Memahami 5 Tipe Pekerja Remote Selama Pandemi. Kalau Kamu Masuk Golongan yang Mana?

tipe pekerja wfh

Di tengah masa pandemi seperti ini, bisa bekerja remote dengan aman dan nyaman adalah sebuah privilese yang sepatutnya disyukuri. Sebosan apapun, pasti rasanya lebih was-was kalau masih harus pergi ke luar rumah setiap hari untuk ngantor kan? Namun, saat menghadapi wfh tentu ada berbagai reaksi yang muncul. Wajar sih, karena memang tipe pekerja selama bekerja remote memang berbeda-beda.

Advertisement

Selama ini, kamu mungkin hanya tahu ada 2 tipe orang saat menghadapi wfh; introver dan ekstrover. Padahal ternyata ada lebih dari itu lo, tergantung dari lamanya dia sudah bekerja di kantor tersebut. Apa aja sih tipe-tipe pekerja remote dan gimana tipsnya biar tetap bisa enjoy meski harus berjibaku di rumah; berjuang menuntaskan tanggung jawab kantor sekaligus tetap menyeimbangkan kehidupan di rumah? Simak yuk ulasannya dilansir dari berbagai sumber seperti laman Qerja ini~

1. Tipe pertama adalah tipe alami, yang mana dia sudah terbiasa dan bisa bersikap wajar apa adanya saat harus bekerja dari rumah

Credit: Pexels via www.pexels.com

Jika masuk tipe ini, kamu mungkin masuk tipe yang bisa cepat beradaptasi dan dengan alami dapat memulai pagi dan bersiap untuk kerja di rumah saja. Dimulai dari beres-beres, mencari inspirasi di teras belakang sambil menyeruput kopi, tipe alami ini bisa dibilang tetap menikmati posisinya selama bekerja di rumah saja. Deadline tetap terpenuhi, komunikasi dengan rekan lain lancar dan tingkat produktivitas tetap berjalan normal. Idaman banget sih, kalau kamu bekerja dengan partner begini di tengah pandemi!

Tips: Pekerja dengan tipe ini hampir nggak ada masalah berarti,  tapi tetap waspada ya karena bisa jadi bakal ada kebosanan yang melanda. Sesekali luangkan waktu seharian penuh untuk mengerjakan hobi dan terkoneksi dengan keluarga atau sahabat meski via video call bisa membantu kamu tetap semangat menjalani hari-hari.

Advertisement

2. Yang kedua, tipe newbie yang mana sudah baru masuk kerja, eh harus ikutan wfh pula

Credit: Pexels via www.pexels.com

Ada juga tipe pekerja newbie yang mana baru masuk kerja beberapa lama, beradaptasi dengan kehidupan kantor, eh malah harus ikut wfh karena pandemi. Nggak apa-apa sih sebenarnya, cuma kamu yang baru mulai memahami ritme kerja, kenalan dengan teman-teman kantor dan paham sedikit hal jadi agak kagok dan grogi.

Tips: Tipe pekerja begini mungkin akan sedikit sulit beradaptasi pada awalnya dengan rekan-rekan kerja lain yang sudah senior. Untuk mengatasinya, jangan sungkan untukj jujur dan meminta bantuan dari rekan-rekan yang sudah berpengalaman di bidangmu ya. Kalau kamu meminta dengan sopan, pasti ada kok yang mau membimbingmu meski dari jarak jauh. Juga ini kesempatanmu untuk lebih luwes dan menggali setiap potensi yang ada selama di rumah. Kalau kamu ‘lulus’ tahap ini, dijamin kamu akan bisa bekerja dengan mudah juga saat masuk kantor nanti.

3. Tipe senior adalah tipe ketiga. Golongan ini biasanya adalah pekerja ‘lama’ yang sudah biasa ngantor dan menganggap WFH adalah angin segar

Advertisement

Credit: Pexels via www.pexels.com

Tipe senior adalah tipe yang sudah lama bekerja di kantor, memahami ritme kantor dan terbiasa dengan jadwal padat masuk dan pulang kantor. Kebanyakan dari tipe ini cukup mensyukuri adanya WFH karena bisa lebih lama di rumah dan berkumpul dengan keluarga. Namun kekurangannya, bagi pekerja yang sudah berkeluarga tentu bakal muncul tantangan sendiri; menyelesaikan semua pekerjaan sembari tetap mengurusi anak dan seisi rumah.

Tips: Berkomunikasi secara terbuka akan membantu tipe senior untuk dapat terkoneksi dengan rekan kerja lain. Selain itu, manajemen waktu yang baik akan membantu mengatasi stres selama bekerja di rumah, apalagi di musim pandemi yang bikin was-was begini.

4. Tipe berikutnya adalah introver. Adakah yang merasa dirinya tipe ini banget? Hehe…

Credit: Pexels via www.pexels.com

Dari antara semuanya, tipe introver mungkin adalah tipe yang paling bahagia saat kantor mengeluarkan peraturan wfh.  Tipe ini senang bekerja dalam ketenangan dan tak banyak orang, sehingga nggak perlu repot banyak berinteraksi Tapi hati-hati karena tipe ini rentan untuk ‘terlupakan’, apalagi pas meeting virtual lebih suka diam. Jadi rugi deh kalau semisal si introver sebenarnya punya ide-ide cemerlang yang bisa menunjang kesuksesan tim kantor.

Tips: Jangan terlena dengan ‘kesendirian’ selama wfh ya. Tetap harus jaga komunikasi yang baik dengan teman-teman kerja setim. Kalau nggak nyaman bicara, manfaatkan e-mail atau chatting agar ide-ide cemerlangmu tetap tersampaikan dengan baik.

5. Terakhir adalah tipe terjadwal. Tipe ini jago memajemen waktu dan sudah mempersiapkan diri dengan baik, bahkan sebelum kebijakan wfh diumumkan

Credit: Pexels via www.pexels.com

Kamu dengan tipe ini pandai mengatur waktu. Ia tahu posisi bekerja di rumah ini nggak mudah, jadi dia sudah menjadwalkan semua hal dengan baik. Membersihkan rumah, membereskan pekerjaan dan me time sudah dijadwalkan dengan baik. Meeting dengan teman pun bisa diikuti dengan baik tanpa mengganggu jadwal kerja lain.

Tips: Senang pasti bekerja dengan teman yang pola kerjanya sepert ini. Agar kamu nggak stres, komunikasikan dengan baik jadwal kerjamu dengan rekan kerja, agar dia bisa ikut disiplin dan kamu pun tak mudah stres jika ternyata ada beberapa kondisi yang membuat jadwalmu jadi tak sesuai.

Memahami kamu masuk tipe pekerja seperti apa akan membantu kamu menjalani wfh selama new normal dengan lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa menjaga produktivitas hubungan kerja dengan tim jika dapat memahami dan menyiasati cara kerjamu dan cara kerja rekan satu tim. Semangat ya, meski masih tetap harus wfh!

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE