Masakan Korea adalah salah satu masakan asing yang paling populer di Indonesia. Gerai-gerai masakan Korea pun semakin banyak bermunculan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Apakah kamu pernah mampir atau mencicipinya di salah satu kota tadi?

Nggak heran sih kalau banyak yang suka, abis rasanya emang paling juara! Hebatnya, sekarang kamu bisa bikin sendiri masakan-masakan Korea tadi, bahkan tanpa biaya mahal dan keahlian khusus. Yuk, Hipwee Tips ajarin!

1. Untuk awalan, kamu bisa bikin Kimchi Putih atau Baek Kimchi dulu. Lumayan, buat ngasah skill sekaligus obat galau ~

baek kimchi

baek kimchi via koreanbapsang.com

Advertisement

Kimchi pastinya menjadi makanan yang pertama kali muncul di pikiran ketika kita membicarakan tentang masakan Korea. Sayangnya membuat kimchi tidak semudah yang kamu bayangkan kalau kamu nggak punya gochujang. Sebagai gantinya kamu bisa membuat baek kimchi atau kimchi putih yang tidak pedas. Ini nih resepnya :

Bahan:

  • 1 sawi putih
  • 2 sdm garam + 2 sdm garam
  • 1/2 bawang bombai
  • 4 siung bawang putih
  • jahe
  • filling kimchi (daun bawang, cabe, wortel)
Advertisement

Cara membuat:

  • Belah sawi putih menjadi empat bagian, kemudian taburkan dan ratakan 2 sendok makan garam ke sawi putih tersebut. Pastikan garam rata hingga ke sela – sela daun.

Collages4

  • Biarkan pada tempat tertutup selama kurang lebih 8 jam. Setelah 8 jam, buang cairan sawi dan cuci sawi dengan air. Sisihkan.
  • Potong sayuran filling kimchi memanjang. Bumbui dengan sedikit garam dan gula.
  • Campurkan filling kimchi ke sawi, pastikan kamu mengisi sela – sela daun sawi dengan filling-nya.

Membuat kuah kimchi:

  • blender bawang bombai hingga halus kemudian sisihkan.
  • potong tipis bawang putih dan jahe, sisihkan.
  • campurkan bawang bombai halus, potongan jahe dan bawang putih, dan 2 sendok makan garam dengan 8 gelas air.
  • tuangkan kuah kimchi di atas sawi yang sudah diletakkan ke sebuah kontainer. Kayak gini nih…
kontainer untuk kimchi

kontainer untuk kimchi via itsaprislife.com

  • Tunggu 1-2 hari agar kimchi terfermentasi di ruang hangat.

Baek kimchi siap dinikmati!

2. Pancake kentang ala korea atau Gamja Jeon. Yumm, Enak dan gampang buatnya!

gamja jeon

gamja jeon via kimchimari.com

Gamja Jeon adalah semacam pancake yang terbuat dari bahan dasar kentang. Selain rasanya yang gurih, Gamja Jeon juga enak untuk dijadikan lauk maupun snack di sore hari. Rasanya mungkin akan mirip dengan perkedel kentang. Beginilah cara membuatnya :

Bahan:

  • 260gr kentang
  • 1/2 bawang bombai
  • 1 biji cabai hijau, potong – potong.
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  • pertama – tama haluskan kentang dengan mixer atau blender.
  • haluskan juga bawang bombai, kemudian campurkan ke adonan kentang. Bumbui dengan garam secukupnya.
  • panaskan teflon dengan sedikit minyak.
  • ketika teflon sudah panas, masak adonan sedikit demi sedikit seperti pada gambar…

Korean-Potato-Pancakes-Gamja-Jeon-in-a-pan-2-610x407

  • Ketika pancake sudah akan matang, hias dengan potongan cabe hijau kemudian balik dan masak kedua sisi hingga keemasan.

Pancake kentang ala Korea siap disantap!

3. Tteokbokki khas Korea ini bisa kamu buat dengan bahan-bahan lokal. Nggak percaya?

Buat kamu yang pecinta makanan korea pasti, tteokbokki bukan lagi jenis makanan yang asing. Otak-otak ala korea ini adalah salah satu jajanan khas Korea yang populer. Kalau kamu tertarik untuk mengetahui cara buatnya, ini nih resepnya…

Bahan tteokbokki:

  • 2 sdm tepung tapioka
  • 8 sdm tepung beras “rose brand”
  • 1/4 gelas air panas
  • garam secukupnya

Bahan saus:

  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 biji cabe rawit
  • 3 sdm saus cabe/ saus spaghetti/ saus tomat
  • 1/4 gelas air
  • penyedap rasa (masako, gula dan garam)

Cara membuat:

  • campurkan tepung tapioka, tepung beras, dan garam secukupnya. Uleni dengan air panas hingga kalis. Bentuk adonan menjadi bentuk memanjang.
  • didihkan air panas yang telah dicampur dengan sedikit minyak, rebus adonan hingga matang sekitar 8 – 10 menit.
  • tiriskan dan potong – potong adonan sesuai selera.
  • campurkan seluruh bahan dan haluskan dengan blender atau mixer.
  • tumis bumbu yang telah dihaluskan dan masukkan adonan tteokbokki, aduk-aduk hingga rata.
  • tambahkan air dan tunggu hingga meresap.
  • tteokbokki pun siap disajikan.

Enak ‘kan?

4. Hobak Jook, bubur labu ala Negeri Gingseng yang bikin badan kamu hangat sekaligus fresh lagi!

hobak jook

hobak jook via www.dramafever.com

Waktu cuaca sedang dingin, paling enak ya makan yang anget-anget. Cobain deh bubur labu ala Korea yang mungkin kedengarannya asing buat orang Indonesia, tapi tetap pantas dicoba. Kamu cukup lakukan langkah-langkah ini saja :

Bahan:

  • labu ukuran sedang
  • 5 gelas air putih + 3/4 gelas air putih
  • 5 sdm tepung beras ketan
  • 2 sdm gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  • potong-potong labu dan rebus dengan 5 gelas air putih hingga labu telah menjadi empuk.
  • setelah labu matang, haluskan labu bersama airnya dengan menggunakan blender atau mixer. Sisihkan.
  • siapkan gelas kecil, campurkan tepung beras ketan dan air, kemudian aduk hingga halus.
tuangkan sedikit demi sedikit

tuangkan sedikit demi sedikit via www.dramafever.com

  • tuangkan cairan tepung ke adonan labu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masak dengan api sedang hingga adonan mengental.
  • bumbui dengan gula dan garam secukupnya sesuai selera.

Sajikan selagi hangat.

5. Kenyang sekaligus sehat dengan Kimbap, kapan mau coba?

kimbap2

jadi ngiler deh! via www.misshangrypants.com

Kimbap pada dasarnya adalah nasi yang dibungkus dengan nori atau rumput laut. Isinya pun bisa bermacam-maca sesuai selera. Ini nih cara buatnya…

Bahan:

  • nasi secukupnya (kira – kira dua mangkok)
  • 3 Telur yang didadar
  • Sosis atau tuna kalengan
  • 3 wortel
  • 1 timun
  • bayam yang sudah ditumis atau direbus
  • garam dan merica secukupnya
  • 6 lembar nori atau rumput laut
  • minyak wijen

Cara Membuat:

  • iris telur dadar, wortel, sosis, dan timun menyerupai korek api.
  • tumis wortel dan timun sekitar satu menit dan bumbui dengan garam dan merica.
  • siapkan p (atau bisa menggunakan plastik) dan taruh nori diatasnya.
  • tambahkan layer nasi, kurang lebih 1cm diatas nori. Tata telur dadar, wortel, sosis, bayam dan timun ditengah-tengah kemudian gulung hingga rapi.
cara menata isi kimbap

cara menata isi kimbap via www.misshangrypants.com

  • Oleskan minyak wijen di sepanjang gulungan kimbap dan potong-potong sesuai selera.

Kimbap siap dihidangkan bersama orang terkasih 🙂

Selain mengasah skill memasakmu, menu-menu Korea ini juga bisa membuat harimu lebih berwarna! Yuk, coba…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya