Tretan Muslim Pernah Kuliah di 3 Kampus, Warganet Sindir Wirda Mansur

Meski hanya lulus di satu kampus, tapi warganet lebih percaya Tretan

Beberapa waktu yang lalu, nama Wirda Mansur banyak diperbincangkan semenjak peluncuran bisnis crypto yang ia dirikan. Banyak warganet yang mengkritiknya karena di lain kesempatan ia pernah mengaku sebagai seseorang yang gaptek atau gagap teknologi.

Advertisement

Belum selesai, anak dari figur publik Yusuf Mansur ini juga menghebohkan publik karena pernyataannya yang pernah berkuliah di 4 kampus ternama baik di dalam maupun luar negeri.

Hal ini sontak memicu beragam komentar dari warganet, banyak yang menganggapnya melebih-lebihkan bahkan meragukan kebenarannya.

Salah satunya, yakni Wirda ia yang mengaku mengikuti kuliah dengan program International Baccalaureate (IB) di Universitas Oxford. Padahal, program tersebut setara dengan SMA.

Advertisement

Kontroversi masih hangat, komika dan komedian Tretan Muslim turut mengungkapkan bahwa dirinya juga pernah berkuliah di 3 tempat yang berbeda. Sontak warganet turut membandingkannya dengan Wirda Mansur terkait pernyataannya tempo hari. Selengkapnya sebagai berikut:

Berawal dari pengakuan Wirda yang kuliah di 4 kampus ternama

Tretan Muslim kuliah di tiga tempat

Potret Wirda Mansur / Credit: IG Wirda Mansur

Berawal dari tuduhan seorang warganet yang mengungkapkan bahwa Wirda merupakan pembohong. Hal ini terjadi karena nama kampus yang berbeda-beda yang dicantumkan di tiap media sosial Wirda.

Advertisement

Menanggapi hal tersebut, ia akhirnya membuat klarifikasi. “Jadi gini ya banyak yang bilang, katanya gue kuliah di tiga kampus. Iya itu bohong, tapi sebenarnya bukan tiga, tapi empat, say,” kata Wirda melalui fitur Instagram Story.

Wirda selanjutnya menjelaskan pada 2017, dia mengaku mengambil International Baccalaureate (IB) di Universitas Oxford. Namun, ia tidak menyelesaikan pendidikannya.

Lalu, Wirda memutuskan pulang ke Indonesia dan mencoba daftar ke Raffles University. Ia memberikan bukti jadwal mata kuliah yang diambilnya sampai tiga semester.

“Habis itu gue out dari Raffles University,” katanya.

Setahun kemudian, dia mengambil cuti dan memutuskan rehat sejenak selama satu tahun. Setelah itu Wirda mendaftar sekolah di The University of Buckingham (UoB) di Inggris.

Tak lupa ia turut memberikan bukti dirinya sebagai mahasiswa melalui jadwal perkuliahan yang pernah ia ambil.
“Ini jadwal [kuliah]. Ambil jurusan Business Enterprise. Di samping itu, ambil double degree di Institut Daarul Qur’an Jakarta jurusan Ilmu Hadis. Jadi ambil di UK (Inggris) dan di sini,” tegas Wirda dalam videonya.

Tretan turut pamerkan dirinya yang pernah kuliah di 3 kampus

Tretan Muslim kuliah di tiga tempat

Tretan Muslim pernah dikeluarkan / Credit: IG Tretan Muslim

Tretan Muslim yang dikenal sebagai komedian turut mengungkapkan 3 kampus berbeda yang pernah menjadi tempatnya belajar. Ia turut melampirkan biodata mahasiswa sebagai bukti bahwa yang ia ungkapkan bukan hoax semata.

“Bukti nyata no hoax kuliah di 3 kampus bro ..,”  ujarnya melalui Instagram yang dikutip pada Rabu (2/3).

Ia menjelaskan bahwa pernah kuliah 3 kali di tiga tempat, namun hanya keperawatan yang lulus. “Kuliah perawat lulus alhamdulillah krn sungkan dah gagal sastra inggris dan pengen ikut kerja kakak yg jadi perawat di Quwait” ujarnya.

Ia akhirnya berkuliah lagi di K3 Kesehatan Keselamatan Kerja Universitas Esa Unggul namun mundur karena mendapat tawaran stripping sinetron Jin dan Jun. Nggak lupa, ia juga membeberkan faktor lain.

“Sbnrnya faktor lainnya krn saya pengen masuknya kesehatan masyarakat yang kesehatan lingkungan. Tapi di kampusnya adanya jurusan K3 Kesehatan Keselamatan Kerja yg sangat susah 😁”

Terakhir, ia berkuliah di jurusan Sastra Inggris, namun dikeluarkan, “Sastra inggris dikeluarkan krn jarang masuk soalnya semester awal pelajaran nya terlalu gampang dan di kelas banyak cwenya saya pemalu bro” pungkasnya.

Komentar kocak warganet yang kaitkan Tretan dengan Wirda

Tretan Muslim kuliah di tiga tempat

Komentar warganet terhadap unggahan Tretan Muslim / Credit: IG Tretan Muslim

Banyak warganet yang merasa terhibur dengan aksi dari Tretan, apalagi ia yang tak malu mengakui bahwa pernah dikeluarkan dari kampus. Di sisi lain, banyak pula yang mengaitkan Tretan dengan Wirda karena memiliki kisah yang hampir sama.

“11/12 SAMA WIRDA MANSUR 😂” ujar salah satu warganet menyamakan Tretan dengan Wirda. Ada pula warganet yang turut berkomentar “bukan 3 tapi 4 shayy” menirukan gaya Wirda di video klarifikasinya yang sempat viral.

Namun di satu sisi banyak yang salah fokus alasan-alasan Tretan keluar kampus. Cukup lengkap, yang pertama lulus kedua mengundurkan diri dan ketiga dikeluarkan hahaha,” ujar @denandaptraaa. 

Menurut kabar terbaru, Wirda telah melakukan klarifikasi bahwa ia memang nggak berkuliah di Oxford melainkan hanya mengikuti sebuah program belajar di sana. Perihal statusnya sebagai lulusan Oxford di aplikasi Linkedin itu merupakan kesalahan dari stafnya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE