Dunia fashion dan style cukup dikagetkan dengan menjadi terkenalnya seorang cewek berusia 25 tahun bernama Harnaam Kaur asal Slough, Inggris. Cewek satu ini menjadi viral karena penampilannya yang tak lazim. Sebagai cewek, dia mempunyai jambang dan jenggot yang lebat di dagunya serta kumis tipis di atas bibirnya. Nyaris tidak ada kesan feminin yang tampak di wajahnya.

Penampilannya yang jauh dari cewek kebanyakan membuatnya sering mendapatkan bully dari orang-orang di sekitarnya maupun orang yang baru ditemuinya. Tak jarang, orang bahkan langsung meminta foto saat bertemu di jalanan hanya karena melihat jenggotnya yang unik. Namun, hal itu tak membuatnya mengurung diri karena malu. Justru penampilannya yang unik inilah yang membuatnya banyak menerima pujian, diundang ke berbagai acara, menjadi aktivis dan mendapatkan rekor. Style-nya pun tak luput dari sorotan, lho! Ingin tahu lebih banyak tentang Harnaam Kaur? Ini dia profil singkatnya!

Masa puber menjadi masa yang paling mengerikan bagi Harnaam Kaur. Cacian dan makian adalah makanannya sehari-hari

“Mereka pernah mengejek dan menyebut saya sebagai ‘lelaki’, ‘seekor binatang’, ‘raksasa’ gara-gara jambang ini,” ujar Kaur kepada The Guardian.

Penampilannya yang memang tak lazim membuatnya sering dibully oleh teman-temannya. Dia merasa hidupnya seperti di neraka, tidak bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan merasa bahwa tidak bisa berprestasi sesuai kemampuan. Kaur juga menjadi benci terhadap tubuhnya sendiri.

Berbagai macam cara dilakukan untuk melenyapkan rambut yang tumbuh di wajahnya tersebut

Pengen dipotong 🙁 via www.instagram.com

Advertisement

Harnaam Kaur mengaku pernah melakukan waxing, mencabut dan mencukur jambang yang tumbuh di wajahnya tersebut. Ia memangkasnya setiap hari dan bahkan pernah menggunakan krim perontok rambut. Akibatnya, kulit menjadi kasar, meradang dan ada bagian kulit yang mengelupas ketika melakukan waxing. 

Saking depresinya, bunuh diri sempat menjadi pilihan ketika semuanya tak kunjung membaik

Suatu hari, Harnaam Kaur memutuskan untuk bunuh diri dengan menelan pil. Namun, dia membatalkan rencana tersebut. Hal ini menjadi titik balik dalam hidupnya. Dia sadar akan pikiran negatif yang selama ini hinggap dalam dirinya. Kaur akhirnya mengubah semua energi negatif itu menjadi energi positif dan kemudian merengkuh kehidupan. Ia ingin menjalani kehidupan yang bahagia. Cewek yang memeluk agama Sikh ini memutuskan untuk mempertahankan jambang yang tumbuh di wajahnya dan menerima keadaan tubuhnya apa adanya.

Energi positifnya berdampak luar biasa, ada banyak kesempatan baik yang kemudian datang pada diri Harnaam Kaur

Banyak mendapat undangan via www.instagram.com

Kaur kini menjadi Body Confidence dan Anti Bullying Activist. Ia kerap diundang sejumlah media cetak dan online untuk membagikan pengalamannya melawan isu-isu berat badan, bentuk tubuh, dan percobaan bunuh diri. Ia juga membantu puluhan wanita yang mendapatan perlakuan bully karena bentuk tubuhnya untuk lebih mencintai keadaan dan keunikannya. Melalui Instagram-nya yang memiliki lebih dari 70 ribu followers, Harnaam Kaur juga melakukan kampanye tentang anti bullying dan juga body confidence.

Harnaam Kaur juga berkesempatan berjalan di catwalk London Fashion Week

Harnaam Kaur di London Fashion Week via www.instagram.com

Harnaam kaur Got Sweet revenge on her bullies by killing it in her first Fashion show!mix.com

Lewat akun Instagram-nya, Kaur mengucapkan rasa bangganya bisa ikut andil dalam London Fashion Week dan menjadi pembuka di fashion show Marianna Harutunian, seorang designer perhiasaan kenamaan. Dia juga terharu atas apa yang telah dicapainya sekarang, mengingat dulu hanya cibiran dan makian yang diterimanya setiap hari.

Prestasi terbarunya, Kaur dinobatkan sebagai pemegang rekor perempuan termuda yang memiliki jambang penuh

Pemegang rekor via www.instagram.com

Menurut Guinness World Records 2017, Harnaam Kaur dinobatkan menjadi pemegang rekor perempuan termuda yang memiliki jambang penuh. Tentunya ini menjadi kebanggan tersendiri untuk Kaur.

Penampilan Harnaam Kaur yang unik ini tentunya bukan tanpa sebab, Ia mengalami sindrome PCOS. Apa itu?

Sindrome PCOS via www.instagram.com

Gangguan sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS) memiliki berbagai gejala, antara lain haid yang tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebihan sehingga tumbuh kumis, bahkan jenggot, dan tumbuh jerawat berlebih.

Cewek yang mengalami PCOS memiliki ovarium yang mengandung beberapa cairan yang disebut folikel. Ovarium yang normal hanya mengandung satu folikel yang akan matang dan pecah menjadi menstruasi. Lewat pemeriksaan USG folikel ini bisa terlihat. Kondisi ini juga bisa menyebabkan kadar hormon androgen dalam tubuh tinggi. Androgen adalah hormon laki-laki yang juga dibuat oleh tubuh cewek. Kadar hormon ini yang tinggi bisa memengaruhi perkembangan dan pelepasan sel telur pada masa ovulasi.

Meski sempat putus asa karena berbeda dari cewek kebanyakan dan menerima cibiran saat masa remaja, Harnaam Kaur bangkit untuk melawan rasa malunya. Pikiran yang positif ternyata merubah segalanya. Kini ia bisa membuktikan kepada dunia bahwa memiliki kekurangan bukanlah halangan untuk bisa berprestasi dalam bidang masing-masing. Jika kamu punya cerita yang lebih kurang sama, kekuatan Harnaam Kaur layak untuk ditiru. Jangan pedulikan omongan orang, tapi buktikan bahwa kamu bisa lebih dari mereka.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya