Gambaran rumah masa kini sangatlah berbeda dengan rumah zaman dulu. Dahulu rumah kakek-nenek kita sangatlah luas, sampai satu ruangan saja bisa dijadikan tempat berlarian. Namun, rumah-rumah zaman sekarang cenderung minimalis, nggak banyak ruangan luas untuk berlarian atau sekadar menaruh perabot tambahan. Lagipula, rumah mungil nan minimalis punya kelebihannya sendiri, selain lebih mudah menjangkau setiap ruangannya, dari segi harga pun akan lebih ramah di kantong, bukan?

Nah, buatmu yang kelak juga ingin memiliki rumah minimalis, jangan khawatir akan ukuran ruangan yang tidak cukup besar. Hipwee Tips berikan ide menyembunyikan salah satu perabot wajib yang ada di hampir setiap rumah yaitu, kulkas.  Agar tak memenuhi dapur, kulkas ternyata bisa juga disembunyikan. Selain tidak memberikan kesan penuh pada ruangan, bisa juga untuk menambah nilai estetika tersendiri. Mau tau bagaimana uniknya? Yuk, cek bersama!

1. Pilihlah kulkas model built-in atau ruang penyimpanan khusus untuk kulkas yang agak menjorok ke dalam dan bersekat dinding supaya nggak memenuhi ruangan

ruangan khusus kulkas

2. Kamu juga bisa menggabungkan kulkas dengan lemari dapur menjadi satu. Cara ini akan meringkas space dalam ruang dapurmu

digabung dengan lemari dapur

3. Biar lebih tersamarkan, kamu bisa kok mendesain kulkas terutama bagian pintunya agar sama dengan material lemari. Sama-sama dibuat dari bahan kayu, misalnya…

dibuat desain kayu

5. “Aku mau kulkas yang ukurannya kecil aja deh…”, bisa banget kok diringkas penempatannya jadi seperti ini

Advertisement

kulkas ukuran kecil

6. Atau, manfaatkan lemari dapur bagian bawah untuk menaruh kulkas minimu. Usahakan pilih area paling ujung agar memudahkanmu menjangkaunya, ya!

letakkan di lemari bagian bawah

7. Atau pilih kulkas dengan model pintu berjejer seperti ini jika dirasa kulkas dengan satu pintu masih nggak cukup besar untuk menampung isi kulkasnya

bisa pakai sepasang pintu

8. Satu lagi trik adalah menempatkan kulkas di bawah meja dapur. Jadi nggak kesulitan lagi deh mengambil bahan-bahan yang mau dimasak nanti~

letakkan di bagian bawah meja

9. Selain di dapur, kamu bisa juga meletakkan kulkas ini di lemari ruang makan. Lebih memudahkanmu untuk mengambil makanan saat tiba waktunya makan bersama

letakkan di ruangan lain selain di dapur via freshome.com

10. Letakkan posisi kulkas di lemari ruangan manapun sesuai seleramu. Baik terlihat ataupun tersamarkan, yang terpenting adalah mengemat tempat

sesuaikan dengan selera

11. Pintu kulkas yang dibuat sama dengan material lemari akan menyamarkan letak kulkas yang sebenarnya. Apalagi jika kamu meletakannya di lemari ruang tengah, jangan sampai keliru membukanya, ya!

samarkan dengan pemilihan materialnya

12. Kembali ke mini kulkas, gunakan bagian bawah lemari kayumu ungtuk menyembunyikannya. Cocok nih buat yang ingin tampilan minimalis tapi fungsi strategis

gabungkan mini kulkas dengan lemari kayu via id.pinterest.com

13. Terakhir, rumahmu akan jadi unik jika kamu pintar menempatkan kulkas mini di dalam laci seperti ini. Cilukba, nggak nyangka ‘kan pas buka laci, eh di dalamnya penuh minuman kaleng dingin begini~

manfaatkan fungsi laci

Nah, interior ruangan dengan kulkas tersembunyi ini cocok untukmu yang nggak ingin tampilan dalam rumahmu terlalu penuh atau berantakan. Selain itu juga mempercantik desain ruanganmu menjadi lebih ringkas dan unik. Konsultasikan dulu dengan interior desainer-mu sebelum membuat desain kulkas tersembunyi ini, ya! Tertarik mencobanya?