asuhnya. Frances tumbuh di tengah keluarga yang religius. Ayah angkatnya yang merupakan pendeta seringkali bekerja di luar kota sehingga Frances juga sering berpindah tempat tinggal. Frances hidup penuh dengan rasa hormat dan bersekolah sampai ia kuliah di Bethany College, Virgina Barat. Ia lulus pada tahun 1979 dengan gelar Sarjana Seni di bidang teater. Nggak puas sampai disitu, Frances kemudian bersekolah lagi dan mendapatkan gelar Master of Fine Arts dari Yale School of Drama pada tahun 1982. Setelah dirasa cukup, ia akhirnya hijrah ke kota New York dan mulai merintis kariernya di kota Big Apple tersebut.

Advertisement

Frances McDormand mengawali kariernya lewat debut sutradara Coen bersaudara berjudul “Blood Simple”

Francis McDormand/Credit: Mental Floss via www.mentalfloss.com

Sama seperti kebanyakan aktris lain saat awal karier, Frances nggak memiliki nama sama sekali. Film pertamanya adalah “Blood Simple” yang dikerjakan Coen bersaudara. Ia bermain dengan cukup baik yang kemudian membuat dirinya membintangi film “Raising Arizona” sebagai Dot yang membuat namanya melejit. Nggak sendirian, Frances muncul dengan bintang kenamaan lain seperti Holly Hunter dan Nicholas Cage dalam film tersebut.

Selain membintangi sejumlah film terkenal, Frances McDormand juga membintangi sejumlah serial televisi Amerika, yang membuat namanya semakin menonjol dan diperhitungkan di industri hiburan Paman Sam. Judul ikonik yang pernah ia bintangi adalah “Hill Street Blues”. Nggak main-main, ia berperan sebagai Connie Chapman selama 5 musim.

Setelah mendapat dua piala Oscar sebelumnya, Frances McDormand akhirnya mendapatkan piala Oscar sebagai Aktris Terbaik ketiganya lewat film Nomadland dalam ajang Academy Awards 2021

Frances McDormand/Credit: Jakarta Post via www.thejakartapost.com

Sebelum mendapatkan penghargaan Oscar tahun ini, Frances McDormand telah mengukir cukup banyak prestasi sebelumnya. Bahkan kemenangannya tahun ini merupakan ketiga kalinya ia mendapatkan piala Oscar sebagai aktris terbaik. Ia mendapatkan penghargaan Academy Awards sebagai aktris terbaik pada tahun 1996 lewat film “Fargo”.

Selain mengukir namanya dalam sejarah Academy Awards, Frances juga cukup banyak menoreh prestasi di ajang-ajang lain seperti BAFTA Awards, Golden Globes sampai National Board of Review Awards. Semua prestasi yang ia toreh adalah hasil dari kegemaran dan kemampuan aktingnya yang brilian.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE