5 Jenis Kain Ciput yang Nyaman. Nggak Bikin Kepala Pusing dan Gerah!

Salah satu kunci agar hijab tetap rapi seharian adalah memakai ciput atau dalaman hijab. Namun, memakai dua lapis kain mungkin bisa saja membuat kepalamu pusing atau gerah. Di sisi lain, waktumu akan tersita hanya untuk merapikan anak rambut yang keluar atau kain hijab yang bergeser karena nggak pakai ciput dari dalam.

Advertisement

Untuk menyiasati masalah tersebut, kamu perlu memilih bahan ciput yang tepat. Nggak semua kain ciput memiliki tingkat kenyamanan yang sama. Berikut ini Hipwee Style bakal kasih 5 rekomendasi jenis kain ciput yang nyaman tanpa khawatir kepala pusing.

1. Ciput bahan spandeks, nggak bikin kepala pusing

Ciput bahan spandeks

Ciput bahan spandeks | Credit by Fitinline

Ciput yang terlalu ketat bisa bikin kepalamu pusing. Namun kalau terlalu longgar malah bikin hijab nggak rapi. Nah, solusinya adalah pakai ciput dengan bahan spandeks. Bahan ini memiliki tingkat kelenturan yang tinggi sehingga bisa mengikuti bentuk kepalamu.

Tekstur kainnya pun licin. Kain hijab di atasnya bakal lebih gampang diatur dan hasilnya jauh lebih rapi. Selain itu, karena sifatnya yang elastis, bahan spandeks nggak gampang melar meskipun sering dipakai sehari-hari.

Advertisement

2. Ciput bahan jersey, nyaman dipakai saat olahraga

Gamis bahan jersey

Gamis bahan jersey | Credit by Gamis Triniti

Olahraga membutuhkan banyak gerakan. Biar nggak gerah, kamu perlu pakai ciput yang lebih longgar berbahan jersey. Dengan begitu, sirkulasi udara ke kepala selama berkeringat pun nggak terhalang.

Bahan jersey terbuat dari kain cotton strech yang memiliki dua macam serat kain yaitu serat kapas dan serat lycra atau spandex. Campuran spandex membuat bahan jersey jauh lebih elastis. Selain itu, bahan ini punya kelebihan dalam menyerap keringat sehingga tetap adem dan sejuk ketika digunakan.

3. Ciput bahan katun, pilihan paling aman untuk yang pengen ekstra nyaman

Ciput bahan katun

Ciput bahan katun | Credit by Fitinline

Advertisement

Bahan katun udah terkenal dengan tekstur kainnya yang lembut karena berasal dari serat alami tumbuhan kapas. Tekstur itu pula yang menghindarkan kamu dari iritasi dan kegerahan saat memakainya.

Nggak cuma cocok untuk bahan pakaian, katun juga cocok untuk bahan inner hijabmu. Salah satu kelebihan bahan ini adalah ampuh menyerap keringat. Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir kulit kepala terasa lembap walapun seharian mengenakan ciput berbahan katun.

4. Ciput bahan rajut, lebih tipis tapi tetap elastis

Ciput bahan rajut

Ciput bahan rajut | Credit by Fitinline

Dibandingkan dengan kain tenun lainnya, kain rajut memiliki tingkat elastisitas paling tinggi. Kain rajut gampang meregang dan kembali ke bentuk semula.

Ciput berbahan rajut pun sering didesain dengan lebih tipis. Dengan sifatnya yang elastis dan tipis, kamu jadi seakan nggak memakai ciput saking nyamannya. Bahan ini juga nggak menekan area kepala tapi tetap kokoh menahan kain hijabmu agar tidak bergeser ke mana-mana.

5. Ciput bahan polyester, dengan lubang pori-pori yang anti panas

Ciput bahan polyester

Ciput bahan polyester | Credit by Haute Hijab

Satu lagi solusi untukmu yang nggak ingin kegerahan saat pakai ciput, pilihlah ciput berbahan polyester. Ciput jenis ini biasanya dilengkapi dengan kain yang tipis dan berongga untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

Untuk menghasilkan pori-pori anti panas, maka akan dipakai tipe polyester Lacoste PE Pique. Selain itu ada juga yang memakai tipe woven dengan tekstur yang lebih halus.

Nah, itu tadi deretan bahan-bahan ciput yang bisa kamu coba agar terhindar dari rasa gerah. Selain nyaman, beberapa di antaranya juga ampuh untuk menjaga hijabmu tetap rapi seharian. Tertarik mencoba?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE