Banyak orang, yang merasa terintimidasi saat dihadapkan pada resep-resep kue karena merasa diharuskan memiliki kemampuan khusus dan alat-alat yang ribet, seperti misalnya mixer dan oven. Padahal, kamu di kost boro-boro punya oven, mixer aja belum punya! Terutama buat para ibu muda, yang baru membina rumah tangga dan perkakas dapurnya masih ala kadarnya, membuat kue itu jadi semacam impian saja.

Tapi tenang, ada banyak kok sebenarnya variasi kue yang bisa kamu kreasikan di kost atau rumah, tanpa perlu banyak perintilan yang ribet. Seperti kue cubit, terang bulan atau kue pukis yang bisa kamu buat tanpa alat-alat khusus namun tetap bisa bisa dikreasikan dengan aneka topping kekinian, misalnya Oreo, kitkat green tea dan sebagainya. Yummy! Tanpa banyak basa basi lagi, yuk langsung saja cek dan praktikkan resep-resepnya berikut ini!

1. Resep kue cubit bisa jadi andalan, saat ide memasak kue lagi buntu. Rasanya enak, membuatnya mudah dan nggak butuh alat yang susah. Coba yuk!

Gemaz! via selerasa.com

Advertisement

Sumber : Cookpad Nur Mala Sari

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1 butir telur
  • 50 gr margarin. Cairkan
  • 200 ml air hangat
  • Aneka topping sesuai selera kamu, bisa Kitkat, Koko Krunch, meses atau remah Oreo
  • Kalau mau warna-warni, bisa diberikan pewarna makanan secukupnya ya!

Cara membuat:

  • Campur semua bahan menjadi satu adonan  sesuai urutan di daftar bahan
  • Aduk dengan spatula sampai rata sempurna, lalu tutup dan diamkan
  • Setelah didiamkan kurang lebih 30 menit dan adonan mengembang, siap-siap dimasak di cetakan
  • Panaskan cetakan lalu panggang kue dengan api kecil agar tak mudah gosong.
  • Taburkan topping di atas kue cubit setengah matang
  • Tunggu selama kurang lebih 8 menit, angkat hati-hati, sajikan. Mudah ‘kan?

2. Resep martabak manis atau terang bulan teflon layak kamu coba buat cemilan saat berbuka puasa. Nggak kalah enak lho, sama bikinan punya abang langganan~

Duh, bikin laper! Sabar ya, jam berbuka masih lama, hehe via www.tokomesin.com

Sumber: Cookpad Umma Dzaki

Advertisement

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 250 gr terigu
  • 50 gr gula pasir
  • 1 butir telur
  • 300 ml air
  • 1/2 sdt ragi instans
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/4 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng
  • Bahan topping sesuai selera, seperti kacang, keju, Ovomaltine atau Nutella

Cara membuat:

  • Pertama kocok telur, gula dan garam dengan spatula sampai bercampur
  • Kemudian masukkan terigu dan air sedikit demi sedikit bergantian agar tidak menggumpal
  • Jika adonan sudah tercampur rata, tambahkan ragi instan, soda kue dan minyak
  • Tutup adonan dengan plastik atau serbet bersih selama 45 menit atau 1 jam
  • Panaskan teflon. Setelah panas, pergunakan api kecil supaya tak mudah gosong dan matangnya merata
  • Tuangkan setengah adonan. Bila menginginkan tepinya kriuk-kriuk, putar teflon memenuhi tepinya. Ini nih ciri khas penting dari kue terang bulan!
  • Tunggu sampai mulai berpori, taburi dengan gula pasir untuk menambah pori-pori dan rasa. Tutup sebentar agar cepat masak bagian atasnya
  • Setelah matang merata, olesi dengan mentega bagian atas dan bawahnya, kemudian taburkan topping sesuai selera untuk disajikan. Jangan lupa setelah dilipat, olesi juga bagian kulitnya dengan mentega
  • Satu resep bisa digunakan untuk 2 teflon dengan diameter 22 cm

3. Cobain deh resep kue pukis yang bisa jadi cemilan andalan saat berbuka puasa. Nggak perlu jauh-jauh nyari takjil di luar kalau sudah jago bikin gini!

Empuk banget ya? via widiynews.com

Sumber: Cookpad Nathasya’s Kitchen

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 120 gr gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
  • 400 ml santan (2 bungkus santan instan + air)
  • 1 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 6 sdm minyak

Cara membuat:

  • Aduk gula pasir dan telur menggunakan whisker sampai gula larut
  • Masukkan tepung terigu, ragi instan dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai tidak bergerindil. Tambahkan garam dan minyak, aduk hingga rata dan licin
  • Tutup rapat adonan dengan plastik atau serbet bersih, diamkan kurang lebih 1 jam
  • Panaskan cetakan pukis dengan api kecil, olesi dengan margarin tipis.
  • Aduk rata adonan hingga busanya hilang. Tuang ke dalam cetakan cukup 3/4 saja. Tunggu hingga berlubang-lubang atasnya, lalu beri topping. Tutup dan panggang hingga matang.
  • Selagi masih panas, olesi dengan margarin kedua sisinya agar tetap lembap. Siap disajikan! Mudah bukan?

4. Siapa bilang pancake cuma bisa jadi menu sarapan? Sajikan dengan es krim favorit, sajian pancake jadi super istimewa. Yummy!

Yummy banget~ via www.foodtolove.com.au

Sumber: Cookpad Susi Juniarti

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 200 gr terigu protein sedang
  • 50 gr butter, dilelehkan)
  • 250 ml susu (boleh dari 1 sachet susu kental manis)
  • 1 butir telur (dipisah kuning dan putihnya)
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • Es krim sebagai topping

Cara membuat:

  • Ayak tepung bersamaan dengan baking powder, campur semua bahan kering, kecuali gula
  • Campur susu, telur dan butter yang sudah dicairkan.
  • Campurkan bahan cair ke bahan kering, aduk sampai rata
  • Tambahkan putih telur yg sudah dikocok dengan gula sampai berjejak ke campuran bahan yang tadi. Aduk dengan teknik aduk balik
  • Masak dengan api kecil. Jangan dibalik dulu sebelum bagian atas terlihat gelembung-gelembung kecil yang muncul. Jika sudah dibalik, tinggal ditunggu sampai matang lalu angkat
  • Setelah agak dingin, berikan topping es krim dan wafer di bagian atas. Pancake ala cafemu siap disajikan!

5. Nggak melulu harus dipanggang, coba deh kreasikan brownies kukus irit ini di rumah. Hemat dan tentunya rasanya nggak kalah enak!

Sumber : Cookpad Icka Priantina

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 sdm cokelat bubuk
  • 3 sdm minyak sayur
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sachet susu kental manis coklat
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 1 butir telur utuh
  • Mentega

Cara membuat:

  • Campur bahan kering tepung, cokelat bubuk, baking soda, vanili, garam lalu aduk dan sisihkan
  • Kocok telur bersama gula pasir sampai berbuih
  • Tuang ke dalam adonan kering. Aduk sampai merata kemudian tambahkan minyak dan susu kental manis lalu aduk kembali
  • Olesi loyang dengan mentega sebelum dikukus
  • Masukan ke dalam dandang yang sudah dipanaskan. Sebelumnya jangan lupa alasi tutupnya dengan kain bersih
  • Kukus kurang lebih 25 menit tusuk dengan lidi untuk memastikan brownis sudah matang
  • Angkat dan sajikan kemudian bisa kamu berikan topping sesuai selera.

Resep sudah dibagikan, kamu tinggal pilih mau eksekusi yang mana. Jangan lupa, biar lemak nggak ditimbun sendiri, buatnya agak banyak terus dibagi ke kanan kiri ya, hehe. Selamat berkreasi dan semoga eksperimennya berhasil!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya