Sejak dirilis, iPhone emang jadi daya tarik gak hanya bagi Apple fanboy sendiri, namun juga mencuri perhatian pengguna Android dan penggemar setia ponsel pintar jenis lain. Bahkan yang selama ini belum pernah pakai ponsel pintar mungkin juga kebelet pengen segera menjinjing (karena terlalu besar buat digenggam) ponsel ini.

Karena sejumlah media lain udah terlalu sering membahas alasan mengapa kamu harus membeli iPhone 6 (baik yang biasa maupun Plus), kali ini Hipwee akan kasih alasan yang masuk akal kenapa kamu gak perlu membeli iPhone 6 sekarang. Penasaran ‘kan apa aja alasannya? Yuk, dibaca aja!

1. Alasan paling utama, iPhone 6 belum hadir secara resmi di Indonesia

Belum resmi beredar di Indonesia

Belum resmi beredar di Indonesia via www.scoopwhoop.com

Advertisement

iPhone 6 udah beberapa bulan yang lalu dirilis dan bikin kamu ngiler ingin segera memilikinya. Tapi sayangnya, ponsel ini belum ada secara resmi di Indonesia. Baik pihak distributor maupun operator telekomunikasi belum ada yang berani mengumumkan tanggal berapa iPhone 6 akan di jual di Indonesia. Ada selentingan kabar iPhone 6 segera masuk ke Indonesia, tapi how soon is soon? Gak ada yang tahu.

2. Kalau pun nekat beli di Black Market, harganya pasti luar biasa mahal

Yang kebelet beli BM

Yang kebelet beli BM via abc7.com

Bagi yang udah kebelet banget punya iPhone 6, mungkin membeli dari pasar gelap alias black market bisa jadi pilihan. Tapi ingat ya, ini barang BM. Selain ilegal kamu gak punya jaminan soal keabsahaan barangnya dan gak ada tanggungan garansi. Resiko tanggung sendiri. Lagian harga barang di BM gak selamanya murah, iPhone 6 BM dikabarkan menembus harga Rp. 18 juta. Masih mau beli barang mahal tanpa ada jaminan?

3. iPhone 5s yang dirilis setahun yang lalu itu sebenarnya masih cukup bagus kok!

iPhone 5s masih bagus kok

iPhone 5s masih bagus kok via www.myigadget.com

Ngapain juga buru-buru beli iPhone 6? Selain belum keluar dan mahal, iPhone 5s dan iPhone seri lama lain masih cukup kok untuk menunjung kebutuhan kamu. iPhone 5s dirilis Desember 2013 di Indonesia, nah belum juga setahun pasti masih oke dong?

Advertisement

Mari kita bandingkan aja deh spesifikasi iPhone 5s dan spesifikasi iPhone 6. Secara kamera, kedua ponsel ini masih mengandalkan kamera 8MP. iPhone 6 “cuma” punya sistem auto focus seperti yang dimiliki oleh kamera DSLR. Tapi kalau cuma buat foto-foto selfie sama teman-teman aja iPhone 5s sudah cukup memadai, kok!

Secara performa prosesor, iPhone 6 memang 25% lebih cepat dibanding iPhone 5s. Tapi sekali lagi, kalau kebutuhan kita sekedar untuk nge-LINE, nge-Path, Whatsapp, Twitter-an, dan bikin stop motion doang — iPhone 5s sudah lebih dari cukup.

4. Layarnya gede banget, jempol kamu gak bakal nyampe ke ujung layar

Gede gilak!

Gede gilak! via www.engadget.com

Apple is going big with iPhone 6. Seakan gak mau kalah dengan ponsel pintar dengan layar gede, iPhone 6 dibekali dengan layar seluas 4,7 inchi sedangkan iPhone 6 Plus dengan 5,5 inchi. Kamu yakin kamu butuh layar selebar itu? Emang bisa digenggam? Jempol kamu aja gak nyampe buat mengetuk ujung layar itu nantinya. Yang ada telapak tangan malah jadi pegal.

5. Karena terlalu lebar, iPhone 6 juga gak ramah bagi anak muda kekinian yang sering memakai skinny jeans

Nah loh

Nah loh via mashable.com

Saku kantong jins kamu mungkin gak cukup lebar buat menampung gawai ini. Kalau pun dipaksakan masuk, pasti bentuk ponsel ini tercetak jelas dari dalam celana kamu. Gak apa-apa kalau kamu memang mau niat pamer tapi apa kamu sudah dengar kasus #bendgate?

6. #Bendgate, Yap! Benda yang diharapkan kokoh ini ternyata bisa bengkok

bengkok

bengkok via abcnews.go.com

Desainnya sih boleh dibilang sleek, smooth, dan cutting-nya bulat gak kotak kayak sebelumnya (halo, Samsung Galaxy dan HTC One…). Tapi benda yang terbuat dari alumunium dan diharapkan kokoh ini malah bisa bengkok. Gak hanya ketika diselipkan ke saku celana tapi benar-benar bisa dibengkokkan dengan jari kamu sendiri!

7. #Hairgate, masalah buat kamu yang brewokan dan berambut tebal

Rambut apa rambut?

Rambut apa rambut? via www.mirror.co.uk

Belum beres dari masalah #bendgate ada satu lagi keluhan yang disampaikan pengguna iPhone 6 di luar sana: rambut dan brewok mereka sering terjepit dan tercabut ketika menggunakan iPhone 6 buat menelepon. Satu-satunya alasan kenapa kamu harus membeli iPhone 6 sekarang adalah kalau kamu mau dapat ponsel yang juga bisa berfungsi ekstra sebagai……

Yeah, cukuran atau pencabut bulu.

Bro, Gi***ette lebih murah kali Bro.

8. Kebanyakan fitur baru iPhone 6 merupakan fitur lama Android

Widget? Android udah punya duluan

Widget? Android udah punya duluan via www.businessinsider.co.id

Haduh, harus mulai dari mana? Untuk urusan layar di atas 4 inci aja, iPhone udah ketinggalan 3 tahun dari pesaingnya. Keyboard prediktif udah duluan digunakan Android (dan Blackberry), aplikasi keyboard dari pihak ketiga juga udah lama ada di Android. Lalu ada widget di notifikasi, mengaktifkan Siri dengan panggilan, dan penyimpanan foto di layanan cloud semuanya udah duluan dilakukan Android. Singkatnya, apa yang bisa dilakukan iPhone 6 mungkin sudah bisa dilakukan oleh Android yang kamu genggam sekarang.

9. iOS 8 bukanlah sistem operasi yang bebas dari masalah

Cantik, tapi banyak masalah

Cantik, tapi banyak masalah via www.theverge.com

Kita semua mengerti kalau gak ada Os yang sempurna, semuanya butuh update dan perbaikan dari pengembangnya. Namun hingga iOS 8.1, masalah dan bug masih bisa kamu temui di iPhone mulai dari sinyal WiFi yang lemah, baterai cepat habis, notifikasi yang freeze, Personal Hotspot menghilang dari menu dan beberapa masalah lain yang bakal bikin annoying.

Seperti pacarmu yang cantik, pintar tapi tetap suka ngambek itu, iOS 8 tidaklah sesempurna yang kamu bayangkan…

10. Mungkin kamu harus bersabar untuk menunggu iPhone 6s (Plus) benar-benar diluncurkan

Hehehe, bukankah begitu polanya? Produk dan inovasi edisi pertama Apple kebanyakan jeblok meskipun tetap laku di pasaran. Setelah kurang lebih setahun baru ada perbaikannya, kita lihat aja iPhone 3Gs, 4s, dan 5s.

Sementara, iPhone 6 gak bisa dipungkiri adalah inovasi terbaru dari Apple, dengan layar lebar dan iOS yang benar-benar baru. Kalau memang pola yang dikerjakan Apple masih serupa, kenapa nggak bersabar menunggu setahun lagi untuk iPhone 6s atau apalah namanya nanti yang lebih sempurna?

Apakah alasan-alasan yang Hipwee paparkan di atas membuatmu berpikir ulang untuk segera membeli iPhone 6? Atau, kamu justru makin tergoda untuk segera memilikinya?

Namun pada akhirnya semua pilihan tergantung dari kamu dan jumlah uang yang kini ada di dalam rekeningmu. Selamat memutuskan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya