Mengenal Program Kuliah Online di Indonesia yang Sudah Eksis Sebelum Pandemi. Incaran Karyawan!

program kuliah online indonesia

Kini, kebanyakan universitas masih menerapkan sistem perkulihan online demi mengurangi kemungkinan terjadinya transmisi virus Corona antar mahasiswa maupun dosen. Akan tetapi, ternyata jauh sebelum pandemi ini terjadi, beberapa universitas sudah memberikan pilihan akan adanya kuliah online. Bahkan universitas terkenal macam Universitas Indonesia dan beberapa universitas ternama lainnya di luar negeri menyediakan juga. Biasanya program ini ditujukan untuk mereka yang ingin tetap melanjutkan pendidikan namun memiliki kesibukan hingga tak bisa melangsungkan kuliah tatap muka dengan jadwal yang sudah saklek.

Advertisement

Bisa juga kuliah ini dilangsungkan oleh mereka yang ingin kuliah di luar negeri namun terhalang jarak dan biaya yang biasanya tak sedikit. Nah, terus apa ya keuntungan dan kelemahan kuliah online yang satu ini? Kita simak yuk penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Jangan dianggap sepele, ternyata menurut penelitian orang yang melakukan kuliah online memiliki  kinerja lebih baik lo dari yang kuliah biasa

Gitu kata penelitian/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Kuliah online merupakan sebuah alternatif yang sudah dilakukan beberapa waktu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Para mahasiswa tak harus bertatap muka dengan mahasiswa lain atau dosen. Metode yang digunakan ada banyak seperti webinar, podcast, social networking, dan lain sebagainya. Pun, ada beberapa software yang digunakan seperti blog, ePortfolio, discussion board, instant messaging software, dan lain-lain.

Hal ini membuat para mahasiswa sudah terbiasa dengan berbagai teknologi yang nantinya akan membantu digunakan di pekerjaan. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Amerika Serikat, mahasiswa yang kuliah secara online bisa menunjukkan kinerja yang lebih baik dari mahasiswa yang kuliah ke kampus lo.

Advertisement

Jika kamu orang yang sibuk, kuliah online ini bisa jadi alternatif yang cukup baik karena memiliki berbagai kelebihan

Lebih hemat juga/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Kelebihan yang mungkin sudah kamu tau adalah waktunya yang lebih fleksibel dan tak perlu datang langsung ke tempat kuliah sehingga kamu juga bisa menghemat biaya tansportasi, apalagi kalau universitasnya luar pulau atau luar negeri. Jika kamu berpikir perkuliahan ini akan lebih banyak menghabiskan waktu, ternyata anggapanmu tak benar lo karena justru waktu tempuh kuliah online relatif lebih singkat dibanding kuliah biasa.

Karena sistem perkuliahan jarak jauh, mahasiswa juga dituntut untuk lebih kreatif, mandiri, serta bertanggung jawab. Pengetahuan yang didapat pun tak kalah luas karena justru rasa ingin tahu bisa tumbuh karena sering eksplor sendiri. Nilai plus lainnya adalah biaya yang lebih terjangkau dibanding kuliah biasa karena mahasiswa tak perlu menggunakan fasilitas yang disediakan kampus.

Walaupun ada kelebihan, ada juga kekurangan yang harus disiasati saat mengikuti perkuliahan online ini

Mahal/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Mengikuti perkuliahan online tentunya sepaket dengan kebutuhan akan gawai dan koneksi internet. Jika koneksi tidak stabil maka akan terjadi masalah pada proses belajar mengajar. Jadi biasanya biaya lebih banyak ‘lari’ ke hal-hal tersebut. Komitmen dan disiplin yang kuat juga sangat dibutuhkan agar tidak hilang di tengah jalan. Interaksi yang dilakukan tanpa tatap muka juga menyebabkan kurangnya interaksi sosial, namun hal ini tidak akan jadi masalah jika kamu bertemu banyak orang dan memiliki teman-teman di luar jam kuliah.

Advertisement

Jika kamu pensaran mana saja kampus yang menyediakan kuliah online di dalam negeri (di luar masa pandemi ini), ada beberapa kampus terbaik

Ternyata banyak/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Ternyata kuliah online ini justru tak hanya diselenggarakan oleh kampus swasta saja lo, kampus negeri juga membuka kelas ini. Berikut beberapa universitas terbaik yang menggelarnya:

Kuliah online yang mungkin dirasa kurang efektif ternyata bisa jadi sebaliknya bagi orang yang memiliki kesibukan tertentu. Biaya transportasi bisa dihemat, ilmu pun bisa tetap didapat. Syaratnya hanya perlu komitmen yang kuat agar bisa lulus. Nah, kalau kamu masih bingung akan masuk kuliah namun juga ingin mengerjakan yang lain, tahun ini mungkin kuliah program online sekalian bisa kamu jadikan pertimbangkan.

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE