“Udah pakai hijab bagus, tapi kok bentuk muka gini-gini aja ya. Malah nggak proporsional.”

Keluhan di atas mungkin kamu dan sebagian besar cewek alami saat memakai hijab, tapi tidak sesuai dengan bentuk wajah. Pada faktanya, tidak semua hijab itu cocok dipakai pada salah satu bentuk wajah, seperti hijab berbahan spandek yang kurang sesuai pada wajah bulat atau kotak.

Permasalahan sederhana seperti bagaimana memilih bahan hijab ini akan Hipwee Style bahas secara tuntas, supaya kebingungan tak lagi melandamu, cewek-cewek cantik yang berhijab.

1. Kamu yang punya rahang besar atau berwajah kotak, hijab berbahan spandek bukanlah pilihan yang tepat. Pilihah bahan katun, supaya bentuk wajah lebih proporsional.

biar lebih tirus, pakai hijab berbahan katun @joyagh via instagram.com

Bahan spandek yang lentur dan jatuh itu kurang pas jika dikenakan oleh wajah-wajah kotak atau berahang besar. Saking lenturnya, bahan spandek ini bisa menahan kontur pipi, sehingga wajah menjadi ‘maju’ dan terlihat tembem atau penuh.

Advertisement

Berbeda dengan bahan katun yang kaku, efek lancip akan muncul dan menampilkan kesan tirus pada wajahmu. Meski tidak perlu dimodifikasi macam-macam, hijab katun yang kaku ini akan selalu berhasil menghasilkan bentuk wajah yang lebih proporsional.

2. Sebaliknya, kalau kamu punya dagu yang terlalu panjang, bahan-bahan lentur seperti spandek sangat disarankan untuk hijabmu.

buat yang berdagu panjang nih @zaskiaadyamecca via instagram.com

Dagu yang terlalu panjang itu tak selamanya indah bagi sebagian orang. Ada juga yang kurang PD bahkan melakukan segala cara untuk menyamarkannya. Sama halnya dengan memilih bahan hijab, kamu yang berdagu panjang disarankan untuk memilih hijab berbahan spandek agar menyamarkan dagu dengan sempurna.

Apapun bentuk hijabnya nanti, bahan spandek yang lentur ini akan dengan sigap mengikuti alur wajah, sehingga dagu panjang yang kurang proporsional akan sedikit di samarkan.

3. Beruntunglah kamu yang punya wajah tirus, karena semua bahan hijab bisa kamu kenakan. Tapi, lebih cantik lagi kalau kamu pakai hijab berbahan satin ini, ya.

hijab satin lebih cantik @laudyacinthyabella via instagram.com

Wajah tirus itu dewa, dan hampir semua cewek mengharapannya. Berbagai bahan hijab pun akan sesuai, jika dikenakan kamu yang berwajah tirus. Namun alangkah lebih baik dan cantiknya, kalau bahan hijab yang dipilih adalah satin atau silk. Bukannya merubah bentuk wajah, tingkat kecantikanmu justru akan meningkat berkali-kali lipat.

Pun dengan hijab tebal berbahan rajut ini, akan lebih pas jika ‘mendarat’ di wajah tirus.

hijab rajut buat wajah tirus @ranihatta via instagram.com

4. Walaupun pipi tembem itu bikin gemas, tak semua bahan hijab bisa cocok untuk mempercantik wajah. Daripada hijab lain, lebih baik kamu memilih pashmina chiffon sebagai bahan andalan.

hai pipi tembem! pilih hijab chiffon aja yuk via instagram.com

Mengapa harus pashimna chiffon dibanding hijab lainnya? Ya. Bahan chiffon yang licin dan kaku akan mempermudahmu untuk membingkai wajah, meski tak begitu ahli dalam modifikasi hijab. Hijab pashmina juga akan memperindah penampilan karena lebih leluasa dibentuk, guna menyamarkan pipi tembem.

Tidak perlu macam-macam, dengan membentuknya melingkar di belakang dan oval di depan saja, kontur wajah yang jauh lebih tirus akan seketika kamu dapatkan. Cek tutorialnya di sini, ya.

5. Nah, supaya wajahmu yang kecil lebih bervolume, pilih saja hijab-hijab dengan bahan kasmir. Dijamin, penampilanmu akan lebih menawan dari biasanya.

ini nih buat yang mukanya kecil via instagram.com

Selain wajah bulat, bentuk wajah yang kecil juga sering mengurangi tingkat percaya diri. Kesan ‘tenggelam’ akan jelas kentara jika pemilihan bahan hijabnya kurang sesuai dan asal saja. Bentuk wajah yang kecil akan lebih proporsional, kalau volumenya ditambah dengan mengenakan hijab kasmir sebagai pilihan utamanya.

Meski sesuai juga untuk semua bentuk wajah, hijab dengan bahan kasmir ini akan lebih cocok jika ia yang berwajah kecil mengenakannya. Cara memakai hijabnya pun harus diperhatikan, ya. Bentuk lipatan-lipatan pada bagian atas kepala, agar bentuk proporsional bukan hanya sebatas mimpi.

6. Siapa nih yang jidatnya lebar alias jenong? Yuk pilih hijab berbahan paris saja supaya jenongmu terlihat lebih cute!

hello gadis jenong yang cantik! @zahratuljannah via instagram.com

Punya jidat yang lebar atau yang lebih dikenal dengan jenong memang susah-susah gampang. Dalam memilih hijab pun harus sesuai, karena berakibat cukup fatal jika asal saja. Sebenarnya, jenong yang kamu punya itu tak perlu disamarkan, tapi dipercantik saja dengan hijab-hijab berbahan paris yang kaku namun mudah dibentuk. Modifikasi bentuk hijab sesederhana mungkin juga sangat disarankan, agar jidat yang lebar tidak terlalu menonjol.

Biar nggak penasaran, kamu bisa contoh gaya Zahratul Jannah di Instagramnya. Psssst, dia juga punya jidat yang cukup lebar tuh 😛

Gimana? Nggak susah ‘kan milih bahan hijab yang sesuai dengan bentuk wajah? Asal teliti dan PD aja sih kuncinya. Selamat mencoba ya, Mb!