Tumor yang Diidapnya Kian Membesar, Marshanda Jalani Operasi Pengangkatan Tumor Payudara

Aktris Marshanda kini tengah berjuang untuk kesembuhan fisiknya. Ibunda Sienna ini diketahui menjalani operasi pengangkatan tumor payudara pada 10 November 2022. Kabar tersebut diketahui dari unggahan Instagram Story sang aktris.

Advertisement

Berdasarkan unggahan itu tampak Marshanda sudah tiba di rumah sakit pada pagi hari saat kondisi rumah sakit tersebut masih lengang. Tindakan operasi yang dilakukan Marshanda dijadwalkan pada pukul 6 pagi.

Tumor payudara yang diidap Marshanda semakin membesar dalam waktu singkat sehingga perlu dilakukan tindakan operasi

Marshanda jalani operasi tumor payudara

Marshanda jalani operasi tumor payudara | Credit: Instagram @marshanda99

Melalui Instagram Story pribadinya, Marshanda mengabarkan bahwa dirinya akan menjalani operasi tumor payudara pada 10 November 2022. Operasi tersebut dimulai pada pukul 6 pagi. Sebelum itu, Marshanda harus menjalani tindakan anestesi atau bius pada pukul 5.30.

Tumor payudara yang dialami Marshanda tergolong jinak. Namun, ukuran tumor tersebut kian membesar hanya dalam waktu singkat. Alhasil, Marshanda dan tim medis sepakat untuk melakukan operasi pengangkatan tumor agar menghindari risiko yang nggak diinginkan di masa depan.

Advertisement

“Jadi sebenarnya tumor ini jinak, tapi untuk menghindari risiko yang nggak diinginkan dan juga melihat dalam waktu singkat itu ukurannya bertambah dan bertambah besar terus. Akhirnya solusi yang terbaik adalah dengan mengangkat tumor ini.

Jadi hari inilah gue akan melakukan operasinya. Dan syukur alhamdulillah hasilnya aman untuk melakukan tindakan hari ini,” ucap Marshanda.

Menjelang pukul 6 pagi, Marshanda beranjak menuju ruang operasi. Dalam unggahan berikutnya, Marshanda tampak sudah berbaring di tempat tidur rumah sakit dengan mengenakan pakaian pasien tanda proses operasi akan segera dimulai. Ia memberi tahu kalau di dalam ruangan operasi nantinya dilarang untuk mengambil foto atau video sehingga ia nggak bisa mengabarkan kondisi terkini kepada warganet.

Sehari sebelum tindakan operasi, Marshanda sempat mengabarkan warganet kalau dirinya melakukan sejumlah pemeriksaan fisik untuk memastikan kesiapan Marshanda menjalani operasi. Serangkaian pemeriksaan itu terdiri dari cek anestesi dan paru-paru, cek darah, dan tes PCR yang hasilnya dinyatakan negatif Covid-19. Berdasarkan hasil pemeriksaan, akhirnya Marshanda bisa menjalani operasi tumor payudara.

Advertisement

Marshanda mengungkap kalau dirinya mengidap tumor payudara sejak Mei 2022 lalu

Awal muda Marshanda idap tumor payudara

Awal muda Marshanda idap tumor payudara | Credit: Instagram @marshanda99

Marshanda pertama kali mengungkap kondisi kesehatannya yang tengah mengidap tumor payudara pada Mei 2022 lalu. Lewat video YouTube di akun MARSHED, Marshanda berusaha tegar dan menahan air matanya ketika membicarakan penyakit tersebut. Rupanya, selama setahun terakhir ia kerap merasa nyeri akibat benjolan di bagian payudara. Belakangan terungkap kalau payudara kanannya mengidap tumor.

“Jadi gue ke Singapura mau MRI, tujuannya fight buat kesehatan gue. Gue nggak bisa bohong ngerasa sakit di payudara gue yang bertumor kadang-kadang. Ini kalau ngilu gue berhenti dulu ya teman-teman karena butuh istirahat bentar,” ucap Marshanda (30/5).

Awal mula Marshanda curiga dengan kondisi tubuhnya bermula dari saat ia mengalami demam tinggi (39,6 derajat) pada Agustus 2021. Ia bahkan sempat diopname untuk menghindari dampak buruk dan melakukan tes swab tapi dinyatakan negatif Covid-19.

“Aku sempat panas tinggi 39,6, diopname takut kenapa-kenapa, swab segala macem tapi negatif Covid. Aku tes darah tapi nggak ada tumor,” ujar Marshanda dilansir dari YouTube Intens Investigasi (15/6).

Beberapa bulan sebelum demam tinggi itu menyerang, Marshanda sudah menyadari ada benjolan di payudaranya. Namun, menurut seorang teman yang berprofesi dokter, benjolan itu nggak berbahaya karena hanya membesar saat periode menstruasi.

Seiring berjalannya waktu ternyata benjolan tersebut semakin membesar. Marshanda pun memutuskan untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit di Jakarta Pusat pada Desember 2021. Hasil pemeriksaan menunjukkan kalau Marshanda memiliki dua tumor yang bersarang di payudara kanannya. Selain itu, ada kista di payudara sebelah kiri tapi berukuran kecil sehingga nggak perlu ditangani.

Melihat tumor yang diidapnya makin membesar, Marshanda melanjutkan pemeriksaan ke Singapura. Kini, perempuan yang akrab disapa Caca itu menjalani operasi pengangkatan tumor payudara. Yuk, kita doakan semoga operasinya berjalan lancar dan kondisi kesehatan Marshanda kembali pulih seperti sedia kala.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE