Siapa sih dari kamu yang tak punya celana jeans di lemarimu? Item fashion yang dulu populer di kalangan pekerja tambang Amerika ini kini sudah menjadi andalan semua orang. Celana jeans bisa dipadankan dengan kaos oblong untuk tampilan yang kasual. Dipadukan dengan blus dan blazer pun tetap terlihat menawan. Hampir tidak ada item fashion lain yang menandingi “lenturnya” celana jeans!

Namun, memilih jeans yang bisa membuat penampilan kita terlihat sempurna bukan perkara mudah. Apalagi untuk para cewek. Momen keliling butik atau mall demi berburu jeans pun bisa bikin frustasi. Agar kamu nggak perlu repot seperti itu, di artikel kali Hipwee akan menjelaskan 7 hal penting yang wajib kamu perhatikan saat membeli jeans. Langsung simak, yuk!

1. Celana Jeans yang Sempurna Itu Barang Berharga. Jangan Malas Bolak-Balik Kamar Pas Buat Menemukannya.

jangan malas ke kamar pas

jangan malas ke kamar pas via www.pinterest.com

Advertisement

Celana jeans memang banyak macamnya. Tak hanya dari segi model (cutting/potongan), warna hingga bahan pun tersedia dalam berbagai jenis. Ketika kamu menemukan celana jeans yang berpotongan rapi dan berbahan tak terlalu kaku, jangan ragu untuk mencobanya di kamar pas. Bolak-balik 6-7 kali ke kamar pas tidak diharamkan, kok! Daripada malas, kemudian harus berkompromi dengan celana jeans yang kurang pas?

2. Untukmu yang punya tubuh proporsional, cobalah bereksperimen dengan skinny jeans

skinny jeans

skinny jeans via www.askmamaz.com

Salah satu yang mungkin membuatmu bingung adalah saat harus menentukan model jeans yang paling sesuai dengan postur tubuhmu. Nah, bagi kamu yang bertubuh proporsional — tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk  Seperti namanya, skinny jeans akan tampak melekat di kaki saat dikenakan. Dengan begini, ia bisa menonjolkan bentuk tubuhmu yang ideal.

Skinny jeans pun cocok dipadukan dengan berbagai jenis atasan, dari kaos oblong yang tomboy, tank top baby doll yang manis, sampai blazer. Mau pakai alas kaki apapun juga bisa! Sandal teplek? Kets? Sepatu boots? Semuanya akan terlihat cantik dan pas dengan jeans-mu.

2. Untuk yang bertubuh ‘imut’, cobalah kenakan high-waisted jeans

high waisted/high rise

high waist via thefashiontag.com

Advertisement

High-waisted jeans adalah jenis jeans yang dipakai di atas pusar dan pinggang. Fokusnya pada bagian pinggang bisa membuatmu yang bertubuh mungil terlihat berkaki lebih jenjang. Padu padankanlah high-waisted jeans-mu dengan atasan yang dimasukkan ke dalam celana. Kalau tidak, orang-orang tidak akan bisa melihat panjang jeans yang sampai ke pinggangmu, dong.

3. Bosan dengan High-Waisted Jeans, Low-Rise bisa jadi alternatif yang sama apiknya

low waist

low waist via youqueen.com

Kebalikan dari high-waisted, jeans low waist justru dikenakan di bawah pinggang atau sekitar 3 cm di bawah pusar. Biasanya, low waist disebut juga dengan low rise/low cut dan lebih dikenal dengan nama celana hipster. Kamu yang bertubuh mungil bisa mengenakan jeans jenis ini jika bosan dengan high-waisted jeans-mu. Kamu yang bertubuh tinggi pun bisa mengenakannya dan tampil cantik dengannya!

4. Mau bergaya dengan sepatu boot? Supaya pas, kenakanlah jeans bootcut

Bootcut punya potongan yang lebih lebar atau longgar pada bagian lutut ke bawah. Populer di era 90-an, jeans jenis ini memang dibuat untuk dipasangkan dengan sepatu boot. Meskipun longgar di bagian bawah, jeans dengan potongan bootcut tetap ketat di bagian lutut ke atas. Bootcut juga paling pas buat kamu yang bertubuh kecil lho!

5. Effortlessly Stylish: kesan yang akan ditimbulkan oleh jeans baggy

Baggy punya lingkar celana yang longgar dari atas hingga bagian bawah kaki. Dahulu, celana jeans jenis ini sekadar populer di kalangan skater. Tapi, coba lihat tampilan fashion dengan celana baggy pada gambar di atas. Keren, ‘kan?

6. Free-spirited and unique? Jeans model flare cocok buatmu

Mungkin, kamu terbiasa menyebutnya dengan nama “celana cutbray”. Yup, celana dengan lebar berlebih pada bagian bawah ini memang sangat populer di tahun 50-an. Potongan ini sangat cocok buat kamu yang punya postur tubuh tinggi atau berkaki jenjang.

Nah lho, bingung mau pilih yang mana? Untuk tahu jawabannya, tak ada pilihan selain mencoba. Kamu hanya perlu bolak-balik ke kamar pas untuk tahu model yang terlihat sempurna di kakimu.

8. Jangan Terlalu Berpatokan Pada Merek Tertentu. Jeans Terbaik Bisa Berasal dari Merek Apa Saja.

jangan fanatik sama merek

jangan fanatik sama merek via content.time.com

“Mbak, saya cari skinny jeans merek A ukuran 28, ya!”

Jamu mungkin terbiasa pergi butik atau toko dan mengatakan kalimat itu pada mbak-mbak penjaganya. Namun, tahukah kamu bahwa jeans berkualitas terbaik tak harus berasal dari produsen jeans terkenal? Di Yogya, misalnya, ada sebuah toko di los 2B Pasar Beringharjo yang menjual celana jeans berbahan dan berpotongan sangat ciamik. Harganya? Rp. 80.000 saja.

Jangan lupa bahwa tiap produsen celana jeans punya patokan ukuran yang berbeda-beda. Bahkan, produsen yang sama pun bisa merilis produk dengan patokan ukuran yang berbeda. Jadi, jangan kecewa atau stres saat jeans keluaran terbaru yang dirilis merek favoritmu ternyata tak cocok atau tak nyaman di kakimu.

9. Agar “Aman” Dikenakan Dalam Berbagai Acara, Sebaiknya Belilah Jeans dengan Wash yang Lebih Gelap

dark wash jeans

dark wash jeans via getyourprettyon.com

Wash adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan dan pencucian jeans saat diproduksi. Wash memberikan kesan lawas atau “pernah dipakai sebelumnya” pada jeans produksi baru. Biasanya, wash terdiri dari 2 jenis, yaitu dengan warna yang lebih tua atau lebih muda. Agar lebih fleksibel, belilah jeans jenis pertama.

Dark wash jeans adalah jeans jenis klasik. Berwarna cenderung gelap, jenis ini memberikan kesan kasual. Dark wash jeans juga lebih “aman” atau bisa dikenakan dalam berbagai suasana, baik acara santai maupun formal. Selain itu, penggunaan jenis ini juga tak terlalu mempengaruhi postur tubuhmu, terlihat lebih gemuk atau lebih kurus misalnya.

10. Jika Mau Tampil Cool dengan Ripped Jeans, Pastikan Jeansmu Sobek di Bagian yang Tepat

ripped jeans

ripped jeans via flooks.net

Tren distressed atau ripped jeans memang tengah populer. Kesan robek membuat penampilanmu saat mengenakan celana jeans jadi tak biasa. Namun, kamu layak berhati-hati saat memilih atau bahkan membuat sobekan pada celana jeansmu. Selain akan menarik perhatian orang lain, bagian yang dibuat ripped akan menjadikan kakimu terkesan lebih gemuk atau lebar.

11. Jangan Pernah Ragu Membongkar Lemari Ibumu Demi Sepotong Jeans Vintage yang Keren

jeans warisan ibumu

jeans warisan ibumu via internationalstreetstyle.com

Kamu nggak harus berburu jeans ke mall atau pasar barang bekas, sekali-kali coba periksa lemari ibumu. Kamu bisa menemukan ‘harta karun’ yang menjadikan penampilanmu lebih oke.

Yup, tren celana jeans memang terus berulang dari masa ke masa. Bukan tak mungkin ibumu masih menyimpan celana jeans koleksinya, ‘kan? Temukan atasan yang sesuai, tambahkan aksesoris dan heels, lalu voila…jeans vintage milik ibumu sukses membuatmu tampil keren!

12. Saat Memilih Jeans, Pertimbanganmu Tak Boleh Cuma Tren, Tapi Juga Rasa Nyaman dan Kepantasan

bukan soal tren

jeans bukan soal tren via www.fashioncelebritieswonder.com

Sekali lagi, tren jeans hanya sekadar berulang atau berputar. Setelah berjaya di era 80-an, high waisted jeans sempat ramai dikenakan lagi beberapa tahun lalu. Sementara, saat ini tren skinny sudah mulai redup dan model baggy pun mulai kembali jadi incaran. Namun, apakah kamu lantas harus mengikuti setiap tren yang berganti? Jawabannya adalah tidak harus!

Jika model baggy yang tengah banyak diminati ternyata tak cocok di kakimu, sah-sah saja bertahan dengan model skinny atau bootcut. Bukan berarti model celana jeans yang sebelumnya kamu kenakan tak lagi keren atau ketinggalan jaman. Toh produsen-produsen jeans pun masih memproduksi hampir semua jenis jeans. Apapun pilihanmu, percaya deh kalau nggak ada kata “haram” untuk berbagai model celana asal Amerika ini.

13. Kamu Hanya Harus Pintar-Pintar Menemukan Paduan Atasan, Alas Kaki, dan Aksesoris yang Sesuai

Jeans adalah item fashion andalan yang bisa dikenakan dalam berbagai suasana. Asalkan, kamu bisa memadukannya dengan item fashion lain yang sesuai, hampir pasti kamu akan terlihat awesome!

A. Memakai Jeans Saat Jalan-Jalan Santai

santai

saat jalan-jalan santai via www.fashionone.com

Coba amati gaya Kristen Stewart yang terlihat nyaman mengenakan jeans dan kaos oblong ini. Santai banget, ‘kan? Stewart pun tak lupa menggulung sedikit bagian bawah celananya yang memberikan kesan woles!

B. Jeans Sebagai Pilihan Baju Kerja

kantor

memakai jeans ke kantor via thestylespy.com

Nah, buat kamu yang memang diijinkan ke kantor dengan jeans, gambar di atas bisa jadi salah satu referensimu. Paduan jeans dengan kemeja dan heels cukup keren kok untuk dikenakan ke kantor.

C. Mengenakan Jeans Saat Pergi Kondangan

jeans dan kebaya

jeans dan kebaya via www.chictopia.com

Di Indonesia, jeans umum dikenakan untuk acara formal. Jika kamu mau mencobanya, padukanlah jeansmu yang kasual itu dengan kebaya. Jangan juga membuat kesalahan saat memilih jeans yang akan kamu kenakan. Cara paling aman sudah pasti memilih jeans berwarna gelap, polos, dan tanpa wash.

Bagaimana menurutmu? Sudah punya bayangan akan memilih celana jeans jenis apa? Jangan ragu-ragu, kamu berhak tampil sempurna!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya