Lebih Baik yang Mana, Pakai Skincare 1 Paket atau Pakai Beda-beda Merek? Ini Pertimbangannya!

skincare sepaket atau beda-beda

Ngomongin skincare nggak bakal ada habisnya. Nah, salah satu bahasan ini kerap bikin para pengguna skincare bingung lo. Mereka kadang nggak tahu harus memilih yang mana, skincare 1 paket atau beda-beda merek. Nggak sedikit orang menilai skincare beda-beda merek justru rentan bikin kulit iritasi. Pasalnya, gonta-ganti produk terkadang menimbukan beragam kulit sehingga memakai skincare 1 paket dianggap lebih bagus ketimbang skincare beda-beda merek. Anggapan ini cukup logis, tapi nggak sepenuhnya benar karena baik skincare 1 paket dan beda-beda merek punya plus-minusnya sendiri.

Advertisement

Alih-alih membandingkannya, ada baiknya, pengguna skincare memperhatikan kelebihan-kekurangan skincare 1 paket dan beda-beda merek. Jika diperhatikan, nggak ada yang lebih bagus di antara keduanya. Semua punya plus dan minus. Terpenting, pilih skincare sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Peluang menemukan produk terbaik lebih terbuka saat membeli skincare beda-beda merek

Ilustrasi pilih skincare terbaik | Authentic Stock on StockSnap

Produk perawatan kecantikan tiap merek tentunya menawarkan keunggulan masing-masing. Kamu bisa memilih tiap produk dari tiap merek sesuai kebutuhan kulit. Misalnya, pilih toner paling cocok denga jenis kulit, sunscreen paling nyaman di kulit, atau serum dengan manfaat optimal. Kemungkinan kamu mendapatkan produk terbaik sangat terbuka lebar. Berbeda lagi kalau kamu cuma pakai skincare 1 paket. Soalnya, mau nggak mau kamu harus menerima satu paket skincare yang bisa jadi nggak cocok sama kulitmu.

Skincare beda-beda merek jauh lebih fleksibel; bisa pilih sesuai kebutuhan, selera, dan kantong dompet

Skincare beda-beda merek | Lauren Craig on Flickr

Membeli skincare beda merek terkadang lebih memuaskan karena bisa memilih produk terbaik sesuai selera dan kebutuhan. Selain itu, kamu tetap bisa menyesuaikannya dengan bujet. Jadi, kantong dompetmu tetap aman. Cara ini membuat pengguna skincare puas dan senang karena mendapatkan produk yang diharapkan.

Advertisement

Sayangnya, skincare beda-beda merek cenderung lebih mahal dan bikin ribet karena kamu harus usaha ekstra untuk menemukan yang cocok

Credit: Photo by Jess @ Harper Sunday from Pexels

Bukan tanpa konsekuensi, skincare berbeda merek nyatanya tetap punya kekurangan. Dengan membeli skincare beda-beda merek, kemungkinan besar kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Harganya bisa jadi lebih mahal ketimbang skincare 1 paket. Di sisi lain, kamu harus melewati proses yang cukup rumit demi mendapatkan skincare beda-beda merek yang cocok. Mulai dari memastikan kandungannya, menyesuaikannya dengan jenis dan masalah kulit, sampai membandingkannya dengan produk lain.

Skincare beda-beda merek rentan membuat kulit iritasi. Ini yang harus bikin kamu ekstra hati-hati

Skincare beda-beda merek rentan bikin iritasi | Pxhere on Pxhere

Kekurangan skincare beda-beda merek ini sebaiknya jangan disepelekan, ya. Meskipun punya sisi plus, skincare beda-beda merek dapat menimbulkan efek buruk pada kulit seperti iritasi. Kemungkinan ini bisa terjadi sebagai efek gonta-ganti produk skincare. Makanya, penggunaan skincare beda-beda merek harus dibarengi dengan sikap hati-hati yang tinggi. Kalau salah sedikit aja, kesehatan kulit jadi taruhannya.

Kalau beli skincare 1 paket, harganya lebih ‘ramah’ dan lebih praktis

Credit: Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Paket skincare terkadang jadi incaran karena menawarkan praktis dan komplit. Hanya dengan membeli satu paket aja, kamu sudah mendapatkan produk dengan beragam kegunaan. Biasanya satu paket skincare berisi krim pagi, krim malam, face toner, face scrub, face wash, face mask, dan serum. Lengkap banget deh! Belum lagi harga skincare 1 paket dibanderol lebih murah ketimbang beli skincare satuan dari merek yang berbeda.

Advertisement

Skincare 1 paket memang lengkap dan praktis, tapi bikin pusing kalau nggak cocok sama kulit 🙁

Ilustrasi pakai skincare 1 paket | Authentic Stock on StockSnap

Karena skincare 1 paket sudah ditentukan sejak awal, pembeli nggak bisa memilih sendiri. Jadi, pembeli cuma bisa pasrah aja dengan paket yang sudah ada. Di satu sisi, skincare 1 paket memang praktis, tapi juga menimbulkan masalah misal kulitmu nggak cocok dengan produknya. Kamu mungkin cocok dengan beberapa produk, tapi satu atau dua produk ternyata nggak sesuai dengan kulitmu. Padahal kamu sudah mengelaurkan uang, ya. Sayangnya, beberapa produk nggak bisa dipakai. Alhasil bujetmu bisa membengkak karena kamu harus membeli produk lain yang sesuai kebutuhan.

Kamu nggak bisa mencoba produk lain jika sudah memakai skincare 1 paket

Ilustrasi mencoba skincare produk lain | AdoreBeautyNZ on Pixabay

Bila sejak awal sudah menggunakan skincare 1 paket, kamu nggak bisa leluasa mencoba produk lainnya. Bahkan kamu bisa nggak bisa menjajal produk-produk baru yang sedang populer di pasaran. Jika ingin mencobanya, kamu harus siap dengan risikonya yakni mengeluarkan anggaran lagi. Apalagi kalau produk yang baru dibeli tak cocok, kemungkinan cuma jadi pajangan aja.

Sebelum menentukan skincare 1 paket atau skincare beda-beda merek, kamu perlu mempertimbangkan plus minus keduanya. Sehingga kamu bisa memilih jenis skincare yang paling cocok dengan masalah kulit, jenis kulit, selera, dan bujet. Hal ini perlu dilakukan agar kamu terhindar dari rasa sesal dan kecewa karena salah beli skincare.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE