Pagi adalah waktu yang paling tepat untuk menggandakan produktivitas sembari mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan yang akan dihadapi. Terlebih pagi di awal pekan seperti ini. Inilah waktunya kamu bersiap menyambut minggu baru yang lebih baik.

Sedemikian pentingnya pagi, sampai ada yang bilang bagaimana kita memanfaatkan bagi akan membawa pengaruh pada kesuksesan kita. Nah, kali ini Hipwee akan membagikan 5 hal yang dilakukan orang-orang sukses sebelum jam 8 tiap paginya. Semoga juga bisa membawa manfaat bagi kesuksesanmu, ya!

1. Orang-Orang Sukses Menyisihkan Waktu Untuk Berolahraga

Menyisihkan waktu untuk olahraga via 8tracks.com

Olahraga adalah cara paling mudah untuk meningkatkan semangatmu di awal hari. Dengan menggerakkan badan dan meregangkan otot, tubuh dan pikiranmu akan lebih siap untuk diajak beraktivitas.

Berolahraga sebelum melakukan aktivitas juga dapat meningkatkan hormon endorphin yang berpengaruh terhadap kebahagiaanmu sepanjang hari. Sisihkan waktu untuk menggerakkan badan dan berolahraga di pagi hari, agar kamu lebih siap memulai awal minggumu dengan penuh semangat.

Advertisement

Tidak perlu repot, kalau kamu benar-benar tidak punya waktu kamu tetap bisa kok mendapatkan manfaat olahraga lewat cara-cara sederhana. Selengkapnya bisa kamu baca di artikel “Tak Punya Waktu Olahraga? Kamu Bisa Tetap Fit Dengan Cara Ini” yang pernah Hipwee tulis.

2. Sebelum Jam 8 Pagi, Mereka Memetakan Pekerjaan yang Harus Dilakoni

Membuat daftar pekerjaan di awal hari via www.healthyfoodhouse.com

Orang-orang sukses benar-benar menafaatkan waktu pagi untuk merencanakan kegiatannya dengan baik. Mereka akan menggunakan paginya yang belum banyak terganggu oleh berbagai distraksi untuk membuat prioritas yang harus dilakoninya pada hari tersebut.

Manfaatkan waktu pagimu untuk membuat to do lists dan menetapkan tujuan yang ingin kamu capai di hari itu. Dudulah dengan tenang sembari tuliskan jadwal kegiatanmu di selembar kertas. Melakukan ini di awal hari akan membuatmu punya gambaran jelas tentang hal apa saja yang harus kamu lakoni di hari tersebut.

Oh iya, jangan lupa sertakan waktu break dan bermeditasi ya dalam jadwal yang kamu buat. Kesuksesan hari bukan cuma soal pekerjaan lho, tapi juga bagaimana kamu menyeimbangkan hidup antara pekerjaan dan gaya hidup yang lebih baik.

3. Memastikan Perut Terisi Dengan Sarapan Sehat

Selalu sarapan sehat via www.healthyfoodhouse.com

Perut keroncongan menahan lapar bukan pilihan tepat untuk mengawali hari. Gak asyik dong kalau baru beberapa jam beraktivitas kamu sudah ingin kabur ke kantin untuk cari cemilan? Supaya hal ini tidak terjadi, penuhi kebutuhan nutrisimu sebelum meluncur ke tempat kegiatan.

Awali harimu dengan menu sarapan enak dan bergizi yang berguna bagi konsentrasimu sepanjang hari. Tidak perlu repot dan membuatmu bekerja keras kok untuk menyiapkannya. Bahkan roti gandum dan selai kacang pun sudah cukup sebagai bekal tubuhmu hari itu. Sebisa mungkin hindari makanan instan yang mengandung banyak MSG.

4. Memanfaatkan Waktu untuk Melakukan Meditasi Dan Memvisualisasikan Kesuksesan

Meditasi dan memvisualisasikan kesuksesan via nneoncookie.blogspot.com

Pagi hari jadi waktu yang paling tepat untuk bermeditasi dan menciptakan ketenangan dalam dirimu. Manfaatkan suasana hening yang kondusif di pagi hari untuk bermeditasi dan memvisualisasikan kesuksesan yang ingin kamu raih di hari itu.

Atur nafasmu dan biarkan dirimu memvisualisasikan keberhasilan yang kamu rencanakan tercapai di hari itu. Jangan memandang hal sederhana ini sebelah mata, lho. Melakukan meditasi dan visualisasi dipercaya bisa meningkatkan mood dan memberimu sugesti untuk benar-benar bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan.

5. Orang-Orang Sukses Melakukan Pekerjaan yang Paling Berat di Awal Hari

Menyelesaikan pekerjaan terberat lebih dulu via www.kusanec.cz

Apakah hari ini ada pekerjaan paling menyebalkan yang menantimu? Atau buat kamu yang masih kuliah, adakah tugas yang paling membuatmu pusing yang harus kamu kerjakan? Jika jawabannya iya, maka pastikan kamu melakukan pekerjaan dan tugas terberatmu itu di awal hari.

Pagi hari adalah waktu dimana kamu punya energi lebih untuk memberikan kemampuan terbaik, setelah beristirahat malam sebelumnya. Selain itu, melakukan pekerjaan terberat di awal hari juga bisa membuat sisa harimu lebih ringan. Kalau pekerjaan terberat sudah selesai di awal hari, tak ada lagi yang perlu kamu khawatirkan setelahnya.

Cara ini juga termasuk dalam salah satu kiat kerja cerda yang pernah Hipwee bahas di artikel “Stop Bekerja Terlalu Keras! Kamu Cuma Butuh Kerja Cerdas.”

Selamat menyambut hari Senin! Semoga awal pekanmu menyenangkan dan dipenuhi dengan kesuksesan!