Gendut takut, tapi ibadah telat dan ngebantah orangtua berani.

Pertama kali membaca ini mau ngakak mendapati manusia bisa membawa Tuhan kedalam masalah soal body image. Perkara hubungan dengan Tuhan kita-kita ini memang sering menyepelekan. Skip ibadah wajib saja biasa, apalagi mau ibadah tepat waktu kan?

Advertisement

Agenda jalan-jalan jadi salah satu hal yang membuat kita jadi kehilangan waktu untuk absen ke Yang Paling Maha. Rasa malas ibadah di tempat umum juga sering disebabkan karena enggan memakai mukena yang bau dan basah di bagian lehernya. Karena Hipwee memahami perasaan Iyuuuhmu ketika harus pakai mukena umum yang basah dan bau, coba deh trik-trik ini dulu!

1. Pilih mukena terusan tanpa kepala

Mukena tanpa kepala via www.tokopedia.com

Memilih mukena terusan tanpa penutup kelapa bisa jadi solusi terutama buatmu yang berjilbab. Kamu tidak lagi harus berjuang menahan nafas karena bagian bawah leher di mukena basah dan bau 🙂

2. Cari mushola yang menggantung mukenanya. Bukan cuma dilipat

Gantungan mukena via www.berandaksara.com

Mukena yang digantung akan memberikan sirkulasi udara yang cukup ke alat ibadah itu untuk mengeringkan dirinya sendiri. Memilih untuk sholat di mushola yang menyimpan mukenanya dengan cara digantung bisa menghindarkanmu dari rasa basah yang tidak nyaman dan bau apek yang mengganggu.

3. Mukena berwarna norak bisa jauh lebih fresh

Warna seperti ini juga tak apa via lifestyle.okezone.com

Advertisement

Kecenderungan orang saat memilih mukena di mushola umum adalah mengambil mukena dengan warna-warna kalem, seperti yang biasa mereka gunakan di rumah. Padahal probabilitas untuk mendapatkan mukena yang fresh bisa lebih tinggi waktu kamu mengambil mukena dengan warna atau motif ‘norak’ yang jarang dipilih orang lain.

4. Saat mushola sedang penuh sekali pilih mukena yang baru saja selesai dipakai orang lain

Apalagi kalau pinjem mukenanya ke yang begini via www.hipwee.com

Waktu sholat maghbrib yang jangka waktunya pendek sering jadi penyebab menumpuknya umat manusia di mushola. Di saat-saat seperti ini kita harus terima kalau kesempatan mendapatkan mukena yang fresh jadi makin sempit. Kesabaran orang-orang makin menipis untuk meletakkan mukena dengan benar. Orang-orang pun makin ngotot untuk berebut mukena. Nah, daripada terjebak dalam medan peperangan lebih baik kamu duduk manis di sebelah orang yang lagi sholat, tunggu mereka selesai kemudian tanyakan: “Mukenanya punya sini Mbak? Boleh saya pakai?”

Mukena yang baru dipakai orang memang bisa saja basah. Tapi minimal bau apek dan basahnya sudah di sharing dulu dengan orang sebelumnya. Yah, ngenes nggak sendirianlah……

5. Sedekahkan tisumu supaya orang-orang tercerahkan membasuh muka dan leher sebelum sholat

Yes! Challenge Accepted via hot.detik.com

Saat menemukan mushola dengan mukena-mukena apek, tinggalkan tisumu di situ. Letakkan di tempat strategis supaya orang-orang mengambilnya. Paling tidak kamu sudah berkontribusi pada upaya mengurangi bau apek karena mukena basah.

Semoga dengan tips ini kita bisa terhindarkan dari mukena bau dan semakin bisa sholat tepat waktu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya