Banyak yang bilang kalau mencantumkan hobi dalam CV adalah hal yang sia-sia. Sebab itu bukan termasuk priotitas dan hanya mengurangi space saja. Eits, sebenarnya nggak juga! Hobi tetap bermakna jika dicantumkan. Dari hobi interviewer bisa tahu hobi dan kepribadianmu yang sebenarnya. Interviewer pun akan mengerti bagaimana harus memperlakukannmu sebagai manusia.

Tapi tahukah kamu kalau ada hobi-hobi yang secara ilmiah sudah di approve oleh HRD sehingga layak dicantumkan di CV? Jangan ragu mencantumkan 10 hobi ini!

1. Jangan takut dibilang ‘gila’ kalau kamu hobinya menjajal olahraga ekstrem, karena itu pertanda kamu jago menghitung risiko

Bersepeda gunung, hobi yang mengesankan kamu orang yang pandai menghitung resiko. via www.pinkbike.com

Kalau kamu kebetulan adalah pesepeda gunung, sky diving, atau bungee jumping, selamat! Cantumkan hobimu yang satu ini ke dalam CV karena itu akan menarik HRD perusahaan yang kamu lamar untuk menerimamu. Sebab mereka yang hobi olahraga ekstrem biasanya adalah pandai menghitung resiko, kamu nggak takut dengan sesuatu yang tidak dikenali, dan disiplin. Orang yang punya hobi ekstrem juga punya jiwa kepemimpinan.

2. Sepertinya kamu layak banget menjadikan yoga sebagai hobi barumu, melatihmu supaya bisa mengendalikan diri

Yoga membantumu mengendalikan diri. via discovercopenhagenoutdoors.tumblr.com

Advertisement

Jika kamu berniat melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, public relation, atau bidang lain yang ritme kerjanya hectic, baiknya mulai jadikan yoga sebagai hobi deh. Supaya bisa kamu cantumkan di CV-mu dan bikin HRD perusahaan tersebut tertarik sama kamu. Lho? Sebab orang yang punya hobi yoga biasanya punya kemampuan untuk mengendalikan diri dan lebih tahan banting ketika bekerja di bawah tekanan.

3. Selamat buat kamu yang udah punya hobi sekaligus keterampilan Videografi! Bisa bikin Si Manajer Personalia (HRD) terkesima!

Videografi adalah hobi yang termasuk sebagai skill. via www.nylon.com.sg

Hmm.. Kalau udah punya hobi yang juga merangkap sebagai skill ini, sama aja artinya kemungkinanmu untuk diterima di perusahaan cukup besar. Apalagi kalau kamu melamar di TV, dijamin deh kamu punya nilai lebih dibanding kandidat yang lain. Seperti yang sudah diketahui, kemampuan merekam dan mengedit video sangat dibutuhkan di stasiun TV. Entah itu untuk posisi camera person, asisten produksi, atau reporter sekalipun.

4. Siapa sangka kalau hobi ngeblog bisa memuluskanmu menuju karir impian? Mulai sekarang, sering-sering deh rawat blog pribadimu!

Rajin-rajin merawat blog pribadimu ya. via elitedaily.com

Sama halnya dengan videografi, hobi ngeblog juga tergolong sebuah keterampilan. Karenanya buat kamu yang kebetulan punya niatan untuk melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi atau marketing, wajib deh mencantumkan hobimu yang satu ini. Apalagi kalau melamar sebagai content writer di sebuah startup…

P.S: Pastikan blog pribadimu berisi tulisan (ringan juga nggak papah) yang bernada positif ya. Nah, mulai sekarang, sering-sering deh perhatiin blog pribadimu. Mana tahu HRD perusahaan yang kamu lamar mengecek postingan-postinganmu.

5. Kamu yang hobi mendaki gunung biasanya punya kepribadian yang kuat, anak gunung wajib bangga nih!

Mendaki gunung adalah hobi yang punya nilai saat dicantumkan di CV. via elitedaily.com

Jangan ragu untuk mencantumkan dalam CV-mu kalau hobimu adalah mendaki gunung. Yup, ini menunjukkan kalau kamu adalah pribadi yang kuat bin tangguh. Serta berkemauan keras. Terlebih buat kamu yang berniat melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang travel. Meski kamu belum punya pengalaman profesional di bidang tersebut, tapi kalau kamu mencantumkan mendaki gunung sebagai hobi di CV, itu sama aja mewakili interest-mu dan termasuk juga sebagai pengalaman di bidang travel.

6. Berbahagialah kamu yang punya hobi fotografi, sebab bisa bikin CV-mu terlihat cemerlang

Punya hobi cekrek-cekrek? Jangan lupa mencantumkan hobimu yang satu ini ke dalam CV-mu. Terlebih untuk kamu ingin melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing. Hobi yang juga termasuk keahlian ini menggabungkan kreativitas dan kesabaran. Jika kebetulan kamu rajin mengunggah hasil jepretanmu di Instagram atau Path-mu, pastikan juga cantumkan link sosmed-mu ya. Siapa tahu manajer personalianya mampir di Instagram atau Path-mu dan makin tertarik buat merekrutmu.

7. Hobi berkebun nggak hanya kekinian, tapi juga bisa bikin si HRD terkesan!

Yuk, berkebun! via www.pinterest.com

Buat kamu yang berencana melamar (entah sebagai karyawan tetap atau anak magang) ke perusahaan yang fokus pada lingkungan hidup, baiknya mulai menjajal berkebun deh. Kalau udah menjadikan aktivitas yang satu ini sebagai sebuah hobi dan dicantumkan di CV, kamu bakal dipandang sebagai pelamar yang benar-benar peduli dengan alam dan lingkungan.

P.S: nggak harus melamar ke perusahaan yang bergerak di lingkungan aja sih, perusahaan di bidang lain juga bakal terkesan dengan hobimu yang bersinggungan dengan tanah dan tanaman ini.

8. Dari dulu, mereka yang punya hobi melukis selalu dipandang sebagai pribadi yang berkarakter, nyeni banget gitu

Kalau punya hobi yang satu ini, kamu berarti nyeni gitu. via www.pexels.com

Buat kamu yang kebetulan hobi melukis, jangan segan untuk mencantumkan hobi  yang anggun satu ini pada CV-mu. Sebab mereka yang hobi melukis biasanya punya selera seni yang tinggi dan cenderung bijak. Nggak gampang panik saat masalah menghadang.

9. Orang yang hobi main alat musik instrument biasanya gampang banget bikin orang lain jatuh hati!

Kalau hobi main gitar klasik, tandanya kamu fokus dan disiplin. via elitedaily.com

Cantumkan hobimu bermain gitar klasik atau biola dalam CV-mu. Bukannya pencitraan, tapi bisa memainkan alat musik tersebut, selain dipandang sebagai sebuah skill, juga mencerminkan sifat fokus, penuh dedikasi, serta disiplin.

10. Hobi bikin scrapbook di waktu luang bisa bikin kreativitasmu naik kelas!

Siapa yang hobi bikin scrapbook? via www.instructables.com

Acungkan tangan yang doyan banget merangkai foto-foto menjadi scrapbook? Mereka yang punya hobi seperti ini biasanya kreatif dan artsy banget sih. Hobi semacam ini punya nilai lebih kalau kamu cantumkan dalam riwayatmu. Hhehehe…

Hobi nggak hanya mencerminkan karakter seseorang, tapi juga bisa bikin para pengambil keputusan perusahaan jadi terkesan. Makanya jangan ragu untuk menceritakan hobi di CV-mu! Apalagi kalau hobimu relevan dengan posisi yang kamu lamar, bikin Sang HRD gampang sayang! Hhehehe…

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!