Tanpa Perlu Begadang Semalaman, Inilah 8 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Demi Nilai Sempurna Saat Ujian

Apakah kamu masih sering memakai SKS (Sistem Kebut Semalam) setiap akan menghadapi ujian?

Sistem ini memang dipercaya ampuh bagi para mahasiswa malas demi mendapat nilai bagus saat ujian. Padahal sebenarnya banyak kerugian yang akan kamu dapatkan ketika memilih sistem ini sebagai metode belajar. Tak hanya ilmu yang akan langsung menguap ketika ujian telah usai, namun kesehatanmu juga ikut dipertaruhkan.

Advertisement

Mulai sekarang berhenti deh menyiksa diri demi mendapat nilai bagus saat ujian. Karena Hipwee punya 8 kiat mudah supaya kamu dapat nilai sempurna tanpa perlu begadang semalaman!

1. Dengarkan baik-baik tiap kali dosen memberikan penjelasan. Bila perlu, buat juga rangkuman berisi materi yang beliau katakan.

belajar tanpa begadang

belajar tanpa begadang via oied.ncsu.edu

Jika ingin mendapat nilai sempurna saat ujian tanpa perlu begadang, kamu tak bisa lagi bersikap cuek ketika berada di kelas. Kamu wajib mendengarkan setiap penjelasan yang dosen sampaikan. Karena biasanya materi yang keluar ketika ujian tak ada di buku diktat maupun catatan, melainkan lewat apa yang dosen jelaskan secara lisan. Bila perlu kamu bisa membuat sendiri rangkuman yang khusus berisi penjelasan yang dosen katakan ketika memberikan penjelasan di kelas.

2. Aktiflah ambil bagian dalam setiap kerja kelompok bersama teman. Hal ini akan mempermudahmu untuk mengingat materi yang diperlukan.

belajar tanpa begadang

belajar tanpa begadang via www.huffingtonpost.com

Selain aktif ketika berada di kelas, kamu juga tak boleh pasif ketika sedang belajar kelompok bersama dengan teman. Ikut ambil bagian membuatmu memahami apa yang kamu pelajari. Bahkan, terkadang kamu jadi ingat benar terhadap materi kerja kelompok karena kamu benar-benar terjun dan memberikan kontribusi nyata.

Advertisement

3. Setiap dosen memiliki kriteria dan syarat tersendiri untuk memberi nilai bagus pada mahasiswanya. Cari tahu kriteria penilaian seperti apa yang dimiliki oleh dosen pengajarmu sedari awal kamu mengikuti kelasnya.

belajar tanpa begadang

belajar tanpa begadang via system.suny.edu

Setiap dosen memiliki kriteria penilaian sendiri. Ada beberapa dosen yang akan memberimu nilai tinggi ketika kamu presentasi dengan menggunakan bahasa inggris, atau dengan mudah memberi nilai A pada tema penelitian tertentu, bahkan ada pula dosen yang bermurah hati memberikan nilai bonus bagi mereka yang selalu aktif di dalam kelas. Jika kamu ingin mendapat nilai sempurna di mata kuliah tertentu, kamu wajib tahu kriteria penilaian seperti apa yang dosen terapkan pada mahasiswanya sedari awal kamu mengikuti kelasnya.

4. Pelajari juga gimana caranya kamu bisa dapat A di kelas itu. Mulai dari jumlah presensi, pengumpulan tugas, hingga nilai UTS dan UAS yang harus kamu penuhi.

belajar tanpa begadang

belajar tanpa begadang via singapore.eduvietglobal.vn

Selain mencari tahu kriteria penilaian dari dosen, kamu juga bisa mempelajari metode penilaian yang diterapkan oleh dosen tersebut. Misalnya saja beliau memberikan nilai berdasarkan presensi 20%, UTS 30%, dan UAS 60%. Dari sini kamu pun tahu bagian mana saja yang harus kamu kejar agar mendapat nilai sempurna di mata kuliah tersebut.

5. Buat evaluasi dan diskusi kecil-kecilan tiap kali setelah mendapatkan hasil ujian. Dari sini kamu bisa belajar memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan.

belajar tanpa begadang

belajar tanpa begadang via www.thebridgeofsnm.com

Evaluasi perlu kamu lakukan tiap kali setelah mendapat hasil ujian yang sebelumnya. Apapun hasilnya kamu perlu mengadakan evaluasi, bukan hanya ketika nilaimu tak memuaskan saja. Diskusikan bersama dengan teman atau dosen untuk membahas soal yang tak bisa kamu selesaikan secara sempurna. Dari sini kamu bisa tahu dimana letak kesalahanmu sehingga ke depannya kamu tak mengulang kesalahan serupa.

6. Buat “jembatan keledai” untuk mempermudah caramu menghafalkan. Tanpa begadang semalaman, kamu dengan mudah bisa menghafal bahan ujian.

belajar tanpa begadang

belajar tanpa begadang via www.mwtinstitute.edu.au

Terkadang kita memang tak hanya dituntut untuk memahami materi saja, namun juga menghafalkannya. Untuk menghafalkan materi yang ada kamu tak diwajibkan kok membaca materi hingga pagi buta. Bahkan, ada metode tertentu yang membuatmu tak perlu membaca keseluruhan materi berulang kali. Terapkan saja metode “jembatan keledai” untuk mempermudah proses penghafalan.

Caranya pun cukup gampang, kamu tinggal menyingkat poin-poin materi yang akan kamu hafalkan dengan hanya mencomot satu suku kata di depannya saja dan buatlah kalimat baru yang unik dari kumpulan suku kata tersebut. Misalnya saja seperti ketika kamu menghafal tabel periodik unsur dan memberikan istilah yang lucu dan gampang diingat, seperti Bebek mangan cacing seret banget rasane. Kamu pun bisa berkreasi dengan materi lainnya dan membuat kalimat unik yang gampang kamu ingat sendiri.

7. Daripada mencorat-coret buku diktat dengan stabilo, lebih baik mencatat ulang demi membuat ringkasan. Materi yang dipelajari pun akan lebih mudah mengendap di ingatan.

Mencorat-coret buku diktat dengan beragam stabilo dan menambahkan catatan kaki sebenarnya tak terlalu efektif. Hal ini justru akan membuatmu malas membaca karena bukumu terlihat penuh dengan coretan. Justru cara yang paling efektif adalah dengan membuat ringkasan dari materi yang kamu punya.

Dengan menuliskan kembali, kamu jadi bisa lebih ingat daripada hanya sekedar membacanya saja. Selain itu rangkuman yang kamu buat bisa lebih mudah dibawa kemana-mana daripada ketika kamu membawa buku diktat tebal.

8. Tak ada lagi jadwal tidur pada dini hari, jika kamu bersedia meluangkan waktu 10 menit untuk membaca ulang rangkuman setiap hari.

belajar tanpa begadang

belajar tanpa begadang via theodysseyonline.com

Mulai sekarang hapus kebiasaan tidur pada dini hari dari kamusmu. Kamu bisa menggantinya dengan kebiasaan yang lebih menyehatkan. Selalu luangkanlah waktu sekitar 10-15 menit tiap hari untuk membaca ulang materi yang sudah kamu dapatkan di hari itu. Cara ini dijamin lebih ampuh untuk membuatmu hafal daripada memasukkan materi secara paksa dengan begadang semalaman.

Menurutmu cara yang paling efektif yang nomor berapa? Jika kamu punya kiat-kiat lainnya, tambahkan di kolom komentar, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta anjing, penikmat kumpulan novel fantasi, dan penggemar berat oreo vanilla.

16 Comments

  1. Gak ada nilai sempurna, karena kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT dan Andra & the Backbone.

  2. Virly Anggra berkata:

    Kini Hadir BONUS BARU Untuk Para Member Sempurnapoker.net

    *Bonus deposit perdana
    – 50 Ribu Dapat 10 ribu
    – 100 Ribu dapat 20 ribu
    – 250 ribu Dapat 30 ribu
    – 500 ribu dapat 40 ribu
    – 1 juta dapat 50 ribu

    *Bonus turn over 0.4% perminggunya ( Dibagikan di hari senin )
    -Jika turnover mencapai 25.000.000 mendapatkan bonus 150ribu
    -Jika turnover mencapai 50.000.000 mendapatkan bonus 275ribu
    -Jika turnover mencapai 100.000.000 mendapatkan bonus 500ribu
    -Jika turnover mencapai 300.000.000 mendapatkan bonus 1,5 JUTA

    *Bonus referal 20% Seumur hidup
    Bukan hanya Untuk Member Baru !

    Kini hadir bonus untuk semua member kami :
    *Bonus jumaatan

    Dimana apa bila member melakukan deposit di hari jumaat minimal 50 ribu mendapatkan bonus 10 ribu , 250 ribu mendapatkan 20 ribu , 500 ribu mendapatkan 30 ribu , 750 ribu mendapatkan 40 ribu dan 1 juta mendapatkan 50 ribu dengan syarat wd 2x turn over ( khusus hari jumaat ) untuk 1 member berlaku 1x bonus setiap minggunya 🙂

    Gimana gan ? Tertarik bukan ?
    Langsung Klik http://www.SempurnaPoker.net
    Daftar dan Nikmati berbagai bonus yang kami miliki !
    Menang dan Senang bersama kami 🙂 !!
    Join now 🙂

  3. Muliani Ani berkata:

    http://www.QaQaPoker.com | Agen Poker QQ Online Terpercaya Indonesia
    Memberikan bonus bonus menarik untuk member baru dan member lama :
    * Bonus Deposit Perdana Member Baru
    – Deposit 50 Ribu Dapat 10 ribu
    – Deposit 100 Ribu dapat 20 ribu
    – Deposit 250 Ribu Dapat 30 ribu
    – Deposit 500 Ribu dapat 40 ribu
    – Deposit 1 Juta dapat 50 ribu
    * Bonus Turn Over Setiap Minggunya 0.4% Bila mencapai target akan diberikan bonus sebagai berikut :
    – Jika Turnover mencapai 25.000.000 mendapatkan bonus 150ribu
    – Jika Turnover mencapai 50.000.000 mendapatkan bonus 275ribu
    – Jika Turnover mencapai 100.000.000 mendapatkan bonus 500ribu
    – Jika Turnover mencapai 300.000.000 mendapatkan bonus 1,5 JUTA
    * Bonus jumaatan Berlaku Untuk Semua Member Baru Dan Lama
    Bila Member QaQaPoker.com melakukan deposit di hari Jumat akan mendapatkan bonus deposit sebagai berikut :
    – Deposit 50 Ribu bonus 10 Ribu
    – Deposit 250 Ribu bonus 20 Ribu
    – Deposit 500 Ribu bonus 30 Ribu
    – Deposit 750 Ribu bonus 40 Ribu
    – Deposit 1 Juta bonus 50 Ribu
    Syarat penarikan WD untuk bonus Jumatan adalah 2x TurnOver dari Total Deposit Dan Bonus Deposit yang didapat
    Hanya Berlaku 1 x untuk satu Member setiap Minggunya
    Tunggu apa lagi sobat ? Yuk buruan Daftar sekarang juga dan dapatkan Bonus Bonus dari QaQaPoker.com
    Untuk Info Lebih Lanjut Anda Bisa Menghubungi:
    FACEBOOK : http://www.Facebook.com/QaQaPokerOnline
    PIN BB : 2B4BA83F
    PHONE : +630964409193
    YAHOO MAIL : [email protected]

  4. bukan menyinggung, memang kalao kesempurnaan itu dri Tuhan, tapi apa elo yakin hanya mengandalkan do’a aja tanpa bekerja yakin elu dapat kesempurnaan, bayangin aja elu besoknya ujian sma dosbing, dan elu cuma do’a dan ga belajar tanpa adanya megang buku samasekalipun, yakin situ waras???
    #JanganTersinggungBrooo

CLOSE