Viralnya Nenek 81 Tahun yang Rajin Pakai Sunscreen Jadi Bukti Nyata 5 Khasiat Tabir Surya ini

viral nenek rajin sunscreen

Kebanyakan orang pasti hanya menggunakan sunscreen saat akan beraktivitas di luar ruangan. Ketika hanya beraktivitas di dalam ruangan biasanya jadi enggan menggunakan sunscreen. Apalagi saat pandemi di mana berbagai kegiatan di lakukan di dalam rumah. Padahal, rutin pakai sunscreen manfaatnya banyak, lo. Seperti yang dilakukan oleh seorang nenek 81 tahun yang beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial.

Advertisement

Nenek asal Surabaya ini viral di TikTok lantaran video yang diunggah sang cucu saat ia mengungkapkan rahasia kulit awet mudanya melalui akun @diandramarshas.  Sang cucu memang sering mengunggah kegiatan bersama neneknya yang diketahui bernama Kusthini namun, warganet justru penasaran dengan rahasia perawatan kulit wajah yang nenek Kusthini lakukan, karena terlihat minim kerutan di wajahnya.

“Neneknya dulu rajin pakai sunscreen ya? Kok bisa kerutannya minim gitu umur 80-an,” tanya seorang warganet.

Advertisement

Ketika sang cucu menanyakan langsung perihal memakai sunscreen, Kusthini menjawab dengan antusias. “Oh, iya rajin dari muda. Biasanya dulu masih muda juga pakai yang mentah-mentah gitu kayak timun. Iya, pakai sunblock selalu,” kata Kusthini.

Pengakuan Kusthini membuat warganet makin takjub, karena ternyata perawatan kulit tersebut sangat sederhana. Apalagi kebanyakan orang memang hanya menggunakan sunscreen saat di luar ruangan saja. Namun, benarkah pemakaian sunscreen secara rutin bisa mencegah penuaan wajah seperti yang terjadi pada nenek Kusthini? Yuk simak apa saja manfaat rutin pakai sunscreen tiap hari walau di rumah aja!

1. Mengurangi dan menghambat penuaan wajah berupa kerutan halus dan kulit kusam akibat mengalami kerusakan

Rajin pakai sunscreen bikin awet muda | Credit by @diandramarshas

Advertisement

Wah, ternyata nenek Kusthini bener-benar mendapatkan manfaat sunscreen dengan baik nih. Melansir dari Parrish Health Care, pemakaian sunscreen secara rutin akan melindungi kulit dari paparan radiasi ultraviolet. Tanpa sunscreen, radiasi tersebut dapat merusak kolagen dan jaringan ikat kulit. Hal ini bisa menyebabkan kulit kehilangan elastisitas, timbul kerutan dan berubah menjadi kusam. Pantas saja wajah nenek Kusthini tampak minim kerutan dan masih terlihat cerah, ya.

2. Melindungi kulit dari sinar UV A yang bisa tembus lewat kaca ruangan dan radiasi dari sinar pada gadget

Meski di rumah aja, belum tentu kita bebas dari pengaruh radiasi matahari, ya. Sinar ultraviolet sebenarnya terbagi menjadi 2 yakni UVA dan UVB. Sinar UVB ini memiliki cahaya yang relatif lebih pendek dari UVA, sehingga nggak bisa tembus lewat kaca. Sementara UVA memiliki cahaya yang panjang sehingga tetap bisa tembus lewat kaca dan jendela ruangan. Melansir dari Health Shots, sunscreen tetap harus di gunakan meski di dalam ruangan. Hal ini bertujuan untuk melindungi sinar UVA dan radiasi cahaya dari gawai.

3. Mengurangi risiko kanker kulit, akibat radiasi sinar ultraviolet baik di luar maupun di dalam ruangan

Mengurangi risiko kanker kulit | Credit by Rawpixel on Freepik

Salah satu bahaya paling parah dari paparan sinar ultraviolet adalah kanker kulit. Hal ini karena kerusakan yang terjadi sudah sangat parah, seperti kulit terbakar, kemerahan, iritasi, hingga infeksi. Menggunakan sunscreen secara rutin bisa mencegah risiko kerusakan tersebut, karena kulit jadi lebih terlindungi. Apalagi sinar UVA yang bisa masuk ke dalam ruangan akan meningkatkan risiko kerusakan kulit, sehingga pemakaian sunscreen sangat penting meski nggak beraktivitas di luar ruangan.

4. Menjaga kelembapan kulit baik di luar maupun di dalam ruangan yang ber-AC

Di luar ruangan, sunscreen memang bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. Namun, kandungan SPF pada sunscreen memberikan manfaat lain, yakni menjaga kelembapan kulit saat terpapar sinar matahari. Sehingga, kulit terlindungi dari kerusakan berupa kulit kering karena mengalami sunburn.

Nah, saat di dalam ruangan ber-AC suhu rendah juga membuat kulit terasa kering. Hal ini bisa dihindari dengan menggunakan sunscreen, lo. Manfaat SPF untuk melembapkan dinilai lebih ampuh menjaga kelembapan kulit daripada pelembap biasa.

5. Membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari rangkaian skincare yang digunakan, terutama vitamin

Mengoptimalkan penyerapan nutrisi kulit | Credit by Sora Shimazaki on Pexels

Selain menjaga kelembapan kulit, SPF pada sunscreen ternyata bisa membantu kulit untuk menyerap nutrisi lebih baik. Sunscreen biasanya dipakai terakhir setelah beberapa rangkaian skincare routine lainnya. Hal ini membuat sunscreen mampu mengunci kandungan skincare, sehingga bisa lebih meresap ke dalam kulit. Sehingga, penyerapan nutrisi teruma vitamin bisa lebih optimal.

Setelah tahu manfaat sunscreen ditambah cerita pengalaman nenek Kusthini, sekarang coba deh lebih konsisten lagi pakai sunscreen-nya. Meski nggak keluar ruangan, kulit kita tetap butuh sunscreen untuk mendapatkan manfaat lain selain perlindungan dari sinar matahari. Kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF yang rendah misalnya 15-30, sementara jika keluar ruangan bisa ditingkat lagi SPF-nya.

Yuk,yuk bisa yuk awet muda meski nanti usia tua~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE