Mobil kamu boleh aja yang paling keren atau keluaran terbaru, namun jangan buru-buru mengganti jok, memasang audio paling kencang dan beli velg customs dulu. Ada kebutuhan dasar yang jauh lebih penting dari sekedar gaya-gayaan di jalan.

Coba cek lagi benda-benda yang tersimpan di bagasi mobilmu. Apakah ban serep, kunci-kunci dan roda sudah lengkap? Kalau tiga item wajib itu sudah ada, maka kamu harus melengkapinya lagi dengan 10 benda yang wajib ada di dalam mobil kamu ini. Kelengkapan barang-barang ini tak hanya menjamin kenyamananmu di jalan, tapi juga membuatmu lebih aman dalam berkendara.

1. Kabel Jumper Aki, Buat Jaga-Jaga Kalau Akimu Tiba-Tiba Soak

Kabel jump start

Kabel jump start via www.wisegeek.com

Advertisement

Siapa sih yang rajin mengecek aki mobilnya tiap pagi kecuali petugas aki sendiri? Kita gak pernah tahu kapan aki mobil akan soak dan mati dan kita gak pernah tahu di mana kejadian itu akan terjadi. Selesai makan di rest area kamu masuk ke mobil, memutar switch dan “klik…klik…klik…” bukan suara mesin yang terdengar karena aki mobilmu tiba-tiba mati.

Itulah gunanya kabel jumper aki, dengan sedikit basa-basi kamu bisa minta tolong sama pengendara lain untuk men-jump start mobil kamu. Kamu belum pernah mengalami aki mati sebelumnya? Gak ada ruginya kalau kamu tetap menyimpan kabel tersebut untuk di saat darurat, hitung-hitung kamu juga bisa beramal membantu mobil lain yang gak punya kabel jumper.

2. Senter yang Kecil, Praktis, Dan Baterainya Tahan Lama

Membantu kamu baca peta

Membantu kamu baca peta via currentcaraccessories.com

Benda kecil namun sering kamu lupakan. Buat apa senter, ‘kan sudah ada lampu di dalam mobil? Iya emang benar, tapi apa bisa lampu kabin itu digunakan saat kamu mengganti ban dalam gelap malam?

Advertisement

Senter yang mungil dan mudah dipindahkan tersebut dapat kamu pakai ketika harus masuk ke bawah kolong mobil. Jangan lupa kalau aki kamu mati malam hari, kamu tetap membutuhkan sumber pencahayaan buat jump start. Kadang benda sekecil senter punya manfaat yag jauh lebih besar dari penampilannya.

Pilih senter yang bentuknya kecil, ringkas dibawa, tidak memakan banyak tempat, dan usahakan cari senter yang baterainya tahan lama. Mati gaya juga ‘kan kalau udah siap sedia senter, eehhh tahunya pas dibutuhkan malah habis baterainya?

3. Pastikan Ada “Segitiga Pengaman” Di Bagasi Mobilmu

Jangan pake daun lagi ya

Jangan pake daun lagi ya via www.tispol.org

Sebuah segitiga pengaman standar, dengan warna menyala dan memantulkan cahaya, bisa menjadi penangkal terjadinya kecelakaan lalu lintas saat kamu harus menepikan mobil di pinggir (dan di tengah) jalan raya. Ketika berhenti seperti itu sebenarnya kamu dan mobilmu sangat rawan untuk ditabrak oleh kendaraan yang gak menyangka ada mobil berhenti. Segitiga pengaman akan memberi peringatan pada sopir untuk hati-hati dan menghindar, warnanya yang menyala dan memantulkan cahaya membuat benda yang terlihat dari plastik ini terlihat dari jauh.

Selain memberi rasa aman pada dirimu dan orang lain, segitiga pengaman juga membuatmu terhindar dari kelakuan tolol mematahkan ranting kayu sebagai ‘daun pengaman’ dan berharap daun-daun itu terlihat dari kejauhan di tengah gelap malam. Lain kali ketika mobilmu mogok, segera menepi, nyalakan lampu hazard dan segera pasang segitiga pengaman beberapa meter di belakang dan depan mobil kamu.

4. Simpan Juga Tali Penderek Mobil

Menderek mobil

Menderek mobil via m.autobild.co.id

Karena gak semua orang punya, jadi kamu harus miliki tali kuat penarik mobil ini. Ketika kabel jumper gak mampu menolong, karena bukan aki sumber masalahnya, dan kamu gak ngerti apa-apa soal mesin maka tali berbentuk sabuk ini yang akan menolongmu hingga ke bengkel terdekat.

Kenapa tali derek ini harus selalu ada di mobil? Karena kamu bisa aja menemukan pengemudi yang baik hati mau menolongmu, tapi kalau dia gak punya tali derek mau apa? Sama-sama dorong ke bengkel? Lagipula, sebagai jaga-jaga siapa tahu kamu bisa menolong orang lain dengan tali ini.

5. Sediakan Selimut (Bukan Kain) yang Cukup Tebal

Bisa juga buat alas si doggie

Bisa juga buat alas si doggie via forums.vwvortex.com

Pasti kamu bertanya-tanya buat apa menyimpan selimut di mobil. Gak disangka-sangka selimut ini akan menemanimu ketika liburan ke daerah pegunungan yang sejuk seperti Dieng dan kamu gak kebagian kamar hotel. Selimut yang cukup tebal setidaknya bisa membuat kamu tetap hangat  saat bermalam di dalam mobil. Dan ketika pagi menyapa, selimut ini bisa kamu alih fungsinya sebagai alas untuk piknik di alam terbuka. Namun manfaat paling signifikan dari selimut ialah sebagai pemadam api. Selimut yang tebal dan berat mampu memadamkan api sebelum makin besar.

6. Pastikan Kamu Membawa Kotak P3K yang Lengkap Dengan Perban dan Obat-Obatan

Firs aid kit

Firs aid kit via www.scion.com

Pada dasarnya kamu gak perlu menyiapkan kotak beneran, cukup kontainer kecil berisi cairan antiseptik, perban, dan plester. Kamu bisa menggunakan kotak plastik es krim sebagai kontainernya. Jangan lupa untuk melengkapi first aid kid kamu dengan gunting, minyak kayu putih, dan obat-obatan untuk menangkal mabuk perjalanan lainnya. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau saat darurat seperti di bawah jok pengemudi atau di dalam laci dashboard.

7. Demi Keamananmu, Sediakan Pisau dan Palu Pemecah Kaca

Palu darurat

Palu darurat via www.zelfredzaam.be

Palu kecil yang sering kamu lihat berada di dalam bus dan kereta ini bisa jadi penyelamat ketika mobil terperosok hingga membuat pintu gak bisa dibuka. Bukannya mau menakut-nakutin kamu, namun di masa darurat dan panik seperti itu yang kamu inginkan ialah secepatnya keluar dari mobil, mungkin kaca dan jendela merupakan pilihan paling bijak.

Palu ini biasanya udah dilengkapi dengan pisau yang bisa kamu gunakan memotong sabuk pengaman dan sebagainya. Selain sebagai penolong diri di saat darurat, peralatan ini juga bisa kamu gunakan untuk menolong pengendara lain.

8. Bawalah Air Putih dan Makanan Kecil Dalam Dashboard Mobilmu

Selalu siapkan air

Selalu siapkan air via www.newswise.com

Selain memikirkan keselamatan tubuh kamu juga harus memikirkan bagaimana keadaan perutmu ketika kamu terjebak berjam-jam dalam kemacetan. Hindari dehidrasi dengan selalu menyiapkan sebotol air putih, lebih dari sebotol juga boleh.

Siapkan juga makanan ringan kering yang gak membusuk jika disimpan di dalam mobil. Menjaga asupan air dan nutrisi ke tubuh kamu sama juga dengan menjaga level konsentrasi dan kewaspadaan kamu di jalan. Tapi makan dan minumnya jangan saat menyetir, ya.

9. Lengkapi Mobilmu Dengan Cairan Penambal Lubang Ban Tubeless

Untuk sementara

Untuk sementara via www.youtube.com

Karena hampir semua ban mobil kini mengunakan ban tubeless maka kamu wajib menyimpan cairan penambal ini. Apalagi ketika ban kamu terlihat bocor dan kamu gak punya waktu untuk mengganti ban serep atau pergi ke bengkel ban. Setidaknya penambal ini memberi kamu jeda waktu untuk menuntaskan pekerjaanmu lalu segera bergegas mengganti ban. Kalau bisa lengkapi penambal ini dengan kompresor udara portabel  yang tenaganya dipasok dari soket pemantik api mobil.

10. Bawa Charger ponsel dan Power Bank Jika Perlu

Apalah arti ponsel tanpa baterai

Apalah arti ponsel tanpa baterai via www.mymemory.co.uk

Ponsel mungkin menjadi item yang paling jarang kamu lupakan untuk dibawa kemana-mana, namun jangan lupakan fakta bahwa ponsel memerlukan daya listrik dari baterai untu bekerja. Jadi sebenarnya, yang gak boleh kamu lupakan untuk disimpan di dalam mobil ialah charger ponsel, baterai cadanagan atau, yang lagi ngetren sekarang, power bank.

Ponsel bisa kamu gunakan untuk meminta pertolongan, bantuan derek dari teman, dan membunuh bosan saat menunggu mereka datang. Tapi apa gunanya ponsel kalau gak ada baterainya?

And last but not least, item wajib yang harus kamu bawa ke mobil (dan kemana-mana) uang tunai. Namun dalam kasus ini, simpan uang receh di mobilmu biar mudah saat memberi tip ke abang tukang parkir.

Item apa lagi yang wajib ada di mobil menurut kamu, guys? Perkakas apa aja yang kamu simpan selama ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya