Desainer Indonesia Rancang Busana Mrs World 2022, Raih Best National Costume!

Fashion designer Indonesia adaptasi konsep wujud ular cobra

Acara kontes kecantikan nggak hanya mendongkrak kemampuan para model untuk melenggang di panggung runway dan membagikan pengalamannya saja lo, tapi acara ini juga menjadi kesempatan bagi para desainer untuk menampilkan karyanya. Para desainer yang biasa bekerja di balik layar bisa mendapatkan kesempatan untuk menampilkan hasil rancangannya di ajang kontes kecantikan.

Advertisement

Salah satunya, Eggie Jasmin, desainer asal Indonesia yang karyanya berhasil meraih gelar Best National Costume di ajang Mrs World 2022 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Kostum megah tersebut dikenakan oleh perwakilan India, Navdeep Kaur. Kira-kira seperti apa ya detail kostum terbaik tersebut? Yuk simak selengkapnya di ulasan berikut ini!

Desainer Eggie Jasmin rancang busana untuk wakil India di ajang Mrs World 2022

Karya desainer Indonesia

Karya desainer Indonesia | Credit @mrsindiainc on Instagram

Dilansir dari laman liputan6, pertemuan antara Eggie dengan petinggi Mrs India Inc, Mohini Sharma berawal dari ketertarikan Sharma pada hasil karya Eggie yang dikenakan oleh Jihane Almira di ajang Miss Supranational 2021. Sejak mengetahui bahwa kostum tersebut dirancang olehnya, Sharma pun langsung menghubungi Eggie secara langsung.

Sharma memutuskan untuk mempercayakan Eggie merancang kostum yang akan dikenakan oleh perwakilan India di ajang Mrs World 2022 yang puncak acaranya berlangsung pada, Sabtu (15/1). Awalnya pihak Mrs India Inc meminta desain busana yang terinspirasi dari Dewi Durga, namun karena alasan satu dan lain hal, Eggie mengajukan konsep yang sedikit berbeda.

Advertisement

Eggie mengatakan bahwa pihak Mrs India Inc telah menyerahkan keseluruhan ide kepada dirinya karena keterbatasan waktu. Setelah itu proses diskusi dilakukan secara daring dan rancangan akhir disetujui pada pertengahan bulan Oktober 2021. Busana pun selesai dikerjakan pada akhir bulan November 2021.

Ia mengadaptasi konsep Kundalini Shakti berwujud ular cobra

Karya desainer Indonesia

Karya desainer Indonesia | Credit @mrsindiainc on Instagram

Kostum nasional India mengusung konsep yang terinspirasi dari Kundalini Shakti atau Cakra Aura. Kundalini Shakti sendiri merupakan bentuk energi positif yang disalurkan melalui pikiran dan digambarkan dalam wujud ular kobra. Ular ini pun berperan penting dalam sejarah mitologi di India.

Advertisement

Selanjutnya, Eggie juga menjelaskan detail dari rancangan busana buatannya. Ia menggunakan material premium, yakni menggunakan kain fabrikasi korean sequin gold metallic yang menyerupai sisik ular dengan penambahan aksesori ukir untuk bagian klat bahu dan tangan. Untuk bagian tangan, Eggie menggunakan taburan 50 ribu diamond rhinestone.

Beralih ke riasan leher dan kepala, Eggie menyematkan crystal choker dengan motif ukiran kepala ular kobra yang dibalut kristal dan mutiara. Sedangkan hiasan kepala mengadopsi bentuk kepala ular kobra dengan taburan diamond rhinestone dan mutiara.

Untuk bagian tongkat, boots dan jubah, Eggie menggunakan material dan motif yang sama dengan baju, hanya terdapat sedikit penambahan renda bordir paisley bertabur diamond rhinestone untuk bagian jubah.

Ternyata di balik kemegahan kostum tersebut, terdapat banyak sekali taburan kristal dan mutiara, ya. Sekali lagi, selamat untuk Eggie Jasmin dan pihak Mrs India Inc karena telah berhasil meraih gelar kostum terbaik di ajang Mrs World 2022. Semoga selalu menginspirasi!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE