Pesta pernikahan tentu jadi momen membahagiakan bagi pasangan yang saat itu tengah diresmikan. Kamu yang hadir sebagai tamu di kondangan pun pasti ingin kehadiranmu berkesan. Hal ini nggak akan jauh-jauh dari penampilan kamu saat datang ke sana. Nggak boleh sembarangan, atau kamu mau jadi bahan tertawaan? Memang, perempuan pasti ingin datang dengan gaya berbusana yang sesuai kepribadian masing-masing, tapi tetep ada pakem yang kudu kamu perhatikan. Nih, simak baik-baik ya…

Hindari busana serba putih sebagai pilihan. Kamu mau dianggap saingan dan perebut suami orang? #ehh

kalau dipakai pas kamu ulang tahun sih nggak papa via 7-themes.com

Pakaian serba putih, apalagi gaun panjang berwarna putih dinilai haram bagi banyak orang untuk dikenakan saat pergi ke kondangan. Sebab, hal ini akan membuatmu seperti ingin menjadi saingan dari pengantin wanitanya. Belum apa-apa, kamu mau disebut perebut suami dia? Lebai sih ini, hehe. Kalau kamu memang suka warna putih, kamu bisa melengkapi penampilanmu dengan aksesoris yang lebih berwarna, atau kombinasikan dengan warna yang lebih cerah. Intinya, jangan cuma putih aja. Udah, jangan ngerusak hari bahagia orang.

Sahabat baik warna putih ialah warna serba hitam. Yang ini juga lebih baik untuk tidak kamu kenakan, mau disangka orang datang ke pemakaman?

hitam memang vintage dan elegan, tapi ya harus tahu dipakai pas kapan via g01.a.alicdn.com

Selain busana serba putih, pakaian serba hitam saat menghadiri resepsi pernikahan juga sama sekali kurang disarankan. Tahu sendiri kan kalau warna hitam begitu identik dengan pakaian berkabung? Kecuali, kalau kamu mampu mengkombinasikanna dengan warna terang dan ditambah menggunakan sepatu berwarna merah atau nude untuk memperbaiki penampilan supaya berkesan sopan. Ya kan kamu datang ke nikahan orang, bukan pemakaman. Masa kamu mau disangka nggak bahagia dengan menikahnya mereka? Aksesoris yang kamu gunakan akan lebih baik jika berwarna silver atau emas, supaya memberi kesan elegan.

Sekasual-kasualnya sebuah resepsi pernikahan, kamu bisa kali ya mengesampingkan celana jeans dulu. Kamu nggak mau disangka preman kan?

Advertisement

sebaru dan semahal apapun jeansmu, tetep nggak laku buat dateng ke nikahan via www.thecoast.net.nz

Walau resepsi pernikahan bersifat kasual, itu bukan berarti kamu bebas mengenakan celana jeans. Bisa kali kamu ganti dengan celana bahan yang potongannya tidak kaku dan lantas dipadankan dengan busana yang tidak terlalu formal. Ya nggak santai-santai banget, tapi jangan terlihat terlalu kak macam orang mau berangkat ke kantor juga. Hehehe

Walau kamu punya banyak stock pakaian motif animal print, tolong jangan sesekali memakainya ketika pergi menghadiri pesta pernikahan

mending jangan, sumpah jangan, plis jangan via datiyah.com

Apa kesan yang tercipta ketika kamu mengenakan busana atau dress dengan tema animal, seperti motif leopard atau zebra misalnya? Yap, seksi. Karena kesan seksi itulah, pakaian motif ini akan lebih cocok untuk kamu pakai pergi ke pesta di tengah malam. Percayalah, baju bermotif terlalu mencolok justru membuatmu terlihat aneh saat kondangan.

Walau kamu ingin terlihat wah, tolong jangan ekspos tubuhmu di sana, tak elok dipandang mata. Rok terlalu pendek dan baju terlalu ketat simpan dulu untuk party lainnya

tolong tolong akhlaknya tolong via i00.i.aliimg.com

Ada waktunya kok kamu mengenaka busana seksi nan terbuka, tapi bukan di resepsi nikahan. Percayalah, kamu akan dinilai salah kostum kalau memilih busana yang terlalu mengekspos tubuh macam ini. Ati-ati diomongin orang juga ya.. Terus jadi males ngundang kamu di nikahan mereka nantinya. Rok terlalu pendek pun jangan, jangan permalukan dirimu di depan banyak orang.

Meski dilarang menggunakan busana berwarna hitam nan kelam, kamu juga bukan berarti disarankan mengenakan busana berwarna ngejren macem neon ini. Apalagi pas malem hari, duh!

malem malem pakai begini, duh! via www.pinkboutique.co.uk

Warna-warna neon yang menyala seperti ini hendaknya nggak kamu masukkan dalam daftar busana untuk datang ke pesta pernikahan, apalagi kalau pestanya malam. Duh! Tapi, kalau kamu keukeuh pengen pake dan nggak punya baju lagi, yaudah, padukan dengan warna yang lebih netral seperti hitam atau abu-abu muda. Semoga tamu di sana nggak pada sakit mata ya…

Sequin dress atau busana yang penuh dengan aksen berkilauan juga sebaiknya kamu hindari. Lagi-lagi jangan jadi saingan mereka yang di pelaminan ya girls~

nggak gini juga sih caranya~ via content.rustinandmallory.netdna-cdn.com

Kasian pengantinnya dong ya kalau justru kamu yang jadi pusat perhatian di sana. Yang paling pas dikenakan saat kondangan ialah busana berwarna netral seperti cokelat muda, abu-abu, atau bahkan kain tradisional yang dipadukan dengan atasan berbahan satin kalau kamu malas menggunakan kebaya. Udahlah ya, main aman aja di nikahan orang.

Jadi, gimana? Sudah tahu mau kondangan sama siapa pakai baju apa? Nggak perlu mahal, asal sopan, nggak jadi saingan, dan tahu aturan. Supaya kalau temanmu yang lain nikah, kamu akan masuk dalam list daftar undangan. Atau justru ini niatmu pakai kostum aneh-aneh, biar nggak diundang dan nggak nyumbang? Hahahaa selamat hunting pakaian!