Mengenal Tren Mochi Skin dari Jepang. Tren Kulit Selembut dan Sekenyal Kue Mochi!

Kabarnya tren ini lebih sederhana daripada glass skin look ala Korea

Tren kecantikan setiap tahun memang bisa terinspirasi dari mana saja. Beberapa tahun terakhir, glass skin dari Korea memakai analogi gelas untuk menggambarkan wajah yang cerah, halus, dan berkilau. Tahun 2022 ini ada tren terbaru yang berasal dari Jepang. Kali ini, inspirasinya datang dari kue mochi. Yup, kue yang mungkin sering kamu beli dari warung itu~

Advertisement

Kalau kamu pernah memperhatikan, kue mochi memiliki tekstur lembut, kenyal, dan elastis. Persis seperti itulah penggambaran tren mochi skin ini. Kira-kira bakal sama saja tidak ya dengan glass skin? Lalu, bagaimana cara agar kulitmu pun bisa jadi mochi skin? Daripada berlama-lama, yuk langsung simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Meskipun sama-sama ingin mewujudkan kulit mulus dan elastis, mochi skin tetap berbeda dengan glass skin

Glass skin look ala Korea

Glass skin look ala Korea | Photo by Leohoho on Unsplash

Kue yang berasal dari Jepang ini berbahan dasar beras yang ditumbuk dengan keras sampai halus. Bentuknya bulat dan biasanya diisi dengan pasta kacang merah dan es krim. Kalau ingin tau seperti apa wujud mochi skin itu, kamu cukup membayangkan tekstur kue mochi. Kenyal saat disentuh, kembali ke bentuk semula ketika ditekan, dan lembut tanpa rongga di bagian kulit luarnya. Fokus utama dari mochi skin yaitu hidrasi, elastisitas, dan kekenyalan.

Berbeda dengan glass skin yang di dalam perawatannya juga sekaligus ingin mewujudkan kesan dewy atau glowing seperti kaca, mochi skin memiliki hasil akhir yang matte, bebas kilap karena fokus utamanya adalah hidrasi. Kulit seperti itu dinilai lebih alami dan sehat. Inilah hal utama yang membedakan kedua tren kecantikan ini.

Advertisement

Jika glass skin sangat lekat kaitannya dengan 10 langkah perawatan wajah ala Korea, mochi skin ini ternyata sedikit berbeda

Banyaknya produk dan langkah-langkah yang harus dilakukan membuat sebagian orang belum mampu sepenuhnya menerapkan langkah perawatan wajah ini. Sedangkan dalam mochi skin, kamu tidak memerlukan produk sebanyak itu sehingga tren ini terkesan lebih bisa diikuti oleh banyak orang.

Kalau kamu penasaran bagaimana cara mendapatkan mochi skin, kamu bisa mencoba beberapa langkah berikut ini

Pengaplikasian produk skincare

Pengaplikasian produk skincare | Photo by Christin Hume on Unsplash

Pada dasarnya, mochi skin bisa terwujud kalau kulitmu memiliki lapisan hidrasi yang kuat. Melansir dari Allure, berikut ini urutan perawatan wajah untuk mendapatkan mochi skin menurut dermatologis asal Amerika Serikat, David Kim dan Marie Jhin.

  1. Bersihkan wajah di pagi hari dengan cara memercikkan air ke wajah tanpa menggunakan sabun. Namun, kalau  kulitmu berjerawat, kamu tetap harus membersihkannya dengan produk cuci muka yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Untuk cuci muka malam hari, kamu wajib melakukan double cleansing. Untuk cuci muka tahap pertama gunakan pembersih berbahan lotion atau oil lalu usap menggunakan kain kering atau kapas. Selanjutnya kamu baru bisa menggunakan pencuci muka yang dibilas dengan air bersih.
  2. Gunakan toner atau esens dengan fungsi utama yang menghidrasi. Kunci dari mochi skin adalah hidrasi. Di tahap ini saatnya kamu mengembalikan kelembapan yang hilang setelah cuci muka. Kamu bisa memilih toner yang berbahan dasar air beras yang mampu menutrisi kulit sekaligus sedikit mencerahkan.
  3. Pakailah serum yang mengandung peptida dan asam hialuronat. Kandungan ini berfungsi untuk menghaluskan tekstur kulit sehingga membentuk ‘lapisan mochi’. Selain itu, serum yang menggunakan vitamin C dinilai paling ampuh untuk mempercepat proses terbentuknya mochi skin. 
  4. Lagi lagi tentang hidrasi. Langkah selanjutnya adalah kamu harus mengunci semua kelembapan tadi dengan lotion pelembap bertekstur ringan seperti gel. Disarankan untuk memilih yang ada kandungan ceramide di dalamnya karena itu akan membantu kulitmu mempertahankan hidrasi lebih lama dan melindunginya dari polusi lingkungan. Dengan begitu, kulitmu akan senantiasa lembut dan kenyal. Namun, kalau kulitmu berminyak, tidak perlu memaksakan pakai pelembap berlapis. Lebih baik gunakan serum pelembap atau lotion berbahan dasar air agar terasa lebih ringan di kulit.
  5. Khusus untuk kamu yang punya kulit sangat kering, gunakan face oil. Produk ini mampu membangun kelembapan dan menjaganya agar tetap tahan lama di kulitmu.
  6. Apapun jenis kulitmu jangan pernah lewatkan untuk memakai tabir surya atau sunscreen. Rangkaian perawatan sebelumnya tidak akan berguna kalau kulitmu tidak dilindungi dari dampak negatif sinar UV.
Advertisement

Selain melakukan perawatan wajah sehari-hari, sekarang kamu sudah bisa mendapatkan mochi skin dengan perawatan langsung di klinik kecantikan

Perawatan wajah di klinik kecantikan

Perawatan wajah di klinik kecantikan | Photo by Raphael Lovaski on Unsplash

Kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan terukur, mengunjungi dokter kulit bisa dijadikan pilihan. Di sana kamu akan mendapatkan beberapa langkah perawatan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Salah dua yang paling terkenal yaitu metode laser dan facial.

Dengan facial, pori-pori kulitmu akan berangsur-angsur mengecil dengan lebih cepat tanpa rasa sakit. Sedangkan kalau kamu memilih laser, tekstur kulitmu akan diperbaiki sehingga garis-garis halus, pori-pori, dan hiperpigmentasi akan berkurang.

Nah, itulah ulasan mengenai tren kecantikan mochi skin dari Jepang dan bagaimana langkah yang tepat untuk mendapatkannya. Mochi skin ini bisa jadi pilihan alternatif buat kamu yang belum mampu menerapkan 10 langkah perawatan wajah ala Korea.

Dengan konsisten mengikuti langkah mochi skin semoga kulitmu bisa berangsur-angsur membaik. Apakah kamu tertarik mengikuti tren ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE