Punya Gaya Parenting Sendiri, Nikita Willy Sempat Ditentang Ibu dan Mertua

Menjadi seorang ibu rupanya tak hanya soal hamil, melahirkan kemudian berhenti di masa menyusui. Lebih dari itu, proses membersamai tumbuh kembang si anak justru lebih menantang dan juga melelahkan. Karena alasan inilah, banyak ibu yang seolah kaget dengan peran barunya. Merasa kehilangan jati diri, bingung dalam proses membesarkan dan merawat bayi, bentuk tubuh yang berubah pasca melahirkan, serta seakan tak memiliki waktu untuk dirinya sendiri.

Advertisement

Namun, tidak begitu dengan Nikit Willy, artis sinetron yang sudah malang melintang di dunia entertainment sejak usia 9 tahun ini terlihat sangat cekatan mengurus Issa Xander Djokosoetono, buah cinta pertamanya dengan Indra Priawan. Segala hal yang berkaitan dengan peran Niki sebagai ibu dalam merawat Issa menjadi viral dan penuh dengan komentar warganet.

Niki menuai banyak pujian terlebih karena dirinya tidak menggunakan jasa babysitter untuk mengurus anaknya seperti yang kebanyakan para public figure lakukan. Meski tak jarang juga banyak komentar julid mampir di akun sosial medianya.

Punya gaya parenting sendiri membuat Niki sempat ditentang oleh ibu dan mertuanya

Advertisement

Tak seperti kebanyakan orang Indonesia, Niki memang menerapkan hal-hal ‘baru’ pada anaknya. Hal inilah yang membuat gaya parentingnya viral, mendapatkan banyak komentar netizen, termasuk oleh ibu dan mertuanya sendiri. Beberapa di antaranya, Niki membuat jadwal dan rutinitas tidur khusus untuk Issa setiap harinya.

Sejak umur 4 bulan, Issa sudah teratur tidur sendiri di kamarnya, lho. Selain itu, sejak awal mulai makan di usia 6 bulan, Niki sama sekali tidak membuatkan bubur untuk anaknya. Ia langsung memberinya finger food, metode ini dikenal dengan sebutan BLW (Baby Led Weaning), dimana anak dibiarkan bebas untuk mengambil dan memasukkan makanan sendiri ke mulutnya.

Advertisement

“Mereka (Ibu dan Mertua Niki) sering main ke rumah, kan, terus mereka liat kayak Issa kan BLW juga. ‘Kita nggak usah bikin bubur, kita kasih aja finger food langsung.’
Terus langsung pada heboh nenek-neneknya, ‘nanti keselek..bla..bla..bla..'”

“Trus kayak ‘kasian banget tidur sendiri..bla..bla..’.
Udah, just watch, ini ikan keluarga saya.” Ungkap Niki

Penuturan tersebut Niki ceritakan melalui kanal YouTube GueSehat. Dirinya berujar pada akhirnya baik orangtua maupun mertuanya memberi dukungan pada apa yang Niki lakukan karena mereka melihat hasil akhirnya dimana Issa memiliki waktu tidur yang lebih lama serta lebih pintar mengunyah sejak awal pertama makan.

Pergi tanpa Issa selama 3 hari, Nikita Willy meninggalkan catatan khusus untuk Ibunya

Gaya parenting Nikita Willy

Catatan untuk mama Niki | credit: instagram nikitawillyofficial94

Dengan jadwal dan rutinitas yang sudah terbentuk, kala itu Nikita Willy harus pergi ke Bali tanpa membawa Issa. Tak ingin kebiasaan yang sudah ada berantakan karena tidak bisa berada di samping Issa, Niki berinisiatif menulis note khusus untuk sang mama yang kala itu bertugas menjaga Issa.

“Karena pasti ‘kan parenting style ibu-ibu kita jaman dulu berbeda dengan kita ‘kan, karena yang aku terapkan nggak mau dirusak untuk beberapa hari jadinya ulang dari awal lagi, gitu. Jadinya aku kasih notes itu ke mamaku.” Cerita Niki.

Menurut Niki, jadi ibu ternyata harus galak (dan tegas)

Gaya parenting Nikita Willy

Nikita Willy bercerita kalau jadi ibu harus galak | credit: YouTube GueSehat

“Kita sebagai ibu juga kayanya punya hak untuk agak lebih galak ya. Jujur aja nih ya, ibu-ibu, aku ini orangnya galak, kalau aku bilang no, ya no. Walaupun sama suami atau mamaku. Kalau aku bilang No, ya No.” Niki menambahkan.

Pertentangan gaya parenting antara kita sebagai ibu dengan orangtua atau mertua memang sepertinya tidak bisa dihindari. Seperti kebanyakan ilmu, parenting pun berkembang dan gayanya pun akan banyak ditemukan perbedaan antara masa sekarang dengan zaman orangtua kita dahulu. Dari sini Niki beranggapan bahwa sebagai ibu, kita punya hak untuk lebih galak agar konsisten dengan cara parenting yang kita pakai.

Masih kata Niki, “Aku discuss sama suami, parenting style kita, itu gaya kita, nggak bisa diikut campur dengan orangtua kita.”

Meski di awal banyak pertentangan, Niki tetap maju terus dengan apa yang sudah dia jalani. Buktinya, baik ibu maupun mertua Niki kini berbalik mendukungnya. Hal ini karena Niki berhasil membuktikan bahwa apa yang dia lakukan justru untuk kebaikan Issa sendiri.

Jika kamu sedang berada di fase yang sama dengan Niki, jangan sedih ya, SoHip. Kata Nikita Willy, you only live once. Nggak usah maksain apa yang kata orang-orang harus dilakukan. Kalau memang itu tidak berjalan baik sama anak kamu, sama kamu dan juga keluarga kamu, ya sudah tinggalin aja.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a young mother of two

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE