Financial Hacks ala 6 CEO dan Orang Sukses Dunia. Sobat Diskon dan Gratisan Juga Ternyata~

financial hacks orang sukses

Siapa yang sering mentang-mentang awal bulan lalu berasa jadi sultan? Semuanya di-check out eh tahu-tahu tengah bulan sudah mengeluh miskin lagi karena kurang memerhatikan untuk lebih mengatur keuangan. Akhirnya cuma bisa mimpi untuk menjadi sosok kaya raya yang nominal 0 di rekeningnya nggak bisa dihitung sehingga tak perlu lagi deh menunggu gajian kalau ingin ‘jajan.’ Tapi, memang benar ya kalau orang sudah sukses jadi bisa menggunakan uang dengan seenaknya?

Advertisement

Eits, jangan salah! Ternyata beberapa CEO dan orang sukses juga tetap menerapkan beberapa hacks untuk keuangan dan menerapkan hidup hemat dalam keseharian lo. Kalau nggak percaya  coba simak deh strategi yang mereka terapkan, siapa tahu bisa diikuti!

1. Saat membicarakan keuangan nama Warren Buffet tak bisa dilewatkan begitu saja, ia punya beberapa hacks yang bisa diterapkan

Warren Buffett/ Credit: USA White House via commons.wikimedia.org

Walaupun sosok investor miliarder namun Warren Buffet tetap membatasi dirinya dalam menggunakan uang. Menurutnya menabung adalah sebuah prioritas, jangan sampai menabung dari sisa uang yang dipakai tapi sebaliknya yaitu memakai uang sisa yang ditabung untuk dipakai. Ia juga mengatakan bahwa ketika menerima kenaikan pendapatan atau mendapatkan bonus maka gaya hidup tak perlu ikut naik karena jika melakukannya artinya kondisi keuangan akan sama saja.

2. Meskipun sudah kaya raya namun Co-founder dan CEO perusahaan MakeSpace menyarankan untuk memanfaatkan sesuatu yang bisa didapat gratis

Ternyata bukan kita saja yang suka sesuatu gratisan tapi CEO MakeSpace, Rahul Gandhi pun demikian. Meskipun begitu, yang dimaksud gratisan di sini bukan sesuatu yang dikhususkan untuk mereka yang membutuhkan ya namun lebih ke fasilitas yang bisa digunakan oleh semua orang. Ia menyebutkan bahwa saat harus mengajak dua anaknya pergi maka ia akan memilih pergi ke perpustakaan atau museum yang tak perlu membayar mahal bahkan gratis.

Advertisement

3. Jeff Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia saat ini menyarankan untuk memiliki pemasukan dari banyak sumber

Jika kebanyakan orang memilih untuk mengandalkan satu saja sumber pemasukan maka Jeff memilih untuk mengembangkan beberapa bisnis sebagai sumber pendapatan. Kuncinya adalah dengan delegasi, daripada membuang waktu menyelesaikan semuanya sendiri sebaiknya mendelegasikan tugas ke seorang ahli untuk mengerjakan sesuatu sehingga hasilnya maksimal. Walaupun mungkin kamu belum punya modal untuk berbisnis, kamu bisa mendapatkan pendapatan dengan mengambil pekerjaan sampingan.

4. Memaksimalkan rewards ketika berbelanja atau melakukan transaksi lainnya adalah hack dari Co-founder Tiger Finance

Rachel Mayer/ Credit: Rachel Mayer on Twitter via twitter.com

Rachel Mayer yang merupakan Co-founder Tiger Finance mengungkapkan bahwa dirinya menghemat ratusan bahkan ribuan dolar dalam setahun untuk penerbangan kelas bisnis dengan memanfaatkan rewards dari kartu kredit yang ia gunakan. Jika tak menggunakan kartu kedit, kamu bisa juga kok memanfaatkan promo dan diskonan baik untuk traveling, belanja, atau membeli makan.

5. Masih berhubungan dengan diskon, ternyata CEO Simple Contacts menanyakan diskon duluan walaupun mungkin tak dicantumkan

Advertisement

Co-founder sekaligus CEO perusahaan yang bergerak di bidang telemedicine perawatan mata, Joel Wishkovsky memberikan saran yang satu ini. Menurutnya tak masalah untuk menanyakan atau bahkan meminta diskon kepada pihak toko duluan karena mereka biasanya tak mengatakannya. Ia membuktikan bahwa dirinya mampu mendapat diskon sampai 20% setelah bertanya.

6. Sobat impulsif sepertinya perlu menerapkan hack dari CEO Slice ini supaya tak dengan mudah buang duit ke hal yang tak perlu

Founder dan CEO dari perusahaan yang menyediakan layanan pemesana pizza ini menyarankan untuk membuat daftar pengeluaran dan mengeliminasi satu hal dari pengeluaran tersebut yang sebenarnya kalau tak dibeli kita tetap bisa hidup. Biasanya akan ada keperluan-keperluan yang tak terlalu penting semacam ini jika dilihat lagi dengan lebih fokus. Proses ini bisa dilakukan 3 sampai 6 bulan sekali.

Walaupun sudah sukses bukan berarti seseorang bisa semena-mena menggunakan uangnya, malah harusnya bisa makin bijak supaya kalau ada peningkatan pendapatan, uangnya tak habis lagi begitu saja seperti biasanya. Nggak apa-apa sesekali memberikan self reward, tapi jangan dijadikan alasan untuk terus-terusan jajan ya! 🙂

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE