“Apaan tuh kuning-kuning, bergerak lagi…”

Anggapan aneh yang selama ini muncul terhadap pakaian warna kuning, ternyata nggak cuma mitos. Banyak di antara mereka yang nggak suka atau menghakimi warna kuning sebagai warna mencolok bahkan norak. Padu padan baju warna kuning pun masih awam untuk dipraktikkan karena faktor kurang PD dan nggak mau dianggap aneh. Tapi, warna kuning itu sebenarnya lucu, cantik dan ceria kok kalau dipadukan dengan langkah yang baik. Nggak percaya?

Advertisement

Kali ini, Hipwee tidak tinggal diam mengenai anggapan aneh kepada warna kuning, yang sebenarnya bisa memunculkan pesonamu berkali-kali lipat, dengan mix and match yang tepat tentunya. Here we go…

1. Tidak selamanya kuning itu mencolok. Pilih warna kuning pucat atau kalem biar pas dan tetap cocok.

pilihlah warna kuning yang kalem

pilihlah warna kuning yang kalem via kerridice.com

Warna kuning pucat ini berlaku untuk atasan, bawahan, aksesoris dan sepatu. Kuning pucat atau kalem cenderung memberikan efek tenang dan tidak mencolok. Menambahkan beberapa warna lain seperti hitam, putih atau cokelat pun tidak aneh dengan warna kuning pucat ini.

Kalau kurang PD, kamu bisa pilih warna kuning pucat yang mengandung motif atau sedikit aksen.

Walau pucat, tetep adem dilihat ‘kan?

pucat gapapa, yang penting adem dilihat

pucat gapapa, yang penting adem dilihat via instagram.com

2. Penampilan sempurna nan casual tetap bisa kamu wujudkan dengan warna kuning. Blouse kuning motif bunga inilah solusinya.

akali dengan motif bunga saja

akali dengan motif bunga saja via styledutchman.blogspot.com

Advertisement

Siapa bilang kalau mau terlihat casual itu harus mahal dan didominasi warna-warna netral? Kini, kamu juga bisa tampil casual dengan blouse warna kuning bermotif bunga ini. Adanya kancing dan kerah yang menunjukkan kesan santun, akan mendukung usahamu untuk terlihat lebih casual.

Padukan dengan skirt panjang atau celana jeans warna hitam, supaya tidak terlalu terang dan tetap sederhana.

3. Paling nyaman emang pakai kaus. Di rumah atau sedang bersantai juga bisa kamu lengkapi dengan simple yellow top satu ini.

paling nyaman pakai kaus deh

paling nyaman pakai kaus deh via bonobo-alive.org

Saat weekend atau mau ‘mager’ di rumah saja, kamu tidak perlu repot mempersiapkan baju apa yang sekiranya cocok. Pakailah baju longgar dengan bahan nyaman dan tak mengganggu niat bersantaimu. Seperti simple yellow top atau kaus oblong kuning yang sederhana ini.

Kaus oblong berwarna cerah itu nggak cuma nyenengin pas dilihat, tapi juga adem banget waktu dipakai.

Mumpung weekend pakai kaus aja, Neng…

mumpung weekend pakai kaus

mumpung weekend pakai kaus via instagram.com

4. Tenteng pula tas kecil berwarna kuning ini saat pergi ke acara formal atau kondangan. Dijamin jadi pusat perhatian deh!

tenteng tas kecil berwarna kuning

tenteng tas kecil berwarna kuning via chictopia.com

Untuk soal busana atau baju yang akan kamu kenakan ke acara formal semacam kondangan, warna-warna gelap memang yang dianjurkan. Selain elegan, warna gelap juga menandakan kalau kamu sopan. Nah, kalau baju yang kamu kenakan ini sudah gelap, berikan sedikit ‘kejutan’ dengan menjinjing tas atau dompet kecil berwarna kuning. ‘Kan cakep tuh, kalau ada yang menerangi di antara kegelapan ~

Dominasi warna gelap dan tas warna kuning buat yang berjilbab…

tas kuning terlihat bagus dengan busana hitam

tas kuning terlihat bagus dengan busana hitam via pinterest.com

5. Main ‘tabrak’ warna juga boleh, kok. Coba saja bereksperimen dengan warna kuning dan biru tua. Pasti cakep tuh.

main tabrak warna yuk

main tabrak warna yuk via mixandmatchfashion.com

Kuncinya PD aja sih, ya. Main ‘tabrak’ warna yang sebetulnya sah-sah saja ini bisa kapan saja kamu praktikkan asalkan sesuai dan pas dengan kebutuhan. Misalnya, kamu tidak perlu menabrak lebih dari dua warna jika pergi ke acara-acara formal atau semi formal. Atau, kamu boleh menabrak warna kuning dan warna cerah lainnya ketika akan menghabiskan waktu ke mall atau ke pantai. Intinya, ngaca dan sesuaikan baik-baik dulu sebelum kamu main ‘tabrak’ warna ini, ya.

Ini dia daftar warna yang bisa kamu ‘tabrakan’ dengan warna kuning :

  • kuning & biru tua
  • kuning & hitam
  • kuning pucat & hitam
  • kuning & putih
  • kuning & hijau muda

Berhijab, bukan halangan untuk main ‘tabrak’ warna.

berhijab main tabrak warna? boleeeehh

berhijab main tabrak warna? boleeeehh via biutifa.com

6. Buat yang berkulit gelap atau cokelat, kamu tidak dianjurkan untuk memakai warna kuning terang. Sedikit keoranye-oranyean juga bagus, kok.

kuningnya yang tua ya

kuningnya yang tua ya via pinterest.com

Dalam rangka mempercantik diri, kamu yang memiliki kulit gelap atau cokelat tak boleh asal dalam memadukan warna kuning. Warna cerah seperti kuning ini bisa saja menonjolkan beberapa kekurangan, yang tidak ingin kamu perlihatkan pada dunia luar. Bintik atau bekas luka pada kulit, misalnya.

Tapi, ada cara sederhana supaya kamu tetap bisa menambahkan aksen kuning pada baju atau pakaianmu, biar nggak terlalu mencolok. Pilih saja baju-baju kuning yang tidak terang dan cenderung pada warna oranye atau keoranye-oranyean.

Yang berhijab, atasan kuning tua ini bisa dicoba.

buat yang berhijab, atasan kuning tua ini bisa dicoba

buat yang berhijab, atasan kuning tua ini bisa dicoba via talkativetya.com

7. Kelihatan lebih feminin dan awet muda itu bisa, sesederhana memadukan warna kuning dengan warna hitam. Ulala ~

biar tampil awet muda ~

biar tampil awet muda ~ via pinterest.com

Dress kuning panjang dan jaket jeans hitam, cocok buat mbak-mbak berhijab.

dress kuning plus jaket jeans, oke juga

dress kuning plus jaket jeans, oke juga via scanfree.com

Warna kuning itu memang cewek banget. Ranking untuk warna ini pun hampir sejajar dengan merah muda yang berada pada tingkat pertama. Dari fakta ini, kamu bisa memanfaatknnya dengan paduan dress hitam plus outer kuning yang nggak biasa. Tambahkan juga ikat pinggang berukuran kecil, supaya tambah manis. Sebaiknya, kenakan mix and match super cantik ini saat ke acara semi formal, ya.

8. Sudah saatnya kamu move on dari sepatu warna hitam. Padu padan atasan netral dengan sepatu kuning pun bisa jadi andalan.

saatnya move on dari sepatu hitam!

saatnya move on dari sepatu hitam! via sskodesigns.com

Kalau kamu bosan dengan sepatu hitam atau itu-itu saja. Sudah saatnya kamu mencoba hal baru dengan memakai sepatu kuning sebagai pelengkap outfitmu sehari-hari. Tidak harus high heels atau wedges, sneakers atau sandal biasa juga bisa menunjang penampilanmu. Jangan lupa, baju dan celanamu juga harus disesuaikan, ya. Kenakan atasan dan bawahan berwarna netral seperti hitam, putih atau cokelat muda biar nggak mirip toko baju berjalan. Hihi.

Warna kuning itu cantik, kayak kamu, iya kamu ~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya