Kamu pingin punya mobil sendiri di usia 20-an? Bisa kok!

“Tapi gajiku mana cukup?” “DP dan cicilan tambah bunganya gimana?” “Mana kuat aku nyicil tiap bulan?” Tenang! Kalau kamu memang mau, mobil pribadi untuk dirimu sendiri bisa diusahakan. Tentu mengusahakannya tidak hanya dengan doa. Kiat-kiat jitu di bawah ini juga harus kamu coba.

Kamu penasaran gak gimana aja kiat-kiat jitunya? Yuk, simak penjabaran lengkapnya di artikel ini!

1. Jangan malas cari referensi harga. Tak harus mobil baru, yang bekas pun tak ada salahnya.

baru atau bekas? via donoyako.tumblr.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cari banyak-banyak referensi. Pertimbangkan juga apakah kamu akan membeli mobil baru atau bekas. Jangan langsung meremehkan opsi membeli mobil bekas. Apalagi untuk mobil pribadi pertamamu, mobil bekas yang masih bagus bisa jadi alternatif terbaik sebelum kamu mampu membeli mobil baru.

Advertisement

Selanjutnya pikirkan matang-matang, mulai dari tipe, merek, model, hingga fitur kelengkapan yang diberikan. Untuk mobil baru, cari tahu juga perlengkapan tambahan yang ditawarkan oleh masing-masing dealer, apakah mereka memberikannya satu paket dengan mobil atau terpisah. Dan untuk mobil bekas, sering-sering saja berkunjung ke bursa mobil bekas yang ada di kotamu. Dengan begitu kamu bisa mengecek barangnya secara langsung dan test drive.

2. Beli mobil bekas punya keluarga atau teman sendiri bisa dijadikan opsi. Gak hanya harga yang bersahabat, kondisinya juga kita tahu pasti.

bekas gak masalah kok via firtka.if.ua

Sebelum mencari referensi dari banyak tempat, kamu bisa memulainya dari lingkungan terdekatmu. Cari tahu apakah ada keluarga atau teman yang berminat untuk menjual mobil mereka. Jika iya, hal ini tentu bisa dijadikan pilihan. Selain harga yang diberikan lebih ramah, kamu juga akan merasa tenang karena tahu bagaimana cara mereka merawat dan menggunakan mobilnya.

3. Ada beberapa perusahaan mobil yang kerja sama dengan bank buat cicilan o% atau punya bunga kecil. Manfaatkan ini untuk meringankan cicilan.

cicilan 0% via www.autoblog.com

Jangan malas untuk mencari banyak referensi. Tak hanya mengenai kondisi mobil yang akan kamu beli, tapi juga sistem pembayarannya. Karena hal inilah yang sangat penting ke depannya. Kamu perlu tahu bahwa ada beberapa produk mobil yang bekerjasama dengan kartu kredit untuk cicilan 0% hingga berbunga kecil. Manfaatkan hal ini sehingga kamu tak terlalu terbeban dengan cicilan yang harus dibayarkan.

4. Asuransikan kesehatan dari sekarang, 5 tahun lagi duitnya bisa diambil untuk bayar DP dan cicilan mobil.

asuransikan kesehatan dari sekarang via shkolazhizni.ru

Asuransi kesehatan memang dianggap belum penting bagi kebanyakan anak muda. Dengan kesehatan jasmani yang masih dimiliki, mereka justru merasa jumawa. Padahal, sebenarnya memiliki asuransi kesehatan sejak dini merupakan cara terbaik untuk mengamankan kondisi finansial. Bila kamu sakit nanti, seluruh biaya sudah tercover dan hal ini justru lebih menghemat karena kamu tak perlu mengeluarkan dana tak terduga.

Kamu bisa kok memilih premi asuransi kesehatan dengan nominal terendah. Sekitar 5 tahun ke depan uang yang kamu setorkan sebagai premi akan terakumulasi dan bisa ditarik kembali. Memang jumlahnya tidak akan 100% utuh karena akan terpotong dengan pajak namun akan cukup digunakan sebagai DP mobil masa depanmu?

5. Sisihkan 15% dari gaji tiap bulan dan depositokan uangmu biar gak gampang tergoda untuk diambil tiap waktu.

Apalagi kalo tanggal tua… via www.okeygan.com

Selain ikut asuransi kesehatan, kamu juga wajib menyisihkan minimal 15% dari gaji tiap bulan untuk ditabung. Masukkan ke dalam deposito supaya kamu gak tergoda untuk mengambilnya tiap saat. Cara ini terbukti ampuh untuk menabung, sehingga nantinya uang yang terkumpul jumlahnya bisa maksimal.

6. Mending nabung lama buat DP karena semakin besar uang muka, makin kecil cicilannya. Makin murah pula bunga yang harus dibayar.

nabung lama via szelektalok.hu

Yang harus dipastikan adalah, jangan terburu-buru untuk membeli mobil karena bisa-bisa nanti kamu terbeban dengan jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Pastikan kamu menabung dalam jangka waktu yang lama, sehingga uang muka yang akan kamu berikan juga makin besar. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh dengan cicilan beserta bunga yang dibayarkan. Makin besar uang DP yang kamu berikan, maka makin ringan pula cicilan dan bunga bulanannya.

7. Ikut arisan bareng temen-temen juga bisa dijadikan cara, hasil arisan pun bisa jadi tambahan uang muka.

Mengadakan arisan bersama dengan teman-teman atau saudara juga bisa dijadikan cara untuk menghasilkan uang tambahan. Nantinya uang yang kamu dapatkan dari hasil arisan bisa dimasukkan ke dalam deposito untuk menambah tabungan yang sudah terkumpul. Lumayan ‘kan untuk menambah DP atau meringankan cicilan bulanan?

8. Cicil beli aksesoris mobil mulai dari sekarang. Hal sederhana macam ini bisa memacu semangatmu untuk mengumpulkan uang.

beli aksesoris mobil via www.aliexpress.com

Memang ketika mengumpulkan uang, godaan yang ada juga besar. Kamu pasti tergoda untuk membelanjakan uang demi kebutuhan yang tak perlu atau hedon demi menyenangkan diri sendiri. Kamu bisa kok mengantisipasinya dengan cara sederhana. Beli saja aksesoris mobil mulai dari sekarang. Ini merupakan cara sederhana supaya semangatmu untuk menabung demi mobil masa depan bisa terus membara.

9. Di akhir hari tanyakan pada dirimu sendiri, “Yakin kamu emang butuh mobil sekarang? Gak bisa nunggu nanti?”

yakin mau beli sekarang? via www.huffingtonpost.com

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, sebaiknya kamu tanyakan kembali pada diri sendiri. Apakah kamu yakin mau membelinya sekarang? Apakah punya mobil saat ini adalah prioritas utama? Dan, sudahkah prioritasmu yang lainnya terpenuhi? Jika ketiga pertanyaan tadi sudah terjawab dengan kata “iya”, maka kamu boleh saja membulatkan tekad untuk membeli mobil sekarang. Namun, jika belum sebaiknya kamu urungkan niatmu dulu karena justru prioritas lain yang lebih penting akan terkorbankan hanya karena kamu memenuhi ambisimu untuk membeli mobil sekarang.

Apakah kamu punya cara jitu lainnya supaya bisa punya mobil sendiri di usia 2-0an? Kalo ada share di kolom komentar dong!