Belajar Cerdas Kelola Uang ala Raditya Dika. Soal Pensiun Dini Sampai Tabungan Pendidikan Anak!

raditya dika pensiun dini

Raditya Dika, sebuah nama yang besar karena hobinya menulis di blog. Berkat kepiawaiannya dalam menuliskan cerita sehari-hari menjadi sebuah kisah kocak yang mudah dinikmati, ia sukses membesarkan namanya hingga seperti saat ini. Walaupun awalnya ia ingin fokus menjadi penulis, kini ia malah sukses jadi seorang content creator di berbagai platform media sosial berkat kemampuannya beradaptasi dengan tren. Tak heran jika penghasilannya mampu menghidupi dirinya dan keluarga untuk bertahun-tahun ke depan.

Advertisement

Bahkan setelah ditelusuri lagi, ternyata ia mengaku bahwa target untuk pensiun dini sudah tercapai 5 tahun lebih cepat dari targetnya 40 tahun. Kemapanan finansial ini bukan hanya didapat karena penghasilannya yang besar namun juga kemampuan untuk mengatur dan berinvestasi. Kita simak yuk tips yang ia bagikan!

1. Hidup minimalis menjadi sebuah cara hidup yang dipegang Raditya Dika. Bukan berarti menahan diri untuk tak membeli apa-apa ya~

Hidup minimalis/ Credit: Raditya Dika via www.instagram.com

Mengutip dari kanal Youtubenya, Dika memilih untuk hidup sesuai dengan standarnya sendiri, bukan mengikuti standar orang lain. Sehingga saat membeli suatu barang maka barang tersebut harus yang benar-benar dibutuhkan atau yang membuat bahagia ketika membelinya, bukan untuk menarik perhatian orang-orang yang atau ajang pamer di media sosial. Ia juga mengaku walaupun penghasilannya meningkat, ia tak mengubah gaya hidup menjadi lebih bermewah-mewah.

2. Investasi adalah hal yang sangat perlu dilakukan di mana semakin lama jangkanya akan semakin menguntungkan

Jangan lupa investasi/ Credit: Raditya Dika via www.instagram.com

Saat berencana pensiun dini, maka investasi adalah salah satu hal yang sangat perlu dilakukan. Dika sendiri melakukan beberapa jenis investasi yang dilakukan secara bertahap seperti dari deposito, reksadana, baru ke saham. Di unggahan video yang lain ia menyatakan bahwa paling tidak uang yang disimpan harus memenuhi jumlah tertentu sampai benar-benar aman jika akan pensiun. Ia memberikan contoh perhitungan dengan mengkalkulasikan pengeluaran per tahun lalu dibagi 4%. Setelah menginvestasikannya maka akan ada bunga sekitar 7% di mana 3% bisa disimpan dan 4% bisa digunakan.

Advertisement

3. Dika juga memiliki prinsip untuk ‘tidak ngutang dan tidak mau ngutangin’, hal ini bisa jadi beban di masa mendatang

Main aman/ Credit: Raditya Dika via www.instagram.com

Menurutnya pemasukan harus lebih banyak daripada pengeluaran sehingga ada baiknya untuk menyesuaikan dalam membeli sesuatu dengan bujet yang dimiliki. Membeli barang yang sederhana lebih baik daripada harus utang, sedangkan jika ingin barang yang lebih mahal maka ada baiknya menambahkan penghasilan hingga mencapai uang yang dibutuhkan. Ia juga menambahkan bahwa walaupun memberi utangan kepada orang lain layaknya menabung, namun sebisa mungkin ia menghindarinya dengan alasan personal seperti takut kehilangan teman. Makanya biasannya ia lebih memilih untuk memberikan pekerjaan dan membayar dengan nominal sesuai dengan value yang diberikan.

4. Hubungan dengan uang adalah kebiasaan, makanya perlu komitmen yang kuat untuk menjalani keuangan sehat

Harus komitmen/ Credit: Raditya Dika via www.instagram.com

Untuk memiliki keadaan finansial yang sehat maka segala pengaturan yang sudah dijelaskan perlu dijadikan kebiasaan. Beberapa contoh selain yang sudah disebutkan di poin sebelumnya adalah berbelanja sendiri alih-alih dengan teman agar tak ada hasutan, membayarkan pajak agar tak nunggak dan malah jadi semakin banyak, hingga berdonasi.

5. Mau tak mau saat memiliki pasangan maka kondisi keuangan bisa jadi ikut terpengaruh makanya memiliki pasangan yang sehat secara finansial juga diperlukan

Advertisement

Pasangan sehat finansial/ Credit: Raditya Dika via www.instagram.com

Sikap terhadap uang harus dibicarakan sebelum menikah bersama dengan pasangan, sehingga pertengkaran karena perbedaan cara menggunakan uang ini juga bisa dihindari nantinya. Mulai dari investasi dan bagaimana kamu mengeluarkan uang untuk digunakan perlu dicocokkan satu sama lain. Menurut Dika hal ini akan menjadi fondasi karena biasanya uang bisa jadi sumber konflik yang cukup besar. Dengan memiliki partner yang sehat secara finansial, maka kemapanan untuk pensiun dini bisa didapatkan.

Yang perlu digarisbawahi dari beberapa tips yang diberikan oleh Raditya Dika adalah bahwa saat menyangkut pengeluaran maka yang perlu menjadi pertimbangan adalah kebutuhan diri sendiri bukan orang lain. Kita juga tidak perlu memaksakan diri untuk menghabiskan uang atau bahkan utang demi memperoleh sesuatu yang belum saatnya kita miliki. Terakhir, investasi jadi instrumen penting jika ingin pensiun dini. Semoga ini bisa menginspirasi kamu juga ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE