Ruangan pertama yang dilihat oleh orang yang datang ke rumahmu nanti adalah ruang tamu. Karena itu, ruang tamu selalu jadi ruang yang harus benar-benar diperhatikan segala pengaturannya. Barang-barang yang ada di di sana harus benar-benar memfasilitasi para tamu yang datang. Apalagi kalau ruang tamumu juga berfungsi sebagai ruang keluarga nantinya, fasilitas yang ada harus bikin nyaman.

Kira-kira barang-barang apa saja ya yang harus ada di ruang tamumu? Hipwee Tips mencoba mendaftarnya untukmu! Sepele sih, tapi jangan sampai ada yang terlewat, ya 🙂

1. Agar ruang tamumu terlihat segar, letakkan tanaman asli di dalamnya. Lumayan bisa jadi penyedia oksigen juga

Tanaman via medmagz.com

kasih tanaman via homeedit.com

Ada dua jenis tanaman yang bisa kamu letakkan di ruang tamu. Bisa tanaman yang ditaruh dalam pot besar dan diletakkan di lantai, bisa juga tanaman semacam bunga yang ditaruh di dalam vas dan diganti secara rutin tiap beberapa hari sekali. Pasti ruang tamumu bisa terasa lebih segar kalau seperti ini 🙂

2. Letakkan karpet di bawah sofa dan meja supaya kaki para tamu bisa lebih nyaman, terutama saat musim hujan tiba

Advertisement

Karpet via zangel.us

Kaki kita pasti akan lebih nyaman kalau ada karpetnya, terutama pas musim lagi dingin-dinginnya. Karpet juga bisa membawa suasana yang berbeda dalam ruang tamumu. Satu hal yang harus kamu perhatikan hanyalah bagaimana cara menjaga kebersihan karpet tersebut secara rutin. Karena karpet sangat mudah terpapar debu serta kotoran.

3. Pasang juga foto keluarga atau tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi, agar para tamu juga bisa menikmati

Foto via pinterest.com

Entah mau pakai figura atau tidak, foto keluarga selalu menarik untuk dipasang di ruang tamu. Sementara, ukurannya bisa berbeda tergantung selera. Kalau kamu lebih menyukai ukuran yang cenderung besar, jangan banyak-banyak memasang fotonya, ya. Sebaliknya, foto berukuran kecil bisa kamu susun sedemikian rupa supaya hasilnya lebih maksimal, pun enak dipandang.

4. Memasang gorden juga bagian dari kewajiban. Nggak cuma bikin aman, tapi demi kenikmatan ketika dipandang

Korden via sddvy.com

Selain pemilihan warna gorden yang menarik, bahan yang digunakan juga harus yang tebal. Ruang tamu biasanya letaknya di depan jadi paling mudah dijangkau orang. Buat jaga-jaga aja sih, biar nggak ada yang ngintip. Rasanya, gorden yang tebal bisa melindungi ruang tamumu dengan lebih baik.

5. Kelihatan sepele dan kayak hiasan doang. Tapi ternyata, keberadaan side table (meja kecil tambahan) sangat dibutuhkan, lho!

Side table via fashionretailnews.com

Side table atau meja kecil yang biasanya diletakkan di samping sofa banyak yang ngira kalau itu cuma buat pajangan doang, padahal berguna banget, lho! Bisa untuk memajang hiasan memang, tapi bisa juga digunakan para tamu untuk meletakkan barang-barangnya sementara biar nggak di bawah atau di lantai. Bisa juga untuk meletakkan makanan dan minuman.

Pokoknya, meja kecil tambahan ini nggak boleh luput dari perencanaan! 🙂

6. Bukan bermaksud sok pintar, rak buku selayaknya memang harus ada di ruang tamu

Rak buku via rukle.com

Percaya atau tidak, keberadaan rak buku bisa membuka bahan pembicaraan kamu dan tamumu. Terbukti, rak buku selalu berhasil mencuri perhatian, kok. Sambil menunggu hidangan, tamumu juga bisa baca-baca di sana. Apalagi kalau ruang itu berfungsi jadi ruang keluarga juga, kamu dan keluarga bisa bersantai di sana sambil menambah ilmu.

7. Jangan biarkan dinding ruang tamumu jadi polosan, tempelkan wallpapaer atau gambar agar lebih atraktif!

Wallpaper via walldecorations.com

Sesuaikan wallpaper yang kamu pilih dengan suasana ruang tamumu, jangan sampai malah jadi kelihatan aneh dan nggak menyatu, ya!

8. Ruang tamu wajib punya kursi tambahan, karena satu set meja kursi saja nggak akan cukup untuk menampung semua orang

Kursi tambahan via madebymood.com

Kursi tambahan akan sangat berguna kalau tamumu sedang banyak-banyaknya. Kursi ini juga bisa berfungsi untuk estetika agar ruang tamumu terlihat lebih seimbang.

9. Kalau rumahmu minimalis, ruang tamu bisa jadi salah satu spot untuk menempatkan lemari yang menyimpan banyak barang

Organizer via fashionretailnews.com

Pilih lemari dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar tidak mengganggu pemandangan. Tapi kamu juga bisa menyimpan banyak barang disana, sekaligus menarik perhatian tamu-tamu yang datang. Isi dengan barang-barang menarik yang ditata dengan rapi.

10. Biar tamumu nggak lupa waktu, masang jam dinding bisa jadi hal yang paling penting dan perlu

Jam dinding via oduow.com

Kalau sudah ngobrol biasanya kita suka lupa ‘kan kalau waktu yang dihabiskan udah banyak banget? Nah jam dinding ini akan siap dan setia mengingatkanmu. Jadi nggak ada tuh namanya kelamaan bertamu. Hehe.

11. Tamu selalu butuh ini itu, dengan menyediakan tempat tisu di depannya mungkin akan sedikit membantu

Kotak tisu via etsy.com

Tamu akan makan dan minum dari apa yang kamu hidangkan dan kemungkinan besar mereka akan menumpahkan sesuatu. Tisu sangat dibutuhkan, walau hanya untuk mengelap mulut mereka yang berminyak akibat makan sesuatu.

12. Biar bersih-bersih ruang tamu lebih enak, sediakan kemoceng selalu di bawah meja tamu

sulak atau kemoceng via tokopedia.com

Kemoceng mungkin nggak pernah terpikir olehmu untuk selalu disediakan di ruang tamu, ‘kan? Padahal dengan meletakkannya di sana, benda berbulu ini akan mempermudah proses bersih-bersihmu, lho!

13. Paling penting! Tempat sampah harus ada agar ruang tamumu terjaga kebersihannya

Tempat sampah via minneapolismmn.gov

Syukur-syukur sih kalau tempat sampahnya udah pisah-pisah gini, yang organik, anorganik atau recycle. Pasti makin bersih dan rapi ruang tamumu nanti. Tapi kalau mau dijadiin satu juga nggak apa-apa, kok. Ada satu saja sudah syukur 🙂

Setelah dibaca semua, ada yang bisa kamu cicil untuk dibeli mulai hari ini nggak nih? Hehe. Nggak ada salahnya lho kamu benar-benar secara matang merencanakan mau di apakan ruang tamu masa depanmu nanti. Ya, hitung-hitung mengisi waktu luang lah, ya…

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!