Tak Hanya Model dan Desainer, ini 6 Pilihan Pekerjaan Kalau Kamu Mau Berkarier di Bidang Mode

pekerjaan di bidang mode

Kini ketertarikan seseorang akan dunia fesyen rasanya lebih mudah disalurkan sejak ada platform Instagram, TikTok, hingga Youtube. Semua bisa menjadi seorang model tanpa peduli kondisi tubuh yang dimiliki yang biasanya harus memenuhi standar tertentu. Akan tetapi, dunia mode profesional tentunya tak kalah begitu saja dengan kehadiran dunia baru tersebut, lagipula ketika tertarik dengan dunia mode ternyata menyalurkannya tak melulu jadi model lo.

Advertisement

Selain menjadi seorang model atau desainer, ternyata ada beberapa jenis pekerjaan lain di bidang fesyen yang mungkin bisa kamu coba. Jika kurang merasa berbakat di jadi model atau desainer, kamu bisa menyalurkan kesenanganmu ke beberapa pekerjaan lain terkait mode berikut ini. Simak yuk apa saja dan penjelasannya dilansir dari Indeed dan beberapa sumber lain!

1. Sebelum ke bidang yang lain, mungkin kamu penasaran dengan apa saja yang dilakukan oleh seorang fashion designer, beda lo sama penjahit

Fashion designer/ Credit: Press Foto via www.freepik.com

Jika biasanya penjahit tinggal mengeksekusi baju yang diinginkan oleh klien, maka fashion designer dituntut untuk lebih pintar dalam mengeksplorasi kreativitasnya. Ia harus merancang busana yang disesuaikan dengan tren dan target pasar, namun juga tetap memiliki ciri khas. Ia akan banyak berkomunikasi dengan divisi lain agar mencapai produk yang diinginkan.

2. Jika kamu memiliki hobi memadu padankan pakaian untuk orang lain mungkin kamu akan cocok menjadi seorang stylist

Fashion designer/ Credit: master1305 on Freepik via www.freepik.com

Jika desainer adalah seseorang yang mendesain pakaian dan mengeksekusinya sampai jadi, maka stylist adalah seseorang yang memadupadankan pakaian yang akan dipakai oleh model atau talent. Pekerjaan ini bukan sesuatu yang sepele lo, kamu harus menguasai konsep yang akan diterapkan, mengenal karakteristik model, sampai tahu warna-warna yang akan membangun mood tertentu. Selain bekerja dengan brand atau agency, kamu juga bisa kok bersolo karier.

Advertisement

3. Ternyata seorang desainer tak bisa menentukan semuanya sendiri, ia juga memerlukan bantuan seorang pattern maker untuk membuat pola pada desainnya

Pattern maker/ Credit: snowing on Freepik via www.freepik.com

Sebelum seorang desainer memutuskan untuk membuat pakaian, maka harus ada seseorang yang menentukan pola yang akan dibuat. Makanya kedua pihak ini biasanya akan banyak berdiskusi untuk menentukan konsep dan motif seperti apa yang diinginkan. Ia harus mampu mengoperasikan software untuk membuat desain tersebut dan menerapkannya ke berbagai bidang yang berbeda.

4. Mungkin kamu sering mendengar posisi creative director, tugasnya adalah menentukan tema sampai bagaimana eksekusinya

Creative designer/ Credit: lookstudio on Freepik via www.freepik.com

Jika desainer bertanggung jawab dalam membuat pakaian sampai jadi, seorang creative director memiliki tanggung jawab dalam menentukan tema atau konsep besar yang akan dilaksanakan, makanya ia harus mengetahui tren apa yang sedang berlaku namun juga berpegang pada visi misi yang dimiliki oleh perusahaan sehingga tetap memiliki ciri khas. Ia juga membuat campaign yang akan menentukan koleksi seperti apa yang akan dikeluarkan di waktu tertentu.

5. Jika pattern lebih ke permukaan dan desain di suatu produk, maka untuk menentukan bahannya perlu ada seorang garment technologist

Jenis kain/ Credit: prostooleh on Freepik via www.freepik.com

Garment technologist memiliki tanggung jawab dalam hal pengembangan bahan, ia harus melakukan pengujian pada benang, tekstil, dan serat. Untuk memperoleh material yang paling cocok untuk produk yang akan dihasilkan, seorang garment technologist harus melakukan riset dan berdiksusi dengan fashion designer.

Advertisement

6. Fashion illustrator juga menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan ke depannya, biasanya lebih ke iklan

Fashion illustrator/ Credit: drobotdean on Freepik via www.freepik.com

Jika seorang fashion designer lebih banyak mendesain untuk pakaian yang akan dibuat, maka fashion illustrator ini akan membuat sketsa produk fesyen termasuk pakaian, sepatu, sampai aksesori. Biasanya ia juga akan membuat sebuah copy dan bahan promosi online maupun cetak.

Nah, sekarang kamu mulai bisa mengecek nih kira-kira pekerjaan mana yang paling cocok dengan kemampuan yang kamu miliki saat ini. Kan senang kalau dari hobi ternyata bisa juga jadi kerjaan sehari-hari.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE