Sebelum kamu ngamuk-ngamuk, ada baiknya kamu pahami bahwa artikel ini nggak bermaksud untuk menjatuhkan cewek. Kesuksesan memang tidak bisa semudah itu ditentukan oleh gendermu. Tapi, sikap yang sering kamu lakukan dalam keseharianmu itulah yang akan berpengaruh besar terhadap tercapainya kesuksesan yang kamu impikan.

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan cewek yang kalau terus-terusan dilakukan akan menghambat kesuksesan mereka di masa depan. Dengan berbagai alasan, sering kali cewek terkadang tertinggal dari cowok untuk urusan pekerjaan. Padahal, jika berada di jalur yang benar, cewek sebenarnya punya potensi untuk lebih cepat sukses di masa mendatang. Apa saja alasan-alasan kesuksesan ini sering terhambat di perjalanan? Hipwee merangkumnya untukmu.

1. Karena didominasi oleh perasaan, cewek terlalu banyak khawatirnya saat mengambil keputusan berkaitan dengan pekerjaan

Cewek cenderung lebih khawatir.

Cewek cenderung lebih khawatiran. via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Duh, kalau gue ambil nih keputusan, bakal ngerusak reputasi nggak ya?

Nanti gagal nggak ya?

Sadar atau nggak, cewek jauh lebih khawatir ketimbang cowok. Dalam hal ini khawatir yang berlebihan. Yup, memang kekhawatiran cewek itu alami. Nggak dibuat-buat dan nggak salah juga. Sebelum bertindak, cewek akan sangat memikirkan dampak dari langkah yang diambilnya. Nah, hal tersebut sangat berbeda dengan cowok yang cenderung jauh lebih santai menanggapi dampak dari tindakannya.

Girls, kita bisa banget jauh lebih sukses dari cowok lho! Syaratnya sebagai cewek kita selalu mengusahakan diri untuk selalu berpikir positif, serta membuang segala kekhawatiran yang berlebih. Yup, karena kesuksesan tidak dibayangi oleh keraguan-raguan dan pikiran negatif. Keep calm and stay positive, girls!

2. Saking inginnya mendapat pengakuan, kamu mungkin nggak sadar kalau selama ini kamu berusaha keras menjelma jadi orang lain

Terlalu menduplikat orang lain.

Terlalu menduplikat orang lain. via 7-themes.com

Advertisement

Sebagian cewek mungkin punya idola atau panutannya masing-masing. Panutan mereka untuk meraih kesuksesan. “Oke, gue mau jadi kaya dia nih, inspiratif!” Nggak salah memang.

Hanya saja, akan menjadi perkara manakala kamu terobsesi untuk menjadi panutanmu itu. Hingga tanpa kamu sadari, kamu menjadi duplikatnya. Padahal, kamu sebenarnya punya inner beauty, punya keunikan sendiri yang berpotensi untuk mengantarmu menuju kesuksesan. Kamu bisa lho menjadi sukses dengan tetap menjadi diri sendiri. Kamu hanya perlu menjadi lebih percaya diri.

3. Sering memikirkan banyak hal membuat cewek kerap terganggu hal remeh temeh. Sementara cowok lebih bisa mengendalikan pikiran

Disaat yang bersamaan, cowok sibuk memikirkan agenda pekerjaan.

Di saat yang bersamaan, cowok sibuk memikirkan agenda pekerjaan. via www.tumblr.com

Cewek: Besok, gaya rambut gue apa ya? Gue pakai tas yang mana ya? Sepatu warna apa ya? Pulang kerja, gue nyari diskonan ah di mall.

Cowok: Oke, besok gue bakal ngejalanin agenda A, B,C, dan seterusnya.

Girls, peduli dengan penampilan memang perlu. Wajar jika cewek memikirkan sepatu, baju, dan tas saat akan ke kantor esok hari. Akan tetapi, terlalu berlebihan memikirkan penampilan juga nggak baik. Waktu yang seharusnya bisa kamu pakai untuk menyusun agenda besok, justru kamu isi untuk memikirkan sepatu, tas, dan baju.

Nggak salah kalau kamu peduli dengan penampilan, tapi untuk menjadi pribadi yang lebih produktif, kamu bisa lho mengendalikan diri untuk nggak terlalu tergoda. Atur waktu-waktu tertentu di mana kamu bisa mengatur rencana pribadimu, dan juga rencana kerjamu. Jangan lupa, disiplinlah dengan waktu yang kamu terapkan itu. Maka dengan begitu performa kerjamu akan ikut meningkat.

4. Kebanyakan cewek lebih bertindak sesuai hati ketimbang logika. Sementara kebanyakan cowok mengutamakan logika dulu baru hati

Hati vs logika!

Hati vs logika! via quotesgram.com

Cewek akan berpikir sejuta kali saat mengambil tindakan yang berkaitan dengan pekerjaan. Cewek sangat memikirkan dampak dari keputusan yang diambilnya, bukan hanya yang berkaitan dengan dirinya, tapi juga bagi orang lain. Sementara pikiran cowok nggak dipengaruhi oleh hal-hal tersebut. Ini adalah perbedaan yang nyata antara cewek dan cowok.

Girls, bertindak berdasarkan hati itu bisa menjadi senjata untuk menjadi lebih sukses. Hanya saja, bisa menjadi masalah manakala kamu sudah menjelma menjadi pribadi yang terlalu nggak enakan atau nggak tegaan di dunia kerja. Hampir setiap hari pastinya kamu dituntut untuk mengambil keputusan yang objektif, walau dampaknya bisa menyakitimu atau orang lain. Agar pengambilan keputusanmu efektif, kamu perlu belajar lebih tega untuk melawan perasaanmu yang mengganggu dan mengikuti tujuan yang lebih besar, yaitu hasil pekerjaanmu.

5. Banyak cewek lebih sering teralihkan perhatiannya pada kelemahan rivalnya. Jadi lupa deh sama usahanya sendiri

Cewek sangat memikirkan rivalnya.

Cewek sangat memikirkan rivalnya. Salah satunya dengan gibah. via learnwomen.com

Ini nih poin yang penting. Sadar atau nggak, cewek jauh lebih memikirkan tentang seseorang yang menjadi rivalnya. Yang sayangnya, hingga mencuri perhatian dan waktunya hanya untuk memikirkan sang rival. Apa saja kelemahan sang rival yang bisa ia temukan, bisa menggeser fokusnya untuk meraih kesuksesan. Girls, kalau kamu mau lebih sukses, baiknya kurangi waktumu untuk memikirkan orang lain dan mulai tingkatkan kualitas dirimu sendiri. Semangaaat!

Disengaja atau tidak, kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah alasan yang dapat menghambat cewek untuk dapat tampil unggul dan memberikan kinerja terbaiknya di dunia kerja. Setidaknya, tulisan ini bisa kamu jadikan pengingat, bahwa untuk bisa sukses, kamu harus mengurangi hal-hal di atas. Sepakat?

#SalamMotivasiHipwee 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya