Mengenal Praktik Mindful Skincare yang Bikin Kamu Hargai Proses ‘Glowing’

Mindful Skincare

Praktik Mindfulness atau mindful merupakan salah satu cara agar kita dapat hidup dengan penuh kesadaran terhadap sekeliling terutama diri kita sendiri. Praktik mindfulness nyatanya bisa diterapkan hampir di segala aspek kehidupan, bahkan diantaranya menggunakan skincare atau kulit wajah.

Advertisement

Dengan praktik mindfulness ini kita bisa menggunakan rutinitas skincare dengan kesadaran dan pemikiran penuh terhadap rutinitas tersebut. Praktik ini tentunya membuat kita lebih perhatian terhadap kondisi kulit wajah, begitu pula apa yang benar-benar dibutuhkannya. Nah, kira-kira apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam menerapkan mindful skincare ini?

Gunakan skincare rutin dengan penuh kesadaran, benar-benar pahami apa saja kandungan dalam produk dan manfaatnya untuk kulit

Mengerti tiap kandungan dalam produk / Credit: Photo by Polina Kovaleva from Pexels

Bisa dibilang kunci dari mindfulness adalah kesadaran, begitu pula dalam menggunakan skincare untuk wajah kamu. Dilansir dari Oprah Daily, penggunaan skincare berhubungan erat dengan sensor, yakni kulit manusia maka untuk menambah mindfulness nggak ada salahnya kamu “kenalan” dengan skincare tersebut. Termasuk diantaranya menyentuh produk tersebut, membauinya, hingga mengerti kandungan produk dan manfaatnya bagi kulitmu.

Fokus pada setiap langkah dalam memakai skincare, rasakan setiap produk meresap dan membantu kulitmu menjadi sehat~

Rasakan skincare yang meresap pada kulit / Credit: Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Penting bagi kita untuk tidak terburu-buru dan fokus pada setiap langkah pada skincare routine maka dari itu, ambil nafas dan rasakan sensasi produk meresap ke dalam kulit. Berikan waktu khsusus untuk melakukan skincare dengan mindfulness ini untuk benar-benar merasakan setiap skincare yang dipakai di wajah. Jangan lupa berikan pijatan lembut di sekitar wajah dan rasakan kenikmatannya tiap jari-jari tangan menyentuh wajahmu.

Advertisement

Selain itu, dalam menerapkan skincare memang dibutuhkan waktu untuk menyerap sebelum maju ke langkah selanjutnya. Dengan memberikan jeda maka kamu bisa memaksimalkan fungsi produk pada wajah agar diperoleh hasil yang memuaskan.

Terakhir, menggunakan metode ini juga bisa menghemat pengeluaran skincare lo!

Hemat / Credit: Photo by cottonbro from Pexels

Dengan menerapkan mindfulness dalam menggunakan skincare, maka kita benar-benar mengenal kondisi kulit dan apa yang dibutuhkannya. Disebutkan di sumber yang sama, Amy Wechsler, M.D salah satu ahli kulit menyebutkan bahwa pembersih wajah, pelembab dan tabir surya merupakan hal mendasar yang kita butuhkan di pagi hari. Selanjutnya, kita bisa menambahkan beberapa hal yang dibutuhkan seperti halnya menggunakan antioksidan serum untuk melindungi kulit dari polusi dan lain sebagainya.

Advertisement

Dengan benar-benar mengerti kebutuhan kulit, maka pengeluaran terhadap skincare tentunya akan lebih menjadi terkontrol. Kita bisa memilah dan memilih mana yang dibutuhkan dan menghindari membeli skincare yang tidak perlu.

Selain banyak manfaatnya, menerapkan mindfulness, membuat kita menjadi lebih menghargai proses begitu pula proses kulit wajah menjadi sehat dan glowing. Gimana SoHip, kira-kira tertarik nggak nih mau menerapkan mindful skincare ini?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE