4 Cara Merawat Kacamata Agar Selalu Kinclong Seperti Baru

Bagi sebagian orang, kacamata jadi benda penting di kehidupan sehari-hari. Entah untuk membantu penglihatan atau sekadar gaya-gayaan, kacamata termasuk aksesoris yang pricey, loh! Karena itu, kita harus menjaga kacamata kita supaya nggak perlu lagi ganti 2 tahun sekali. Di artikel ini, kalian bisa belajar merawat kacamata supaya tetap terlihat baru.

Simpan kacamata dengan benar

Kacamata dalam kotak

Barisan kacamata di dalam kotak | Foto oleh Francesco Paggiaro dari Pexels via www.pexels.com

Advertisement

Udah siap-siap, tapi kacamata tiba-tiba hilang. Pengguna kacamata pasti relateĀ banget, nih! Kelabakan nyari kacamata pas lagi sibuk-sibuknya memang nyebelin banget. Makanya, biasakan untuk selalu menyimpan kacamata di tempat yang sama setiap harinya dan dengan cara yang benar.

Biar nggak tergores, bengkok, atau diduduki, kamu harus menyimpan kacamatamu di dalam kotak kacamata, ya! Selain itu, pastikan lensa kacamata menghadap ke atas.

Pakai kedua tanganmu

Pegang kacamata

Wanita memegang kacamata dengan satu tangan | Foto oleh Nicola Giordano dari Pexels via www.pexels.com

Melepas kacamata dengan satu tangan mungkin bikin kamu terlihat keren, tapi ternyata dapat merusak kacamatamu. Akibatnya, sekrup bisa kendur dan bingkai jadi miring. Karena itu, lebih baik nggak usah ikut-ikutan kayak detektif di film Hollywood, deh! Kamu harus banget menggunakan kedua tangan untuk memasang dan melepas kacamatamu. Kalau terlanjur rusak, kamu harus pergi ke optik untuk menyesuaikannya.

Advertisement

Basuh lensanya dengan air

Lensa kacamata terkena air

Lensa kacamata terkena tetesan air | Foto oleh
asif hussain dari Pexels via www.pexels.com

Di masa pandemi ini, virus bertebaran di mana-mana dan bisa menempel di kacamata. Kalau kamu merasa lensamu terlalu kotor, kamu boleh membasuhnya dengan air. Membilas lensa terlebih dahulu dapat menghilangkan partikel-partikel yang mengotori kacamatamu.

Setelah bersih, jangan lupa untuk keringkan kacamatamu dengan lap khusus kacamata. Jangan biarkan air mengering sendiri karena dapat menyebabkan noda air pada lensamu.

Hanya gunakan produk khusus kacamata

Wanita pamer kacamata

Seorang wanita menunjukkan kacamatanya | Foto oleh Designecologist dari Pexels via www.pexels.com

Advertisement

Sebagai alternatif lain, kamu bisa banget menggunakan semprotan pembersih lensa khusus kacamata, yang biasanya ditemukan di apotek atau di toko optik. Psssā€¦ Udah ada, loh, pembersih kacamata yang antibakteri. Jangan pakai produk pembersih lain yang bisa mengelupas lapisan pada kacamatamu.

Hal yang sama berlaku saat kamu mengelap lensamu. Jangan menggunakan sapu tangan, tisu, atau ujung baju karena kain dan kertas menjebak partikel yang dapat menggores lensa. Kalau lap khususmu hilang, kamu bisa beli kain pengganti di optik terdekat.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk merawat kacamatamu. Kacamata wajib dirawat dengan rutin dan benar agar lebih awet.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE