Pernah Gigit ART hingga Tewas, Anjing Belgian Malinois Bima Aryo Mati karena Komplikasi Penyakit

Sparta anjing Bima Aryo mati

Kabar mengejutkan kali ini kembali datang dari Bima Aryo. Seorang artis, YouTuber, dan juga pecinta binatang yang beberapa waktu lalu juga pernah menghebohkan media sosial karena anjingnya yang berjenis Belgian Malinois menggigit salah seorang ART-nya hingga meninggal dunia. Kejadian tersebut sontak membanjiri seluruh pemberitaan media massa.

Advertisement

Belum hilang ingatan publik tentang kasus tersebut, kali ini berita duka datang dari Bima Aryo. Anjingnya yang bernama Sparta tersebut dikabarkan mati pada hari Senin, 28 Oktober lalu. Anjing gagah tersebut menghembuskan nafas terakhirnya akibat komplikasi penyakit yang dideritanya.

Sparta menjadi perbincangan publik sejak kasusnya yang mengakibatkan ART Bima Aryo meninggal dunia

Sparta saat diamankan via www.instagram.com

Sebenarnya, anjing “pemburu” milik Bima Aryo yang berjenis Belgian Malinois ini udah terkenal melalui unggahan YouTube Arya. Namun, setelah kasusnya yang menewaskan salah seorang ART mencuat, nama Sparta kian menjadi perbincangan hangat oleh para warganet di berbagai media sosial.

Setelah kejadian tersebut, Sparta akhirnya dibawa ke Sudin KPKP Jakarta Timur untuk dikarantina. Akhirnya, setelah menjalani masa karantina, anjing dengan tipe one man dog tersebut dibawa lagi ke unit K-9 Polri, untuk dijadikan anjing pelacak yang membantu tugas polisi. Hal tersebut dilakukan karena memang Sparta memiliki kemampuan yang mumpuni.

Sparta mengalami sakit saat ia masih dalam masa pelatihan bersama Unit K-9

Sparta milik Bima via www.instagram.com

Sejak masa karantinanya berakhir dan dibawa ke Unit K-9 oleh pihak Polri, Sparta hingga masa-masa terakhirnya menghabiskan waktu untuk menjani masa pelatihan bersama para polisi. Dalam masa pelatihan tersebut, nantinya dimaksudkan agar Sparta dapat membantu tugas kepolisian negara.

Pada awalnya, Sparta dilepas dalam keadaan sehat. Namun diduga stres karena tak bertemu dengan tuannya, akhirnya membuat anjing tersebut mengalami beberapa komplikasi penyakit. Beberapa di antaranya adalah muntah darah akibat parasit darah, demam, dan juga pembengkakan hati.

Advertisement

Meski Bima sendiri sampai saat ini belum mengetahui dan mengumumkan secara pasti penyakit apa yang menyerang anjing kesayangannya tersebut, namun memang besar dugaan bahwa penyebab utamanya adalah stres yang kemudian menyebabkan adanya komplikasi penyakit. Setelah mendapatkan sejumlah perawatan termasuk transfusi darah, Sparta pun menghembuskan nafas terakhirnya di pelukan Bima.

Anjing ras Belgian Malinois adalah salah satu ras anjing terkuat dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata

View this post on Instagram

Sparta.. my boy.. my ganteng.. my cakep.. my brave.. my rawoon.. mungkin bagi sebagian orang kamu hanyalah seekor anjing, but for me you are like a brother, a son, a best friend, you are part of my family. Engga ada kata2 yg bisa menjelaskan sakit dan sedihnya hati ini harus kehilangan salah satu anak kesayangan gw. Begitu banyak memory kita bersama, dr saat dia masih berumur 7 minggu udah ada sesuatu dr cara dia ngeliat gw yg bikin gw jatuh cinta sm dia dan ingin ngerawat dia dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin. Dia adalah sahabat gw yg begitu loyal, selalu berusaha keras dan siap untuk ngebahagiain gw. Oh how much I miss you Sparta.. we all miss you, we all love you Sparta, begitu bnyk orang yg sayang sm kamu padahal mereka belum pernah ketemu kamu, because you are different, you are special, and you are an amazing dog. Maafin aku harus menangis menulis ini Sparta krn aku tau kamu gasuka liat aku sedih. Km mau aku selalu bahagia. Aku tau km skrng ditempat yg lebih baik Sparta. Maafin aku kalo aku ada salah sm kamu sayaang. I love my boy, I love u so so so much! Kamu engga akan pernah bisa tergantikan.. ❤ #sparta #thisissparta #ripSPARTA

A post shared by BEEMZ (@bimaaryo) on

Kepergian Sparta untuk selama-lamanya tersebut tentu membuat Bima Aryo selaku tuannya merasa begitu kehilangan. Pasalnya, ia telah merawat dan membesarkan anjing itu sejak umur kecil hingga dewasa. Perjuangannya untuk menjinakkan Sparta memang bukan hal yang mudah. Perlu diketahui, Sparta adalah anjing dengan tipe one man dog, artinya anjing tersebut hanya akan patuh dengan satu orang saja.

Ras Belgian Malinois ini juga menjadi salah satu ras anjing terkuat, lo. Namun karena sifatnya yang hanya setia dengan satu orang, tentu membuat ia menjadi stres jika harus dirawat oleh orang lain. Meskipun dikenal sebagai anjing pemburu yang memiliki sifat ganas, tapi Belgian Malinois juga merupakan salah satu anjing dengan kecerdasan di atas rata-rata.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE