Dikenalkan Agama Sejak Dini, ini 6 Momen Xabiru Belajar Ngaji. Pinter Banget dan Bikin Gemas~

Xabiru belajar ngaji

Nama Xabiru Oshe Al-Hakim tentu udah nggak asing di telinga warganet terutama penyuka anak-anak. Biru, panggilan akrabnya, merupakan putra dari Selebgram Rachel Vennya dan Niko Al-Hakim yang jadi salah satu “keponakan online” warganet. Tingkah lakunya yang menggemaskan sukses menyihir para om-tante online terhibur.

Advertisement

Lahir pada 12 Desember 2017 lalu, Biru kini baru memasuki usia 2,5 tahun. Namun, meski usianya tergolong dini, orang tuanya udah mengenalkan dan mengajarkan agama kepada bocah kecil tersebut. Seperti dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tabrani dari Ali bin Abi Thalib RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Didiklah anak-anakmu atas tiga hal:  mencintai nabimu, mencintai ahli baitnya dan membaca Alquran. Sebab, orang yang mengamalkan Alquran nanti akan mendapatkan naungan Allah pada hari ketika tiada naungan kecuali dari-Nya bersama para nabi dan orang-orang yang suci.”

Seperti apa momen Xabiru belajar agama? Langsung simak aja yuk?

Momen saat Xabiru saat mengenal ahli bait alias keluarga Nabi Muhammad SAW. Biar nggak bosen, hafalannya diselingi aktivitas lain

Advertisement

Untuk urusan ilmu agama, Rachel dan Niko menyerahkannya kepada guru yang udah ahli, terutama yang udah mengerti cara mengenalkan kepada anak-anak yang masih berusia 2 tahun. Dilihat dari postingan Rachel, hafalan nama-nama keluarga Nabi Muhammad SAW nggak dilakukan secara text book melainkan sembari melakukan aktivitas lain. Sehingga sang anak nggak gampang bosan~

Selain belajar ahli bait, Biru juga udah diajarkan huruf Hijaiyah. Begini nih proses belajarnya~

Advertisement

Sama seperti sistem sebelumnya, Biru belajar huruf Hijaiyah juga nggak kaku. Ia menghafal huruf-huruf tersebut sembari memainkan karakter favoritnya, Mickey Mouse, dan juga melakukan sejumlah gerakan-gerakan unik. Pinter banget sih~

Meski udah nggak sama guru ngaji, hafalannya tetap dites sama Buna ya Bi~

View this post on Instagram

Masya Allah ❤️

A post shared by Rachel Al-Hakim (@rachelvennya) on

Selain belajar dengan guru ngajinya, Rachel juga sesekali mengetes hafalan Biru. Misalnya tentang Salawat seperti ini. Meski belum fasih pelafalannya, yang penting udah hafal bacaannya ya, Bi~

Selain dengan bermain, belajar sambil makan sepertinya juga efektif ya, Bi 😀

Di usianya yang baru dua tahunan, Xabiru juga udah dikenalkan dengan zikir, lo. Nggak cuma bacaan dalam Bahasa Arab, terjemahan dalam Bahasa Indonesia Biru juga udah hafal. Yang penting sambil ngunyah ya, Bi. Hihihi.

Selain hafalan, Biru ternyata juga udah belajar mengingat huruf Hijaiyah dalam bentuk tulisan, lo. Pinter banget!

View this post on Instagram

Belajar menulis, Masya Allah ☺️ #2Yearsoldbaby

A post shared by Rachel Al-Hakim (@rachelvennya) on

Selain dalam bentuk hafalan, guru ngajinya Biru juga udah mengenalkan huruf Hijaiyah dalam bentuk tulisan. Meski butuh kesabaran, tapi untuk anak-anak seusianya, Biru termasuk pintar, lo!

Selain sama Rachel, nenek Xabiru, Viens Tasman juga mengenalkan cucunya tentang ilmu agama sejak dini. Diikutsertakan salat misalnya

Bukan cuma bikin orang tuanya bangga, nenek Xabiru, Viens Tasman juga turut senang karena sang cucu udah belajar agama sejak dini. Lihat aja tuh, Biru ikutan salat sama Nenanya. Nggak cuma sebentar, Biru bahkan ikut salat dari awal sampai akhir. Duh, pinter banget sih~

Semoga Xabiru kelak benar-benar bisa menjadi anak soleh yang membanggakan orang tua, agama, dan bangsa ya Bi! Semangat belajar ngajinya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE