Rambut lepek dan mudah rontok ternyata jadi masalah yang paling ditakuti cewek-cewek berhijab. Meski rambutnya tidak terlihat, tapi bagi mereka masalah ini bisa mengganggu kenyamanan beraktivitas sehari-hari. Kadang, meski sudah sangat picky sama produk perawatan rambut, masalah satu itu tetap aja sulit dihindari. Padahal perawatan ke salon juga sudah rutin dilakukan, tapi rasanya kok sia-sia…

Banyak yang tidak sadar, kalau kebiasaan mengucir rambut ternyata justru jadi penyebab terkuat munculnya masalah tersebut lho. Apalagi kalau mengucirnya dengan model sama terus tiap hari. Bayangin aja rambutmu diikat dengan ikatan yang sama 7-8 jam sehari, bahkan lebih, selama 7 hari dalam seminggu. Mungkin kalau rambut bisa berontak, mereka sudah teriak-teriak tak karuan ya. Nah, buat menanggulanginya, kamu bisa lho mencontek 13 model ikatan rambut yang sudah Hipwee Tips rangkum berikut ini, biar rambut tidak jadi rusak dan lepek meski berhijab.

1. Selain bisa bikin rambut mudah patah, mengikat rambut terlalu kencang juga bisa mengganggu syaraf dan menyebabkan pusing. Sebagai gantinya, kamu bisa mencepol rambut semi acak-acakan gini

Kalau takut tambut keluar-keluar, tambahkan bando juga ya~ via www.vemale.com

2.  Varian cepol lainnya seperti di gambar ini juga bisa kamu terapkan. Masih santai dan tidak terlalu ketat, ‘kan?

Gaya cepol lain yang juga bikin rambut lebih ‘santai’ via www.pinterest.com

3. Ketimbang dikucir terus-menerus, mending coba bentuk ikatan lain, tidak harus dikucir semua rambutnya, kayak contoh di bawah ini~

Cuma ambil sebagian rambut dari samping kanan dan kiri terus ditarik ke belakang via www.vemale.com

4. Kalau kamu punya poni panjang, bisa juga ditarik ke belakang seperti ini. Tinggal pasang jepit buat menahan rambut biar tidak turun-turun

Bisa dicoba lho ini~ via sootelmasry.com

5. Buat pecinta bando, bisa juga nih coba style yang satu ini. Malah tidak perlu diikat rambutnya

Pakai bando via www.twgram.me

6. Hampir mirip sama bentuk di atas, cuma bedanya kalau ini rambut bagian samping harus dikepang dulu. Unik ya?

Bisa lebih rapi via ragamfashion.com

7. Bentuk kucir ala anak kecil ini ternyata juga bisa dicoba lho buat gonta-ganti model ikat rambut. Biar rambut juga tidak bosan~

Model ikat rambut anak kecil via today.line.me

8. Kalau ini varian lain dari kucir kuda. Lebih ringkas juga sih ya kalau dilihat-lihat, dibanding kucir kuda biasa

Varian lain kucir kuda via www.vemale.com

9. Kalau kamu punya rambut tipis dan pendek, model kepang samping kayak gini cukup menarik untuk dicoba

Tambahkan jepit atau bando kalau takut rambut bakal keluar-keluar via www.omundodelua.com

10. Nih, beberapa model kepang lain yang juga bisa kamu terapkan. Tapi kalau cuaca lagi panas, mending lupakan bentuk-bentuk ikat di bawah ini deh… Hehe

Bentuk-bentuk rambut kepang via journal.sociolla.com

11. Selain lebih rapi, kepang samping gini juga bisa bikin tengkuk leher lebih “dingin”, karena tidak tertutup rambut

Model kepang samping via www.vemale.com

12. Varian kepang lain yang bisa diterapkan adalah kepang dua sisi seperti gambar di bawah ini

Tambahkan jepit agar anak-anak rambut tidak keluar dari jilbab via www.luxyhair.com

13. Kalau kamu punya waktu lebih panjang buat dandan, bentuk sanggul gini juga patut dicoba lho

Asal telaten dan punya waktu lebih aja sih~ via journal.sociolla.com

Advertisement

Selain cara-cara di atas, sebenarnya kamu juga bisa memasukkan rambutmu ke dalam baju begitu aja. Meskipun mungkin rada risih bagi sebagian orang, tapi yang terpenting kan rambutmu jadi bisa istirahat sejenak. Tidak terus-terusan diikat rapat yang malah menimbulkan berbagai masalah rambut. Gimana? Tertarik coba yang mana nih kamu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya