Siapa sih yang suka punya musuh? Yang ada kebanyakan orang pengen punya banyak teman. Tapi memang nggak bisa dimungkiri sih, kita nggak bisa memaksa agar setiap orang suka dengan kita. Pasti ada saja ketidakcocokan karena beberapa hal, nggak terkecuali di tempat kerja. Bisa jadi ada orang yang membencimu dan menganggapmu pengganggu dan penghalang kariernya. Sehingga dia pun nggak segan-segan untuk melakukan cara-cara ‘nakal’ demi untuk menjegalmu.

‘Musuh’ yang seperti ini memang perlu diwaspadai, tapi ada trik khusus agar orang yang nggak menyukaimu ini justru jadi senjata buat menaikkan kariermu. Simak baik-baik, ya!

1. Punya teman kantor yang bermuka dua akan membuatmu lebih teliti lagi memilih rekan kerja

Bermuka dua via www.thebalance.com

Advertisement

Mereka yang bermuka dua biasanya akan selalu terlihat baik di depanmu. Nggak jarang mereka juga kerap menawarkan bantuan tanpa menunggu kata tolong darimu. Tapi, jangan kaget ketika suatu hari yang nggak terduga, mereka akan mengkhianati dan menjegalmu terang-terangan. Nah, diharapkan kamu jadi lebih peka ketika berpengalaman menghadapi teman seperti ini. Ke depannya, kamu harus lebih bijak lagi memilih relasi, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan. Dengan begitu, jaringanmu juga akan meluas di samping mendapatkan teman untuk berbagi pengalaman.

2. Jangan terpengaruh dengan mereka yang suka bergunjing, justru kamu harus bisa menjalin komunikasi dengan cara yang positif

Teman yang suka bergunjing via www.usatoday.com

Para penggunjing biasanya menyebarkan berita yang belum tentu valid kebenarannya. Mereka akan menceritakan sesuatu yang didapatkannya dari orang lain dan seolah-olah bukan berasal darinya sendiri. Jangan buru-buru percaya dengan mereka kalau nggak mau kariermu terhambat karenanya. Biar nggak jadi korban, jauhi kegiatan bergosip di tempat kerja. Cobalah menjalin hubungan dengan teman kerja dengan cara yang positif, yakni jujur dan terbuka. Jadi jika si penggunjing mencoba meracuni pikiranmu, kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan.

3. Orang yang suka mengkritik memang ngeselin, tapi dengan kritikan, kamu akan lebih sempurna lagi dalam menyelesaikan pekerjaan

Suka mengkritik via www.thebalance.com

Kesal memang punya teman kantor atau bahkan atasan yang sukanya mengkritik. Mereka hobi banget mencari-cari kesalahan kecil demi bisa menyalahkan pekerjaanmu habis-habisan. Parahnya lagi, mereka cuma bisa menyalahkan tanpa memberikan solusinya. Nah, manfaatkan pengalamanmu ini untuk menempa diri dan memperbaiki kinerja lebih baik lagi. Kamu akan jadi orang yang lebih teliti dan detail dalam menyelesaikan pekerjaan. Jadi, manfaatkan keberadaan musuhmu ini untuk berbenah diri.

4. Si penjilat jadi kesempatanmu buat bekerja lebih giat dan menunjukkan keseriusan demi karier yang menanjak

Si penjilat via www.lifehacker.com.au

Advertisement

Beberapa orang punya teman penjilat yang suka mengakui hasil kerja orang lain sebagai jerih payahnya. Nggak jarang, para penjilat ini jadi anak kebanggaannya si bos. Jangan kesal dulu, kamu bisa kok menghentikan upaya pencurian gagasan ini dengan disiplin memberi laporan harian singkat pada si bos tiap hari. Dengan cara ini, si bos mengetahui status dan melihat siapa yang melakukan pekerjaan sebenarnya. Kamu bakal mendapatkan kepercayaan karena sudah bekerja keras dan tekun, sehingga layak dapat pujian.

5. Rival abadi adalah musuh yang sebenarnya patut kamu jadikan teman sekerja yang positif

Rival sejati via www.vitalsmarts.com

Mungkin ada orang yang selalu bersikap baik denganmu, begitupun kamu ke dia. Tapi, rupanya kalian adalah dua orang yang saling bersaing dalam pekerjaan. Yup, kamu dan dia adalah rival. Kalian berteman baik tapi saling mencemooh di belakang jika salah satunya meraih keberhasilan. Tapi, jika ada seseorang yang sama-sama nggak kalian sukai dan mengganggu kerja tim, otomatis kalian akan bekerja sama. Karena kepentingan yang sama, kalian pun akan menjadi sahabat secara tiba-tiba. Alhasil, kamu jadi punya teman yang pas buat dijadikan tim kerja, ‘kan?

Jadi, kalau kamu punya musuh di tempat kerja, jangan dulu dihindari, justru mereka bisa jadi batu pijakanmu untuk meningkatkan karier lebih tinggi lagi. Tetap semangat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya