4 Investasi ala Fresh Graduate Lengkap dengan Tipsnya. Sedikit-sedikit Nanti Jadi Bukit!

investasi ala fresh graduate

Menjadi seorang fresh graduate artinya bersiap dipenuhi dengan pengalaman yang serba baru. Mulai dari menyebar CV ke berbagai perusahaan sampai interview berkali-kali masih dengan idealisme yang dimiliki. Saat ini pula biasanya banyak yang jadi lebih menghargai keberadaan uang karena merasakan sulitnya mencari ‘pegangan’ yang satu ini. Berbagai hal yang ingin dicapai juga mulai terlihat padahal perlu banyak pendapatan yang disimpan untuk bisa mewujudkannya.

Advertisement

Mumpung masih berusia muda, tak ada salahnya untuk belajar menabung atau agar lebih untung sebaiknya uang bukan hanya disimpan melainkan juga digunakan untuk mendapatkan penghasilan pasif melalui investasi. Yap, investasi ini ada banyak bentuknya dan ada juga beberapa yang cocok untuk dipraktikkan bagi fresh graduate. Penasaran kan apa saja?

1. Reksa Dana merupakan salah satu investasi yang banyak digemari orang, investasi yang satu ini ternyata bisa cocok untuk fresh graduate lo

Reksa dana/ Credit: Snowing on Freepik via www.freepik.com

Investasi ini akan cocok untuk pemula karena melansir laman Bursa Efek Indonesia, pemodal kecil dan pemodal yang tak begitu memiliki keahlian dan waktu untuk menghitung risiko akan mudah memahami investasi jenis ini. Dana yang dihimpun akan diinvestasikan dalam portfolio efek oleh Manajer Investasi yang membuatnya lebih aman. Dilansir dari Koin Works, keputusan yang dibuat untuk membeli produk investasi atau berapa presentase untuk jenis investasi tertentu akan dilakukannya.

Hal ini juga minim risiko dibandingkan investasi jenis saham karena menerapkan diversifikasi di dalamnya. Cara untuk memulai investasi ini adalah dengan memilih produk, yang sesuai, jangka waktu investasi, dan profil risiko. Jangan lupa pula untuk memilih manajer investasi yang andal.

Advertisement

2. Emas sudah lama menjadi produk investasi yang diandalkan banyak orang, pasalnya minim risiko dan relatif aman, cocok untuk pemula. Tapi pastikan investasi emasnya tepat ya

Emas/ Credit: Lemonsoup14 on Freepik via www.freepik.com

Emas menjadi salah satu produk investasi yang terjamin karena harganya yang selalu naik dan tidak terpengaruh oleh inflasi. Karena kamu baru lulus dan modal investasinya mungkin pas-pasan, maka emas bisa banget jadi pilihan karena pembelian per gramnya sangat bisa kamu sesuaikan. Emas juga cocok untuk digunakan sebagai investasi jangka panjang jika kamu punya target tertentu sekitar 5 tahun ke depan. Agar aman, pembelian emas perlu diperhatikan tapi kini sudah banyak kok tempat aman untuk membeli bahkan bisa dilakukan dengan online. Untuk mengetahui investasi produk ini dengan lebih detail, kamu bisa mengecek di sini.

3. Daripada hanya menabung biasa di bank, kamu bisa mengalihkan uangmu ke deposito lo agar lebih untung

Daripada menabung biasa, deposito biasanya memiliki bunga yang lebih besar. Biasanya ada bermacam-macam jangka yang bisa dipilih untuk penyimpanan seperti 1 bulan, 3 bulan, hingga 1 tahun atau 2 tahun dan tidak bisa diambil seenaknya. Jangka ini bisa dipertimbangkan tergantung kapan kamu akan menggunakan dana yang disimpan tersebut karena kamu bisa mendapatkan denda jika mengambil sembarangan. Akan tetapi, di luar itu risiko yang ditimbulkan cenderung rendah.

4. Obligasi yang mungkin masih menjadi sesuatu yang asing untukmu yang masih fresh graduate, ternyata bisa cukup menguntungkan juga. Jangan takut untuk mencari tahu ya!

Advertisement

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh entitas pemerintahan atau perusahaan dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Biasanya perusahaan akan membayarkan bunga atau kupon setiap bulannya. Selain bunga, ada beberapa keuntungan lain seperti mendapatkan capital gain jika obligasi dijual ke investor umum, pasti akan dibayarkan kembali dengan kuponnya jika itu obligasi negara, kupon biasanya lebih tinggi dari bunga, dan surat ini bisa dijadikan sebagai jaminan atau agunan.

Investasi tak harus dimulai dengan jumlah uang yang besar namun bisa juga dimulai walau dari jumlah yang kecil atau sesuai kemampuan yang ada, karena makin lama jumlah tersebut juga makin bertambah. Selain berinvestasi dalam beberapa produk yang sudah disebutkan, kamu juga bisa lo memutar uang dengan memulai berbisnis #UKMDariDanUntukIndonesia, yuk #KitaMulaiBersama!

xx
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE