Banyak orang menganggap pekerjaan paling enak di dunia adalah menjadi seorang pengusaha. Tidak diatur oleh atasan, tidak punya jam kerja di kantor seperti karyawan biasa, uangnya banyak, mobil mahal, punya toko dimana-mana, dan bisa kasih gaji ke banyak pegawai yang kerja sama kita. Keren, itu yang jadi poin pertama saat ada teman yang kini sudah sukses jadi pengusaha.

Padahal, apa yang kamu lihat saat ini jauh berbeda dengan apa yang mereka alami di awal membangun usahanya. Ada perjuangan dan juga pengorbanan di balik kerajaan bisnisnya yang sudah besar, ada keringat dan air mata saat sedang merintis usahanya tersebut. Mereka yang akhirnya mencapai kata sukses bukanlah sembarangan orang. Hanya yang punya 5 karakter ini yang punya bakat jadi pengusaha.

1. Tidak takut gagal dan berani ambil resiko. Karena sejatinya menjadi pengusaha berarti bermain dengan tantangan

Berani ambil resiko via www.wisatasia.id

Advertisement

Membuka usaha berarti berani menerima tantangan, tidak kenal menyerah dan juga harus bisa bersahabat dengan resiko. Ketiga poin inilah yang jadi paling berat untuk dilakukan. Tapi, pengusaha sukses harus benar-benar bermental baja agar siap menghadapi apapun yang terjadi. Menjadi pengusaha berarti harus kerja lebih giat, bermain dengan keadaan yang tak pasti dan penuh risiko. Bisa saja bulan ini untung besar, tapi kita tak tahu nasib bulan-bulan berikutnya. Berbeda dengan karyawan yang ada pada level aman karena bagaimanapun pekerjaannya, tiap bulan dia akan menerima gaji.

Selain itu, banyak pengusaha yang baru bisa merasakan sukses di percobaan ke sekian. Jangan ditanya sudah berapa banyak kerugian yang dialami setelah mencoba, bangkrut, dan mencoba lagi. Kalau kamu nggak punya karakter pada poin ini, mending jangan coba-coba deh jadi pengusaha.

2. Disiplin dan nggak pernah menyepelekan waktu. Buatmu 24 jam sehari benar-benar sangat berarti

Menghargai waktu via www.themindfulword.org

Orang sukses adalah mereka yang disiplin dan menghargai waktu. Nggak ada ceritanya usaha sukses didapat dari berleha-leha, bangun siang, tidur larut karena begadang, nongkrong nggak jelas cuma buat haha-hihi sama teman-teman. Untukmu yang tak suka datang terlambat, pintar memanfaatkan waktu dan 24 jam sehari rasanya bahkan masih kurang, selamat, salah satu ciri jadi pengusaha ada pada dirimu.

3. Kreatif dan inovatif. Punya banyak ide menarik yang out of the box

Punya banyak ide menarik via www.iimagineservicedesign.com

Advertisement

Ada orang yang punya pola pikir kreatif dan inovatif. Itu semua tidak melulu hasil genetik dan bawaan dari lahir, tapi kamu bisa membangunnya sendiri. Lewat seringnya berkumpul dengan orang-orang yang juga kreatif, lewat kegagalan-kegagalan yang kamu temui dan juga lewat banyak hal sehari-hari yang kamu lalui. Usaha yang dirintis mungkin bukanlah yang pertama ada, tapi dengan kreasi dan inovasi yang dibuat, semua bisa jadi daya jual yang tinggi dan merupakan salah satu kunci sukses seorang pengusaha.

4. Nggak malu untuk belajar dari siapapun. Bukankah pengalaman justru jadi guru terbaik?

Belajar dari siapa saja via content.wisestep.com

Belajar dari pengalaman benar-benar jadi pepatah yang sangat tepat. Tapi, kita tidak harus belajar dari pengalaman sendiri. Jangan malu untuk belajar dari pengalaman orang, bertukar pikiran dan juga ide. Merasa sudah tahu dan sok pintar biasanya justru akan menjatuhkan diri sendiri. Kalau kamu juga punya karakter ini, rasanya bakat jadi pengusahamu makin kuat.

5. Nggak gengsian. Kalau mau buka usaha tapi gengsi, sepertinya sukses masih jauh dari harapan

Membuka usaha, apapun itu, haruslah tak kenal sama yang namanya gengsi. Kalau kamu masih saja mengandalkan gengsi yang tinggi, rasanya sukses masih jauh dari harapan. Bayangkan saja, saat awal membuka usaha, kamu tidak bisa langsung menyerahkan begitu saja sepenuhnya sama karyawan. Akan ada masanya kamu ikut turun langsung ke usaha yang kamu rintis. Jadi, buat apa gengsi demi usaha yang akan dibangun lebih besar lagi nantinya.

Kalau kamu punya ke semua karakter ini, mungkinkah kamu pengusaha sukses selanjutnya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya