6 Perempuan Keren di Balik Perusahaan Besar Dunia. Mulai dari Bidang Fesyen sampai Teknologi!

perempuan sukses bisnis

Happy International Women’s Day!

Advertisement

Tanggal 8 Maret diperingati sebagai hari perempuan sedunia. Hari ini dipilih untuk merayakan prestasi para perempuan di bidang sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Beberapa bidang yang dulunya lebih sering didominasi oleh para pria. Jangankan untuk menjadi seorang pemimpin, bekerja saja dulu merupakan hal yang sulit untuk dilakukan bagi seorang perempuan. Akan tetapi, kini lebih banyak wanita yang mampu menunjukkan bahwa ternyata kita juga bisa mencapai semua mimpi yang selama ini dianggap hanya bisa dilakukan oleh laki-laki.

Bukan sekadar bekerja, kita juga punya hak yang sama untuk berinovasi, memimpin, bahkan mendirikan sebuah perusahaan. Pencapaian tersebut dibuktikan oleh beberapa wanita di balik perusahaan-perusahaan terkenal berikut ini. Simak yuk siapa saja!

1. The Body Shop merupakan salah satu brand perawatan wajah dan tubuh idola banyak orang, penemunya ternyata perempuan bernama Anita Roddick

Seiring makin terbukanya orang-orang dengan perawatan diri, produk The Body Shop bahkan tak hanya digunakan oleh para wanita saja namun juga para pria. Awal terbentuknya brand ini ternyata cukup unik di mana Anita senang keliling dunia dan memutuskan untuk membuat produk perawatan pribadi. Dia menawarkan produknya melalui The Body Shop yang pertama kali buka di Brighton, Inggris. Sejak dulu ia mengedepankan konsep membumi serta ramah lingkungan dan binatang yang membuat brand miliknya makin digemari. Kini, The Body Shop sudah bisa ditemui di lebih dari 45 negara.

Advertisement

2. Di bidang fesyen dan ritel ada nama Jin Shook Chang asal Korea Selatan yang berada di balik brand Forever21

Jin Shook Chang bersama suaminya pindah dari Korea Selatan ke Los Angeles pada tahun 1981, 3 bulan setelahnya mereka membuka bisnis yang dinamai Fashion 21 yang ternyata cukup menguntungkan. Tahun pertama sales mereka sudah mencapai $700 ribu yang digunakan untuk membuka beberapa toko baru setiap 6 bulan. Nama Fashion 21 juga akhirnya diubah menjadi Forever 21 yang fokus pada pakaian remaja.

3. Bukan hanya di bidang kecantikan dan fesyen, wanita juga berperan dalam bisnis di bidang teknologi, salah satunya Rashmi Sinha

Rashmi Sinha/ Credit: Wikipedia via en.wikipedia.org

Rashmi Sinha merupakan dalang di balik penemuan platform terkenal yang digunakan untuk berbagi presentasi yaitu SlideShare. Ia mendirikannya di tahun 2006 bersama rekannya yang bernama Jonathan Boutelle. Sinha memiliki gelar master di bidang neuropsikologi kognitif dan baru menyadari bahwa passion-nya di bidang teknologi ketika mengerjakan sesuatu di laboratorium. Tahun 2013, SlideShare diakuisisi oleh perusahaan raksasa LinkedIn dengan $118,75 dan memiliki lebih dari 16 juta pengguna.

4. Masih di bidang teknologi, penemu platform untuk berbagi foto bernama Flickr tenyata ditemukan oleh seorang perempuan bernama Caterina Fake

Advertisement

Tahun 2002, Caterina menemukan platform untuk membagikan foto yang bernama Flickr. Saat itu sebenarnya platform ini merupakan bagian dari sebuah gim yang sedang dikembangkan olehnya dan suami. Uniknya gim tersebut malah menjumpai kegagalan dan aplikasi untuk berbagi foto justru menjadi populer. Tahun 2005, perusahaan ini diakuisisi Yahoo dengan $35 juta dalam bentuk tunai dan saham. Setelahnya, Caterina kembali mendirikan sebuah situs bernama Hunch dan menjadi jajaran direksi di Etsy.

5. Kikkoman yang merupakan merek berbagai saus asal Jepang memiliki sejarah yang unik, penemunya seorang perempuan bernama Shige Maki

Merek yang satu ini berawal dari tahun abad ke-17 di Jepang. Saat itu, seorang single parent karena perang bernama Shige Maki melarikan diri bersama anaknya dari istana di Osaka ke Edo yang kini bernama Tokyo. Maki dan anaknya mencoba untuk bertani dan membuat saus kedelai seperti tentangganya. Ia mengubah sistem produksinya menjadi lebih maju sehingga produknya tetap memiliki rasa yang otentik hingga sekarang.

6. Perusahaan start-up BirchBox merupakan salah satu perusahaan yang dibuat oleh perempuan dan ditujukan untuk perempuan

Perusahaan ini menerapkan sistem langganan di mana pelanggan akan dikirimi kotak berisi berbagai poduk kecantikan dari merek yang berbeda setiap bulannya. Pelanggan cukup membayar $10 bulan untuk dikirimi produk, sampel, bahkan berupa kejutan dari Birchbox. Penemunya adalah dua orang perempuan bernama Katia Beauchamp dan Hayley Barna yang masuk 30 under 30 tahun 2012 bidang marketing dan influencer iklan.

Wah, keren-keren sekali ya perempuan-perempuan ini. Baik di bidang kecantikan, start-up, pembuatan situs, semuanya bisa dikuasai. Tak hanya itu, perusahaan yang didirikan pun tak hanya bertahan satu dua tahun tapi bahkan ada yang sampai 350 tahun! Dengan kesempatan yang sekarang makin terbuka, kamu juga bisa kok meraih apapun mimpi yang diinginkan. Yuk semangat yuk!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE