Tahu gak, apa yang paling kamu perlukan untuk mencapai kesuksesan? Pendidikan? Yup, itu salah satunya. Semangat dan kerja keras yang nggak pernah padam? Ini bisa jadi salah satu faktor pendukung. Tapi sebenarnya yang paling menentukan kesuksesanmu justru hal-hal sederhana yang selalu kamu lakukan setiap hari.

Tidak ada formula untuk mempercepat datangnya keberhasilan. Orang-orang yang berhasil adalah mereka yang terus menerus melakukan kebiasaan yang benar setiap hari. Sementara orang-orang yang gagal dalam hidup adalah mereka yang tidak berusaha mengubah kebiasaan. Biar gak jadi orang yang gagal, kebiasaan apa aja sih yang perlu kita hapus dari hidup?

1. Orang yang Susah Sukses Selalu Mengritik, Tanpa Memberi Solusi

Kritik tanpa solusi

Kritik tanpa solusi via th07.deviantart.net

Di kehidupan sehari-hari, ketidak suksesan bisa datang dari kebiasaan untuk selalu mengkritik. Dimata orang yang tidak akan sukses semua hal selalu penuh cela. Tidak ada yang bisa memuaskannya. Orang sukses juga bisa mengkritik sih, namun bedanya mereka akan datang dengan solusi.

Orang yang tidak akan pernah sukses justru menyebarkan pandangan negatif ke orang-orang disekitarnya. Dia memandang semua permasalahan dengan hitam-putih. Bagi dia saat sudah gagal ya sudah, tidak akan ada jalan untuk kembali meraih kesuksesan.

2. Enggan Memuji Keberhasilan Orang Lain

Advertisement
Tidak mau mengakui pencapaian orang lain

Tidak mau mengakui pencapaian orang lain via 3.bp.blogspot.com

Perbedaan orang sukses dan orang tidak sukses terletak pada reaksinya atas keberhasilan orang lain. Seseorang yang memiliki potensi sukses akan menghargai kerja keras dan pencapaian yang dimiliki seseorang. Ia akan dengan senang hati menyampaikan pujian dan menganggapnya sebagai pemicu semangat.

Sementara orang tanpa potensi sukses justru terlalu fokus pada diri sendiri. Kesuksesan orang lain dianggap ancaman, sementara kegagalan diluar dirinya diperhitungkan sebagai peluang. Baginya, keberhasilan orang lain tidak perlu mendapat penghargaan. Ia memandang semua orang adalah musuh yang bisa menjegal langkahnya. Namun tidak mau berkompetisi secara sportif.

3.Selalu Menyalahkan Orang Lain Saat Menghadapi Kegagalan

Menyalahkan orang lain

Menyalahkan orang lain via static.betazeta.com

Dia tidak mau bertanggung jawab atas kesalahan yang ia buat. Baginya lebih mudah menyalahkan orang lain, membuat dirinya selalu tampak benar. Kesuksesan membutuhkan keberanian untuk menghadapi kegagalan. Hal ini dapat dicapai jika seseorang mau jujur pada dirinya sendiri.

Jika sampai sekarang kamu masih enggan mengakui kesalahanmu dan selalu mengacungkan jari menuduh orang lain, maka berhentilah. Cobalah mulai jujur pada diri dan kesalahanmu sendiri. Terima dan akui kesalahan tersebut, lalu carilah upaya untuk memperbaiki keadaan.

4. Sok Tahu dan Keras Kepala

Keberhasilan seseorang ditentukan dari kemauannya untuk terus belajar. Saat kamu berhenti memperkaya diri, maka kesuksesanmu juga akan terhenti disitu. Orang-orang sukses adalah mereka yang mau membuka diri untuk menerima pengalaman dan pelajaran baru. Gak masalah pengetahuan itu datang dari siapa dan bagaimana, yang penting mereka tidak pernah menutup diri.

Berbeda dengan orang yang gak bakalan bisa sukses. Jangankan mau belajar hal baru. Mereka sudah merasa puas dengan apa yang mereka miliki. Bahkan mereka gak segan-segan untuk “merasa paling”. Paling pintar, paling keren, paling oke. Saat dikritik, mereka enggan mendengarkan karena udah merasa gak ada duanya.  Duh, kalau kamu masih punya kebiasaan macam ini segera hapus deh biar gak dijauhi sama keberhasilan dan kesuksesan.

5. Bingung Menentukan Tujuan Hidup

Tidak bisa menentukan tujuan hidup

Tidak bisa menentukan tujuan hidup via kdmedia.kanald.ro

Berbeda dengan orang-orang sukses yang punya mimpi dan tujuan dan jelas, pribadi yang tidak akan sukses justru berjalan seperti orang buta. Mereka tidak tahu kemana tujuan akhirnya. Bahkan, mereka belum yakin dengan pasti impian apa yang ingin diwujudkannya selama hidup.

Punya tujuan dan keinginan itu penting, lho. Jangan takut dianggap ambisius karena tahu apa yang kamu mau dan benar-benar berjuang untuk itu. Dengan menetapkan tujuan dan impian, kamu akan tahu langkah apa yang perlu kamu tempuh agar bisa mewujudkannya. Berjalan dengan peta di tangan selalu lebih baik dari perjalanan tanpa tahu arah, kan?

6. Cepat Puas dan Malas Berubah

Cepat berpuas diri

Cepat berpuas diri via 1.bp.blogspot.com

Orang yang gak akan sukses punya kebiasaan untuk merasa cepat berbesar hati atas pencapaiannya. Baru juga sukses sedikit, sudah membanggakan diri dan merasa super berhasil. Mereka mengagung-agungkan keberhasilan yang belum seberapa itu. Padahal, jika tidak terus dijaga kesuksesan itu bisa dengan cepat hilang.

Orang-orang sukses justru merasa tidak mudah puas, tidak peduli sudah berapa banyak keberhasilan yang ia capai. Dia memahami bahwa kesuksesan saat ini masih bisa dikembangkan. Masih banyak orang diluar sana yang lebih sukses. Kerendahan hati ini juga membuat mereka terbuka untuk terus berubah dan adaptif terhadap situasi.

7. Suka Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan via 31.media.tumblr.com

Ini adalah kebiasaan yang sangat umum kita hadapi di kehidupan sehari-hari. Saat ada tugas kuliah atau pekerjaan, kita masih sering bilang: “Aaaaaaah, nanti aja deh. Gampang!”. Kemudian buka twitter, Facebook, Instagram, Path, nonton serial. Menunda hal yang perlu dilakukan, dan menenggalamkan diri pada distraksi lain.

Padahal, menghargai waktu adalah kualitas yang selalu dimiliki oleh pribadi sukses dimanapun. Orang-orang sukses tidak akan menunda pekerjaan demi memenuhi keinginan yang bisa dilakukan di lain waktu. Mereka memahami bahwa waktu adalah komoditas mahal yang tidak akan terganti dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

8. Mau Gampangnya Aja Tanpa Mau Usaha

Enggan berusaha keras

Enggan berusaha keras via ironcobras.com

Orang sukses percaya bahwa keberuntungan hanya akan datang pada mereka yang mau bekerja keras. Usaha hingga titik darah penghabisan jadi satu-satunya jalan menuju sukses, gak ada jalan pintas yang lain. Mereka fokus pada bagaimana mengembangkan kualitas diri dan terus berusaha sampai kesuksesan di tangan.

Nah, orang-orang yang minim potensi sukses justru selalu berharap pada keberuntungan. Dia terus berdoa agar dirinya beruntung dan bisa secara mendadak dapat kesuksesan. Mereka akan cepat menyerah saat kerja keras yang dilakukan tidak kunjung membuahkan hasil. Karena kurangnya penghargaan pada kerja keras inilah orang-orang yang tidak sukses memiliki kecenderungan untuk menghalalkan segala cara.

9. Oportunis

Oportunis seperti Hitler

Oportunis seperti Hitler via adminprensa.espacio360.pe

Orang sukses memanfaatkan peluang untuk mencari keuntungan. Orang yang gak akan bisa sukses menghalalkan peluang apapun asal bisa memberi mereka keuntungan. Mereka terbutakan akan keinginan sukses, hingga mengesampingkan norma dan nilai-nilai sosial yang berlaku.

Bisa memanfaatkan peluang demi keuntungan pribadimu memang akan membuatmu berhasil. Namun ingat, keberhasilan yang datang dengan terambilnya hak orang lain tidak akan bertahan lama. Saat roda hidup berputar, bisa jadi peluangmu yang kena giliran terserobot orang lain.

10. Tidak Bisa Bekerja Sama

Tidak bisa bekerja dalam tim

Tidak bisa bekerja dalam tim via www.dresdner-amtsblatt.de

Gak peduli sepintar apapun dirimu, gak peduli berapa banyak modal yang kamu miliki — kamu gak akan pernah bisa hidup tanpa orang lain. Ingat cerita Bandung Bondowoso yang membangun candi demi mendapatkan Roro Jonggrang nggak? (kalau kamu belum tahu legenda Indonesia ini, bisa baca disini). Orang sesakti Bandung Bondowoso aja perlu bantuan untuk meraih impiannya, gimana kamu?

Kemampuan berinteraksi dan membawa diri ditengah orang lain menjadi kemampuan krusial yang akan mampu mendukung kesuksesan seseorang. Semakin dia pandai menempatkan diri di setiap kelompok, makin besar pula kemungkinan orang tersebut untuk sukses.

11. Susah Move On

Lepaskanlah masa lalumu

Lepaskanlah masa lalumu via 8tracks.imgix.net

Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki orang sukses adalah kebesaran hati untuk melupakan apa yang terjadi di masa lalu dengan tetap menempatkannya sebagai pelajaran berharga. Kamu nggak akan pernah bisa berhasil kalau masih membebani diri dengan penyesalan dari waktu yang telah lewat. Lupakanlah apa yang sudah terjadi, petik pelajaran yang berharga, lalu mulai perjuangkan lagi hidupmu.

12. Tidak Bisa Menjaga Diri

Tidak bisa menjaga kesehatan

Tidak bisa menjaga kesehatan via i.huffpost.com

Iya sih, demi sukses kamu perlu kerja keras siang malam. Terkadang memang penting kamu mengorbankan waktu istirahat demi mewujudkan impian terbesar dalam hidup. Tapi, ini bukan berarti kamu tidak mengukur batas kemampuan diri sendiri.

Orang yang sukses adalah dia yang mampu mengatur diri agar selalu bisa mengeluarkan kemampuan terbaik setiap saat. Dia tahu kapan harus mendorong dirinya untuk bekerja keras, dan kapan harus memperlambat langkah dan beristirahat. Kalau mengurus diri sendiri aja belum becus, gimana bisa kamu mengurus orang-orang yang akan jadi kaki tangan pencapaian kesuksesanmu?

13. Ingin Memuaskan Semua Orang

Berhenti berusaha membahagiakan semua orang

Berhenti berusaha membahagiakan semua orang via www.theroadishome.com

Untuk menjadi sukses, kamu perlu menutup mata dan telinga terhadap cemoohan orang dan mempercayai instingmu. Perasaan takut akan kritik, takut dijauhi dan memikirkan pendapat orang lain secara berlebihan tidak akan membawamu kemana-mana.

Sesukses apapun seseorang dia tidak akan pernah mampu membahagiakan semua orang disekelilingnya. Pro dan kontra terhadap hasil karyamu adalah hal yang tidak bisa kamu hindari. Kalau kamu memang beneran mau sukses, beranikanlah dirimu untuk menghadapi gempuran kritik di luar sana. Lupakan keinginan untuk membuat semua orang bahagia. Fokus saja pada orang-orang terdekatmu, dan teruslah berusaha.