Wendi Cagur dan Istri Berikan Edukasi Soal Pubertas, Ucapan Anak yang Terbuka Dibanjiri Pujian

Wendy Cagur edukasi anak

Di balik layar televisi, Wendi Cagur kerap disorot sebagai suami dan juga ayah penyayang. Ia bahkan tak segan membagikan aktivitas bersama melalui akun media sosial. Diketahui baru-baru ini, Wendi juga aktif di YouTube membuat konten khusus keluarga bernama “House of Wendi”.

Advertisement

Dikaruniai 3 anak yang berbeda usia merupakan tantangan tersendiri bagi Wendi dan istrinya, Revti Ayu Natasya. Maka dari itu, mereka kerap kali memutar otak untuk memberikan pola asuh terbaik supaya anak bisa berkembang memaksimalkan potensi yang dipunya. Belakangan, video saat Wendi dan istri memberikan edukasi seksual kepada kedua anaknya menjadi sorotan. Pasangan ini dipuji lantaran bersifat terbuka sehingga anak mereka nggak malu untuk mengungkapkan sesuatu.

Berusaha setenang mungkin jelaskan soal pertumbuhan fisik perempuan dan laki-laki, Wendi tekankan ada bagian sensitif di tubuh yang harus dijaga anak-anaknya

Diketahui kedua anaknya, Audie Oryza Sativa dan Aditya Manikara Kauki tengah beranjak remaja. Mereka pun mengutarakan rasa penasaran soal menstruasi dan mimpi basah. Sempat malu ingin menyampaikan, Wendi pun langsung berusaha meyakinkan anaknya bahwa hal ini nggak masalah untuk diutarakan karena bagian dari pendidikan.

Advertisement

Ia lantas mengingatkan anaknya yang berusia 10 tahun dan 8 tahun itu untuk mengenali keadaan fisik diri sendiri, Wendi bahkan menanyakan kembali bagian tubuh mana saja yang tak boleh disentuh oleh orang lain. Mendengar mimpi basah yang diutarakan sang ayah, awalnya sang putra sempat menangis karena takut. Wendi berusaha menjelaskan dengan tenang tapi mudah untuk ditangkap sang anak.

“Pada saat Kauki tidur, mau kapan itu tiba-tiba dari kelamin Kauki keluar cairan (Mimpi basah). Nggak perih Nak, sama sekali nggak perih. Nanti kamu akan merasakan, dan  saat itu terjadi, kamu pasti merasa senang karena kamu sudah dewasa,” papar Wendi.

Mendengar hal tersebut, sang istri menambahkan bahwa hal ini diberi tahu supaya anaknya nggak kaget ketika waktunya tiba, terlebih bisa terbuka untuk bercerita ke ayah dan bundanya. “Ya nggak apa-apa, nggak boleh malu. Ini kan pendidikan yang harus kamu tahu dari dini,” lanjut Wendi.

Advertisement

Melihat keterbukaan anak-anak untuk bicara, gaya asuh Wendi Cagur dan istri pun tuai pujian

Wendi dan istri selalu menekankan kepada anaknya untuk bercerita apapun kondisi yang tengah dirasakan. Tahu ayahnya terbuka dengan pertanyan, kala itu Kauki bertanya apakah benar jika sudah dewasa nanti akan tumbuh rambut di area intimnya. Wendi jelaskan bahwa hal tersebut memang benar sebagai perubahan fisik yang dialami perempuan dan laki-laki ketika beranjak remaja.

“Semua laki-laki ngalamin itu, semua perempuan juga ngalamin itu (menstruasi). Terus lama-lama akan tumbuh bulu di kemaluan. Mau cewek, mau cowok,” kata Wendi.

Edukasi Wendi perihal genital dan perubahan yang akan anaknya alami itu pun banjir pujian, pasalnya tak sedikit anak-anak di luar sana yang kurang mendapatkan edukasi tentang tubuhnya sendiri, bahkan ada yang kaget dan nggak tahu apa yang harus dilakukan saat mengalaminya.

Padahal dikutip dari Planned Prenthood, anak-anak usia 7-8 tahun sudah perlu mengetahui tanda apa saya yang akan dialami saat pubertas. Usia 9-12 tahun sudah diberikan ilmu apa itu menstruasi dan mimpi basah supaya mereka tahu apa yang akan dilakukan. Orang tua perlu menekankan bahwa kondisi itu normal.

“Sayangnya masih banyak orang tua yang menganggap bahwa hal ini tabu untuk dibahas bersama anak-anak,” komentar warganet.

“Sukaa, mengedukasi sejak dini biar ngga kaget dan ngga tau dari orang di luar keluarga. Yang paling bener emang harus selalu cerita dulu ke keluarga dekat (orang tua),” pungkas yang lain.

“Temanya pendidikan seks yang penting banget diberikan kepada anak bahkan dari sejak dia masih kecil. Agar si anak bisa membedakan, dari hal tersebut mereka bisa lebih menghargai dirinya sendiri dan memahami batasan yang gak bisa mereka lewati terhadap orang lain,” kata akun Repi Darma Yanti.

Kalau menurut kamu gimana soal gaya asuh mereka? Pendidkan seksual yang sesuai umurnya memang penting banget untuk diketahui anak, mereka jadi bisa membedakan dan tahu apa yang terjadi dengan tubuhnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE