Melihat Potret Figur Publik Indonesia yang Tampil di Museum Lilin Madame Tussauds. Bikin Bangga!

Tokoh Indonesia di Madame Tussauds

Publik mungkin sudah tak asing saat mendengar nama Madame Tussauds. Sebuah museum patung lilin yang dijadikan tempat wisata menarik di beberapa negara. Meski pusatnya di kota London, Inggris, tetapi kini sebaran museum ikonik tersebut sudah hadir pada 24 kota di seluruh dunia. Yang terdekat dari Indonesia, yakni ada Singapura, Bangkok dan Hong Kong.

Advertisement

Tak sembarang orang yang bisa diabadikan dalam Madame Tussauds. Maka nggak heran jika museum yang satu ini dikenal prestisius. Kategori yang dihadirkan pun beragam, mulai dari tokoh di industri hiburan yang memiliki jutaan penggemar, presiden, atlet, sampai mereka yang berpengaruh besar dalam perkembangan teknologi dan sains.

Wajar jika figur publik yang tampil di sana merasa terhormat sekaligus mewakili negara dari karya yang dihasilkan. Terlebih dengan proses pembuatan yang dibilang rumit, dibutuhkan banyak pengukuran mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Untuk membuat figur lilin Ratu Elizabeth misalnya, dibutuhkan lebih dari 150 kali pengukuran hingga sampai menghasilkan patung semirip mungkin dengan yang asli.

Nah di Indonesia sendiri, ada beberapa tokoh yang sudah diabadikan di museum Madame Tussauds, lo. Mereka dipilih berkat kepopuleran namanya hingga kontribusi yang apik bagi negara. Daripada kamu penasaran, berikut Hipwee berikan ulasannya.

Advertisement

1. Presiden Soekarno, menjadi sosok pertama dari Indonesia yang diabadikan di dua cabang Madame Tussauds

Patung lilin Soekarno | Credit: Flickr

Bapak proklamator Indonesia, Ir. Soekarno menjadi figur publik pertama yang sosoknya dijadikan patung lilin Madame Tussauds. Patung pertama Soekarno dirilis pertama kali di Bangkok pada 24 September 2012. Patung ikonik tersebut menampilkan profil Soekarno ketika menyampaikan pidato “To Build the World a New” di Amerika Serikat pada 30 September 1960.

Pakaian yang digunakan Presiden Soekarno dalam figur lilin didesain oleh Samuel Wattimena, perancang busana ternama Indonesia. Peci yang dipamerkan dipesan langsung oleh Puti Guntur Soekarno ke pembuat peci di Bandung yang biasa dipakai bapak Presiden pertama RI ini. Menariknya patung lilin beliau bisa ditemukan pada Madame Tussauds Thailand dan Hong Kong.

2. Atlet bulutangkis kebanggaan Indonesia, Rudy Hartono juga tercatat menjadi figur yang tampil di museum bergengsi tersebut

Rudy Hartono patung lilin | Credit: Flickr

Atlet bulutangkis kelahiran Surabaya ini dibadikan pada museum Madame Tussauds Singapura. Sosok Rudy Hartono terpilih sebab menorehkan sederet prestasi untuk Indonesia, diketahui ia pernah membawa Kejuaraan Dunia pada 1980. Bukan hanya itu, Rudy Hartono juga mengguratkan prestasinya menjuarai All England sebanyak 8 kali sejak 1960 hingga 1970-an.

Advertisement

3. Anggun menjadi penyanyi Indonesia pertama yang dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds Bangkok, Thailand

Anggun Madame Tusauds | Credit: Instagram @angguncipta

Belakangan Anggun menyampaikan rasa syukurnya menjadi salah satu orang Indonesia terpilih. Patung lilin pelantun “Mimpi” ini dirilis pada September 2016 di Madame Tussauds Bangkok. Potretnya dipilih ketika Anggun tengah melakukan penjurian di Asia’s Got Talent lengkap dengan latar panggungnya.

Pakaian yang dikenakan patung lilin didesain oleh Jean-Paul Gaultier, perancang busana sekaligus teman dari perempuan kelahiran Jakarta ini. Dalam proses pembuatannya, Anggun langsung melakukan pengukuran hingga foto tiga dimensi di studio Madame Tussauds London.

4. Selain Soekarno, sosok Presiden Jokowi juga ditemukan di museum Madame Tussauds Hong Kong

Presiden Jokowi | Credit: Sekretariat Presiden

Patung lilin Presiden Jokowi diresmikan di Madame Tussauds Hong Kong pada 1 Mei 2017. Sebelum membuat membuat patung tersebut, mereka sempat mengadakan polling tokoh mana yang mendapat kepercayaan. Rupanya Presiden Jokowi lah yang mendapat perolehan hasil paling tinggi. Setelah melakukan riset berulang kali, barulah tim Madame Tussauds membuatkan figur ikonik tersebut.

Patung lilin Jokowi ini digambarkan mengenakan kemeja putih yang lengannya terlihat dilipat, tak lupa pose senyum yang identik dengan presiden ketujuh RI ini.

5. Menyusul Anggun, pada pertengahan 2020, Agnez Mo dikonfirmasi akan menghiasi museum Madame Tussauds Singapura

Agnez Mo akan menjadi penyanyi Indonesia kedua yang dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds. Hal ini terkonfirmasi pada 2020 silam. Meski belum dirilis akibat adanya pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia bisa mengintip wujud dan proses pembuatan patung lilin Agnez Mo melalui akun Instagram resmi @mtssingapore. Agnez sendiri diketahui sebagai figur publik yang menginspirasi dengan sederet karyanya. Bukan hanya mahir di industri musik, melainkan juga industri sinetron Tanah Air.

Sebelumnya, Agnez sempat menunjukkan 194 piala selama berkarier di industri hiburan. Diketahui ia juga pernah menembus chart Billboard sebagai pendatang baru hingga meraih penghargaan di iHeartRadio Awards.

Nah itulah sosok figur publik Tanah Air yang terpilih sebagai tokoh ikonik di Madame Tussauds. Kepopuleran mereka tentunya tak terlepas dari karya yang dibuat untuk masyarakat Indonesia. Semoga ke depannya akan banyak tokoh Indonesia yang mejeng di museum ini, ya!

Baca sepuasnya konten-konten eksklusif Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE