Mengenal Squalane, Kandungan Skincare Pengunci Kelembapan yang Lagi Naik Daun

Salah satu kunci untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat adalah dengan menjaga kelembapannya. Makanya nggak heran, lebih banyak orang yang berinvestasi ke produk skincare yang bertujuan melembapkan dibandingkan dengan tujuan lain sebut saja seperti anti aging.

Advertisement

Ngomongin soal melembapkan, kandungan yang paling dikenal selama ini adalah hyaluronic acid. Kandungan itu udah jadi primadona bagi banyak produk untuk menghidrasi kulit wajah. Hyaluronic acid memang ampuh mengikat air sampai seribu kali lipat dari berat aslinya. Namun belakangan, muncul satu bahan baru yang tengah naik daun, yakni squalane.

Squalane juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan sudah mulai banyak dipakai di berbagai produk perawatan wajah. Yuk, simak lebih dalam tentang kandungan satu ini!

Squalane berasal dari hati ikan hiu. Hasil konsentrasi tinggi dari hati tersebut dipakai ke dalam produk perawatan kulit

Squalene berasal dari hati ikan hiu

Squalene berasal dari hati ikan hiu | Photo by Marcelo Cidrack on Unsplash

Dilansir dari Allure, kandungan squalane alami dapat ditemukan di hati ikan hiu. Minyak hati dengan konsentrasi tinggi itu merupakan salah satu sumber yang paling banyak dipakai untuk produk perawatan kulit.

Advertisement

Namun, pemakaian minyak hati ikan hiu itu nggak dilanjutkan karena proses pengambilannya dinilai berbahaya. Dunia medis dan perusahaan biotek pun mulai merancang cara yang lebih aman serta ramah lingkungan untuk memperoleh squalane. Mereka memanfaatkan tumbuhan seperti memfermentasi tebu, zaitun, dedak padi, biji bayam, dan bibit gandum.

Tubuh manusia juga punya kandungan squalene. Namun, bukan itu yang dicampurkan ke produk skincare

Kulit manusia juga memproduksi squalene

Kulit manusia juga memproduksi squalene | Photo by Fleur Kaan on Unsplash

Sebelum lanjut, ada baiknya kamu memahami perbedaan antara squalane dan squalene. Meskipun cuma beda satu huruf, pemahaman ini penting lo sebelum kamu mulai memakai kandungan ini.

Advertisement

Squalene dengan huruf ā€˜eā€™ diproduksi secara alami oleh tubuh makhluk hidup. Mengutip dari laman SehatQ, squalene pada tubuh manusia dihasilkan oleh kelenjar kulit dan merupakan komponen penyusun sebum (minyak). Maka dari itu, kandungan ini berperan penting untuk membuat kulitmu senantiasa lembap.

Kandungan squalene alami dari makhluk hidup nggak bisa langsung dimasukkan ke produk skincare. Alasannya, kandungan tersebut tidak stabil sehingga belum bisa dimanfaatkan apabila dikonsumsi dari luar. Nah, untuk menstabilkannya maka dilakukanlah proses hidrogenasi. Hasil akhir dari proses itulah yang dinamakan squalane dan udah aman untuk dipakai ke dalam produk skincare.

Squalane meniru cara kerja minyak alami kulit sehingga ampuh menjaga kelembapan dari luar

Ampuh jaga kelembapan dari luar

Ampuh jaga kelembapan dari luar | Photo by Poko Skincare on Unsplash

Kalau manusia bisa menghasilkan squalene alami, lalu kenapa harus repot-repot memakai kandungan yang sama dari produk skincare? Sayangnya, produksi squalene sama dengan kolagen, akan menurun seiring kamu bertambah umur. Puncak produksi squalene terjadi pada masa-masa remaja dan mulai menurun perlahan saat kamu berusia 20 atau 30-an. Makanya, perlu banget untuk tetap menjaga kelembapan dari luar agar kulitmu nggak kering.

Dilansir dari Elle, dermatolog dr. Ibrahimi mengungkap bahwa squalane diibaratkan sebagai pelindung yang melapisi kulit dan menjaga kelembapannya. Kandungan ini bekerja layaknya minyak alami kulit dan memiliki sifat emolien. Squalane akan membentuk lapisan minyak tipis untuk mencegah menguapnya air dari lapisan luar kulit.

Selain melembapkan kulit wajah, squalane juga berguna untuk kesehatan kulit badan dan rambut

Menjaga kesehatan rambut

Menjaga kesehatan rambut | Photo by Adam Winger on Unsplash

Squalane juga memiliki sifat antioksidan dan antitumor, seperti yang dilansir dari SehatQ. Kandungan ini mampu melindungi kulitmu dari karsinogen (zat pemicu kanker), mendetoksifikasi kulit, dan meningkatkan produksi kolagen.

Squalane nggak cuma ditemukan dalam produk perawatan wajah. Pada dasarnya, kandungan ini punya manfaat yang sama ketika diaplikasikan ke kulit badan dan kulit kepala sehingga dapat ditemui dalam produk perawatan badan dan rambut.

Untukmu yang punya keluhan eksim, squalane mampu membantu menenangkan reaksi kemerahan dan gatal yang meradang. Untuk menjaga kesehatan kulit kepala, kamu bisa coba mengoleskan minyak squalane dan pijat lembut ke rambut serta kulit kepala. Ini akan membantu menguatkan helaian rambut dan melindunginya dari kerusakan.

Sebagai pelindung kelembapan, pakailah squalane di tahap terakhir skincare routine

Pakai di step terakhir skincare routine

Pakai di step terakhir skincare routine | Photo by Content Pixie on Unsplash

Squalane bisa digunakan untuk semua tipe kulit bahkan yang sensitif sekalipun. Sifatnya yang non-comedogenic nggak akan menimbulkan masalah baru untukmu yang berjerawat. Meski begitu, kandungan ini memang paling berguna untuk yang berkulit kering.

Kamu bisa menemukan kandungan squalane di berbagai produk skincare seperti serum, pelembap, dan face oil. Karena sifatnya yang melindungi, gunakan produk ini di step terakhir untuk mengunci kelembapan. Namun, ini juga tergantung pada squalane yang kamu gunakan terdapat di produk apa. Kalau dipakai pada pagi atau siang hari, jangan lupa oleskan tabir surya ya!

Nah, itu tadi ulasan tentang kandungan squalane yang tengah naik daun ini. Kandungan ini layak kamu pertimbangkan demi skin barrier yang lebih sehat!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE