Memakai kacamata di era digital ini, sering dikaitkan dengan penyakit-penyakit yang disebabkan durasi berlebihan ketika menggunakan gadget atau komputer. Faktor genetik pun tak luput dari pandangan orang kepada mereka yang berkacamata. Namun dalam hal fashion, mereka yang berkacamata khususnya cewek-cewek juga bisa tampil oke dan cantik meski mengenakan kacamata. Tampil santun nan rapi dengan jilbab pun bukan halangan bagi mereka, yang merasa terganggu dengan kacamata.

Di sini, Hipwee akan memberikan beberapa tutorial berjilbab khusus bagi kalian cewek-cewek berkacamata. Supaya niat berjilbab kalian makin mantap dan tidak sama sekali terganggu oleh kacamata. Baca sampai selesai, ya!

1. Kacamata takkan lagi jadi penganggu, asal bentuk dan bahan jilbabmu sesuai. Pilihlah jilbab berbahan katun atau satin yang kaku tapi tetap halus.

Advertisement

Dengan membentuk jilbabmu menjadi lancip dan oval, nggak cuma nyaman aja yang akan kamu rasakan tapi juga efek tirus dari pipi yang chubby. Bentuk jilbab seperti biasanya dan letakkan tepat diujung alis agar letak kacamata tak mengganggu pandangan. Perhatikan juga bahan jilbab yang akan kamu gunakan, pilihlah jilbab dengan bahan kaku namun lembut seperti katun atau satin.

Untuk menghindari kegagalan, usahakan pakai kacamata dengan bentuk yang tak terlalu besar dan lebar agar jilbabmu pun terbingkai sempurna.

2. Supaya tambah leluasa bergerak, kamu bisa menggunakan ciput ninja sebagai dasar jilbabmu. Tak perlu ribet, cukup lilitkan beberapa bagian jilbab saja, kok.

lilitkan beberapa bagian saja

lilitkan beberapa bagian saja via pesonahijab.net

Jika kamu punya cukup waktu untuk berdandan, pilihlah ciput ninja sebagai dasar dari jilbabmu. Ini sangat berguna buat memberikan ruang gerak yang leluasa ketika kamu beraktivitas menggunakan jilbab. Kacamatamu pun takkan tertahan oleh kencangnya jilbab dengan model yang satu ini. Pilih juga jilbab dengan bahan yang lentur seperti kashmir, spandek atau haycon supaya mudah dibentuk dan dililit. Di sini, kamu bisa memilih kacamata dengan bentuk bebas karena takkan berpengaruh pada tampilan wajah.

3. Buat yang nggak suka pashmina, jilbab paris pun bisa dibentuk sesuai dengan porsi wajahmu yang berkacamata.


Karena memakai jilbab sesuai dengan bentuk wajah itu gampang-gampang susah, kamu harus berhati-hati dalam membentuknya. Pakailah jilbab paris yang tak begitu kaku supaya kamu yang newbie tidak kesulitan ketika mengaplikasikannya. Kenakan juga kacamata dengan ukuran standart agar terlihat elegan dan jauh dari kesan aneh.

Advertisement

4. Tampil sedikit lebih formal dan feminin dengan model turban ini. Nggak cuma cantik, model ini juga paling pas buat memaksimalkan aura Mbak-mbak berkacamata.

model turban, ulala~

model turban, ulala~ via fashiionhijabmodern.blogspot.com

Ketika berkesempatan untuk datang ke kondangan, pesta atau acara formal lainnya, tak ada salahnya kamu meluangkan sedikit waktu untuk bereksplorasi dengan jilbab dan kacamatamu. Buatlah jilbab dengan model yang tak biasa seperti turban yang sedang banyak digandrungi ini.

Tentukanlah warna jilbab yang tak kontras dengan busana yang akan kamu kenakan agar tidak seperti ‘jemuran berjalan’ ketika sampai di acara formalmu. Jangan lupa kenakan juga ciput ninja berwarna gelap untuk menyesuaikan dengan kaca matamu nanti.

5. Ngampus atau ke tempat kerja nggak perlu kaku dan gitu-gitu aja dengan tutorial simpel ala cewek berkacamata ini.

ngantor atau ngampus, ayuuk aja!

ngantor atau ngampus, ayuuk aja! via blog.shopious.com

Tanpa mengurangi tampilan sopan sedikitpun, tutorial pashmina ini justru membuat kamu yang berkacamata terlihat modis dan rapi. Dengan tak melupakan ciput ninja sebagai dalamannya, kamu bisa leluasa berkreasi dengan jilbab dan kacamata. Kalau bosan menyelipkan kacamatamu di dalam ciput, kini kamu bisa menampilkannya tanpa melorot sama sekali.

PS : pilih jilbab berbahan lentur dan strecth seperti spandek jersey. Menambahkan bros pun dianjurkan di sini untuk lebih mempercantik.

6. Walau berkacamata, terlihat chic saat hangout atau kencan bersama pasangan tak mustahil lagi. Sekali-kali bolehlah tampil ala-ala hijabers gitu…

sekali-kali bergaya lah...

sekali-kali bergaya lah… via bajumuslimpengantin.com

Untuk tutorial yang satu ini, sebaiknya kamu memilih pashmina berbahan licin seperti shifon atau haycon biar efek ‘jatuhnya’ jelas kentara. Kamu pun masih harus setia dengan ciput ninja dalam rangka mempermudah dalam proses pembentukannya. Cari dan pakailah ciput ninja yang tidak terlalu ketat agar kacamatamu tak tertahan dan meninggalkan bekas di wajah setelah dilepas.

7. Terlihat lebih bervolume dengan pashmina kashmir dan kacamata juga bisa kamu terapkan, demi penampilan yang jauh lebih elegan.


Permasalahan paling umum yang dialami cewek berkaca mata adalah, susahnya membentuk jilbab yang sesuai dengan kontur wajah. Contohnya, jika jilbabmu terlalu ‘tipis’ dan kurang bervolume namun ukuran kacamatamu terlalu besar, ini akan sangat mengganggu karena wajahmu akan terlihat penuh dibagian atas dan kurang presisi pada bagian bawahnya. Sesuaikan bentuk kacamata dan jilbabmu kalau kamu mau menghasilkan tampilan elegan plus bentuk wajah bervolume ideal.

Pakai kaca mata itu bukan kekurangan, girls. Nikmati fase berkacamatamu dengan ketujuh eksplorasi jilbab dari Hipwee tadi, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya