6 Aturan Berpakaian Minimalis ala Cewek Jepang, Nggak Perlu Ngejreng Buat Tampil Mempesona~

Pakaian minimalis cewek Jepang

Selama ini kalau mendengarkan tentang gaya berpakaian orang Jepang mungkin yang muncul di pikiran langsung tertuju pada Harajuku style yang penuh warna dan serba ekstra, padahal mereka juga sering kok berpakaian dengan style yang casual. Malahan kalau diperhatikan lagi, orang-orang Jepang kini makin senang menerapkan gaya hidup minimalis termasuk ke pakaian yang dikenakan. Makanya jangan heran ketika masuk ke Uniqlo, Muji, atau toko pakaian Jepang yang sejenis maka kamu akan menemukan lebih banyak baju polos atau memiliki satu warna saja.

Advertisement

Uniknya walaupun hanya memakai baju yang minimalis tapi banyak yang kelihatan tetap stylish dan tentunya merasa nyaman. Jika kamu juga tertarik untuk berpakaian minimalis seperti cewek-cewek di sana, simak yuk cara memilih item dan padu padannya!

1. Prinsip minimalis yang pertama diterapkan dengan pola yang harus seminimal mungkin, item polosan atau garis-garis bisa dipilih

Polos/ Credit: Prizcilla Du Preez on Unsplash via unsplash.com

Jika membicarakan konsep minimalis maka idealnya adalah mengenakan sesuatu yang polosan tapi ternyata dalam penerapannya tak mesti selalu demikian. Kamu tetap bisa mengenakan pakaian dengan motif pola sederhana yang tak terlalu membuatmu terlihat menyolok seperti garis-garis, kotak-kotak, gingham, atau houndstooth.

Jika sudah memilih salah satu item yang bermotif maka kamu bisa meredamnya dengan paduan yang polos. Misalnya jika bagian atas adalah kemeja bermotif gingham maka bagian bawahnya bisa celana atau rok polos, bisa juga dipadukan dengan jumpsuit tanpa pola.

Advertisement

2. Warna juga menjadi salah satu elemen dasar yang akan memengaruhi konsep tampilanmu secara keseluruhan

Muted/ Credit: Keagan Herman on Unsplash via unsplash.com

Meskipun memilih item polos namun bukan berarti kamu bisa menerapkan warna ngejreng seperti merah atau hijau stabilo jika ingin tampil dengan style Jepang casual. Akan tetapi, kamu juga tak harus selalu memakai baju berwarna hitam putih. Sebagai gantinya, warna-warna netral atau yang sering disebut muted color juga bisa diterapkan lo. Muted color artinya adalah warna yang memiliki saturasi rendah seperti abu-abu, beige, kuning, dan hijau, tapi ingat ya warna tersebut bukan yang ngejreng.

3. Ucapkan selamat tinggal pada baju yang ngepas di badan, sekarang adalah masa untuk memakai baju yang ‘serba kebesaran’

Celana longgar/ Credit: Mark Adriane on Unsplash via unsplash.com

Kalau ingin mengikuti tren minimalis ala Jepang maka kamu harus menyimpan dulu baju-baju yang serba pas di badan. Pasalnya gaya pakaian Jepang yang sedang tren justru baju-baju loose serta item berukuran oversize, untuk celana pun bisa dipilih gaya baggy yang longgar. Tak perlu takut bentuk tubuhmu terlihat lurus karena kamu juga bisa memilih celana high waist yang akan menonjolkan bentuk pinggangmu. Jika tidak ingin mengenakan celana, maka kamu bisa menggantinya dengan dress kemeja atau kaus yang berukuran panjang. Alasannya selain untuk bergaya, style ini juga mengutamakan kenyamanan.

4. Siapa bilang bergaya minimalis lantas membuatmu nggak bisa layering? Bisa kok asal mengikuti triknya

Tumpuk/ Credit: Priscilla Du Preez in Unsplash via unsplash.com

Pakaian yang bertumpuk-tumpuk biasanya akan memberikan kesan yang ekstra padahal nggak juga kok, justru hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi kesan membosankan yang mungkin ditimbulkan. Prinsipnya tetap gunakan motif seminimal mungkin dan warna yang kalem untuk ditumpuk. Kamu bisa menambahkan vest di luar kaus polos yang dikenakan atau outer seperti jaket dan kardigan.

5. Ingat! Outfit minimalismu dilihat secara keseluruhan dari ujung kepala hingga kaki sehingga kaus kaki dan sepatu juga berperan penting

Kaus kaki/ Credit: Jonathan Taylor on Unsplash via unsplash.com

Jika ingin menambah sedikit warna maka kamu bisa menunjukkannya pada kaus kakimu. Item yang satu ini bisa memberikan kesan stylish tanpa berlebihan walaupun tampilanmu dari atas hanya memakai warna-warna dasar saja. Jika bagian atas yang kamu pakai memiliki tone warna yang dingin, maka warna hangat pada kaus kaki bisa ditambahkan. Untuk melengkapinya maka sandal terbuka bisa dipilih. Sepatu lain yang bisa dipilih untuk melengkapi gaya ini adalah sepatu yang cocok dengan berbagai situasi seperti sneakers kanvas putih dan boots pendek warna cokelat atau hitam.

6. Tenang kamu tetap bisa kok mengenakan tas besar dan aksesori sebagai pelengkap tapi pilih bahannya yang pas ya

Tote Bag/ Credit: Lex Sirikiat on Unsplash via unsplash.com

Kebanyakan orang Jepang akan mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan linen, rami, korduroi, hingga kanvas. Untuk mengimbanginya, tas yang juga dari bahan kanvas bisa dikenakan. Tas berukuran besar dengan bentuk tote atau ransel tetap bisa kamu pakai kok tapi sebaiknya sesuaikan warnanya dengan desain yang yang minimalis ya. Selain tote bag, kamu juga bisa mengenakan fanny pack dengan warna yang netral.  Jika ingin mengenakan aksesori sebagai pelengkap maka kamu bisa menambahkan syal atau bucket hat polos.

Walaupun kelihatannya nggak menyolok seperti yang dipikirkan orang tentang fashion Jepang tapi gaya pakaian minimalis cewek Jepang ini tetap bisa membuatmu terlihat lebih stunning di antara yang lain kok. Ditambah lagi, gaya ini bisa dipakai sehari-hari. Kamu juga nggak perlu lagi deh memiliki jumlah baju yang banyak di lemarimu.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE