6 Langkah Mudah dan Realistis Bangun Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis sampingan ibu rumah tangga

Membangun bisnis tentunya akan lebih mudah kalau paham dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Kamu pasti tahu kalau di luar sana banyak sekali peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa, pekerja kantoran hingga ibu rumah tangga. Setiap orang selalu punya pilihan dalam hidup. Meski ada yang sudah berumah tangga dan menjadi ibu, namun bukan alasan untuk nggak mencoba membangun bisnis. Bahkan ada juga ibu muda yang bekerja kantoran tapi tetap punya bisnis sampingan. Hm…emang bisa ya? Bisa banget dong.

Advertisement

Sobat Hipwee yang sekarang ini udah berumah tangga, nggak ada salahnya kalau mau menjajal dunia bisnis. Beberapa orang mungkin ada yang berpendapat kalau seorang ibu yang udah punya anak akan sulit untuk membangun bisnis lantaran kesibukan mengurus keluarga. Semua tergantung orangnya. Bahkan ada juga yang tetap berbisnis meski udah berkeluarga dan memiliki anak.

Buat kamu ibu rumah tangga yang ingin membangun bisnis, berikut langkah paling mudah yang harus dilakukan;

1. Langkah yang pertama adalah memilih jenis usaha yang paling ‘dekat’ dengan keseharianmu

Photo by Sarah Chai from Pexels

Sebagai ibu rumah tangga yang ingin menjajal bisnis sampingan, kamu bisa memilih peluang bisnis yang paling ‘dekat’ denganmu sehingga lebih mudah dan terjangkau.. Misalnya menjual kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan anak. Yang namanya kebutuhan anak dan peralatan rumah tangga pasti banyak yang mencarinya. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini.

Advertisement

2.Langkah yang kedua adalah menghitung biaya untuk berbisnis. Pastikan anggaran untuk berbisnis dan keperluan keluarga dipisah

Photo by Mufid Majnun on Unsplash

Memisah anggaran untuk berbisnis dan keperluan keluarga sangatlah penting. Hal ini untuk meminimalisir gesekan keuangan dalam berumah tangga. Kamu harus pandai mengatur uang. Ada baiknya kamu memilih peluang usaha yang sesuai dengan biaya yang sudah kamu perhitungkan. Nggak apa-apa sedikit demi sedikit, lama-lama melejit.

3.Langkah yang ketiga adalah meluangkan waktu untuk mengurus bisnis. Buatlah jadwal, sisakan waktu khusus untuk fokus terhadap bisnis

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ibu rumah tangga pasti punya kesibukan yang hampir nggak ada waktu luang. Apalagi kalau anak masih kecil. Demi kelangsungan dalam menjalankan bisnis, kamu bisa meluangkan waktu ketika pekerjaan rumah tangga udah beres. At least, 1 jam lah.

4. Langkah keempat adalah bekerja sama dengan keluarga. Memberi pengertian kepada mereka agar kamu bisa lebih maksimal dalam mengurus bisnis

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ada baiknya kamu bekerja sama dengan keluarga seperti suami atau anak. Kamu bisa memberikan pengertian agar mereka paham ketika waktu luang, kamu mengurus bisnis. Siapa tahu malah mereka bisa bantu kamu lo.

Advertisement

5. Langkah kelima adalah memanfaatkan komunitas untuk mempromosikan bisnis. Yang namanya ibu rumah tangga pasti punya banyak komunitas

Photo by RF._.studio from Pexels

Di sini kamu bisa memanfaatkan perkumpulan RT, arisan, atau jaringan lain untuk mempromosikan bisnis. Ini merupakan promosi gratis yang mampu menghasilkan. Apalagi kalau kamu ikut arisan komplek, maka peluangnya akan semakin besar.

6. Langkah yang terakhir adalah mengikuti perkembangan bisnis dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti platform media sosial

Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Persaingan bisnis di era sekarang memang semakin ketat. Siapa yang nggak bisa mengikuti perkembangan akan semakin tertinggal. Meski kamu adalah ibu rumah tangga dengan berbagai kesibukan, pastikan kamu selalu memantau perkembangan bisnis di era digital seperti sekarang ini dengan memanfaatkan media sosial media.

Nggak ada yang bisa menghalangi keinginan seseorang untuk mencoba di dunia bisnis meski kamu udah menjadi ibu rumah tangga. Adanya langkah-langkah dalam membangun bisnis khususnya untuk ibu rumah tangga tentunya akan semakin memudahkan keinginanmu untuk tetap berbsinis meski sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Semangat ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE